Membaca buku saat ini sering menjadi hal yang membosankan, ditambah era teknologi yang serba instant menjadikan minat baca kita sangat rendah. Namun untuk menumbuhkan minat membaca buku kembali, disini ada beberapa kiat yang layak kamu lakukan.

Inilah empat tips yang bisa kamu terapkan untuk terbiasa membaca banyak buku meski waktu yang kamu miliki terbatas. Coba simak tips berikut ini!

1. Coba Membawa Buku Saat Bepergian.

4 Tips mudah agar terbiasa membaca banyak buku

Kamu tentu tahu atau pernah mendengar kebiasaan membaca orang Jepang?
Negeri asal bunga sakura tersebut terkenal memiliki budaya membaca yang baik. Salah satu kebiasaan warga Jepang adalah membaca di dalam kendaraan umum, seperti di kereta atau bus. Ketika berpergian kamu juga bisa melakukan hal serupa dengan selalu membawa minimal satu buku di dalam tas selama perjalanan.

Buku yang kamu bawa bisa membantu untuk tetap membaca sekaligus mengisi waktu selama perjalanan. Semakin banyak buku yang kamu bawa ketika bepergian, semakin banyak buku yang bisa kamu baca. Selain itu, membaca juga dapat membuat perjalanan terasa lebih menyenangkan.

2. Membacalah Pada Waktu Luang
4 Tips mudah agar terbiasa membaca banyak buku

Coba manfaatkan waktu luangmu untuk membaca. Saat ada waktu luang yang tersedia saat menunggu kelas, saat jam kantor belum dimulai, atau saat di perjalanan pergi dan pulang. Di saat seperti itu, setiap orang dapat melakukan berbagai hal, seperti mendengarkan musik, menonton video di youtube, berselancar di media sosial, atau membaca buku. Membaca buku di waktu luang, selain memberi kesenangan, juga dapat membantu untuk membaca lebih banyak buku. Coba gunakan waktu luang untuk membaca!

3. Coba Luangkan 15 menit Waktu Dalam Sehari

4 Tips mudah agar terbiasa membaca banyak buku

Setiap hari kita memiliki waktu 24 jam untuk melakukan berbagai aktivitas seharian. Jadi di antara waktu yang ada tersebut, kamu bisa meluangkan minimal 15 menit sehari untuk membaca. Setidaknya kamu bisa memperoleh beberapa halaman dalam 15 menit. Jadi, sesibuk apa pun, coba sempatkan untuk membaca buku selama 15 menit. Coba dipagi hari atau sebelum kamu tidur. Lebih lama, lebih baik.

Bagi kamu yang belum terbiasa membaca buku juga bisa menerapkan sistem ini. Namun yang terpenting, waktu 15 menit untuk membaca itu bisa dilakukan sesering mungkin dan secara rutin. Semakin banyak waktu yang kamu miliki untuk membaca, maka semakin banyak buku yang bisa kamu baca dan nikmati.

4. Membaca Pada Tempat dan Waktu Pilihanmu.

4 Tips mudah agar terbiasa membaca banyak buku

Tentu kamu memiliki tempat untuk menyendiri atau sekedar menenangkan pikiran yang penat. Coba kamu manfaatkan tempat tersebut untuk membaca. Ada yang terbiasa membaca di tempat yang sepi namun ada juga di tengah keramaian. Ada orang yang biasa membaca buku baik di pagi hari, sore hari, atau malam hari.

Memiliki tempat dan waktu khusus dalam membaca dapat membantu kita untuk tetap membaca buku. Kamu dapat menentukan tempat dan waktu khusus membaca sesuai selera.

Cobalah cari dan temukan waktu terbaikmu. Tentukan sendiri dengan mencobanya dalam berbagai kesempatan. Dari situlah kamu dapat menemukan waktu yang menurutmu menjadi waktu dan tempat yang tepat untuk membaca.

Ketika kamu sudah menemukan waktu tersebut, usahakan untukmenerapkannya secara konsisten agar terbiasa dan memiliki kebiasaan membaca. Tetapi tentu saja yang paling baik adalah bisa membaca buku di mana pun dan kapan pun.

Itulah tips-tips yang bisa kamu terapkan supaya terbiasa membaca banyak buku. Cobalah, semoga kamu senang dan terbiasa membaca.