Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa gangguan mental bisa berawal dari satu hal yang secara tidak sadar tertanam di dalam diri. Maka itu kamu, iya kamu, coba sisihkan waktu sebentar untuk benar-benar memperhatikan diri.

Apa pentingnya? Karena barangkali bisa saja kamu memiliki satu di antara 4 gangguan kepribadian di bawah ini. Simak ulasannya.

1. Perfectionist

4 Gangguan kepribadian ini bisa ancam kesehatan mentalmu

Apakah kamu orang yang berlabel 'perfeksionis'? Jika iya, kamu harus memperhatikan hal itu. Sebagian orang mungkin mengira bahwa sifat perfeksionis adalah kelebihan karena kamu bisa memperhatikan secara detail tentang segala hal. Tapi ternyata sifat itu adalah salah satu gangguan kepribadian yang biasa disebut dengan Obsessive Compulsive yang akan membuat penderitanya terlalu terfokus pada sebuah detail suatu hal dan kerap kehilangan gambaran besar hal lainnya. Penderita ini juga memiliki masalah untuk mengekspresikan emosi.

2. Perasaan takut yang berlebihan

4 Gangguan kepribadian ini bisa ancam kesehatan mentalmu

Takut di sini bukan ketakutan terhadap hantu ya, Guys. Takut di sini adalah perasaan takut untuk memercayai orang lain yang berujung pada kesenangan untuk menjadi seorang yang enggan percaya. Penderita gangguan ini sering disebut dengan orang yang Paranoid. Selain itu penderita ini juga selalu memiliki kecurigaan terhadap siapa saja yang sedang dekat dengannya, suka menyalahkan orang lain meskipun adalah dirinya sendiri yang salah, dan juga seorang pendendam.


3. Kesulitan tidur atau insomnia

4 Gangguan kepribadian ini bisa ancam kesehatan mentalmu

Masalah kesulitan tidur atau insomnia ternyata juga adalah salah satu gangguan mental dan kepribadian. Hal ini disebut dengan Post Traumatic Stress Disorder atau PTSD. Insomnia bisa juga berawal dari kejadian yang pernah membuat penderitanya merasa trauma seperti pernah mengalami bencana alam, kecelakaan, tindak kejahatan seperti pemerkosaan atau perampokan, atau trauma akibat ditinggal orang yang disayanginya. 30%-35% orang yang mengalami kejadian traumatis diperkirakan mengalami gangguan kesulitan tidur atau insomnia.


4. Moody atau suasana hati yang gampang berubah

4 Gangguan kepribadian ini bisa ancam kesehatan mentalmu

Kamu orang yang moody-an? Hmm.. Hati-hati ya, guys. Gangguan ini sering disebut dengan Borderline personality. Borderline bisa juga diartikan sebagai "ambang". Ambang di sini merupakan sebuah gamparan dari penderitanya yang berada di ambang psikosis atau kelainan jiwa. Penderita gangguan ini juga mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi yang mereka miliki. Hal ini menunjukan adanya ketidakstabilan dalam suatu hubungan, mood, dan citra diri atau self-image.

Nah, itu 4 tanda gangguan mental dan kepribadian yang tanda-tandanya tersebut gak banyak diketahui orang. Semoga membantu, guys.