Ada beberapa jenis bakteri yang bisa menyerang kulit, seperti corynebacterium, brevibacterium, dan acinobacter. Bakteri yang tidak berbahaya, tapi bila sudah memasuki lapisan kulit tubuh akan berbuah penyakit.

4 Penyakit kulit ini umum terjadi akibat infeksi bakteri

Sumber : http://lingshenyao.id

Nah, jika kulit kamu terkena infeksi maka keempat penyakit ini bisa saja muncul. Apa saja penyakit tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Bisul.

Semua orang pasti tahu apa itu bisul. Bentuknya menyerupai bentol besar namun bernanah. Umumnya bisul disebabkan oleh infeksi pada folikel rambut dalam kulit dan letaknya bisa muncul di daerah wajah, leher, ketiak, pantat, dan paha.

Penyebab bisul bisa disebabkan oleh kebersihan yang kurang baik, dan bisa dipicu oleh penyakit diabetes. Jadi jika kamu ingin mencegah bisul, intinya rawatlah kebersihan seluruh tubuh kamu.

2. Impetigo.

Impetigo yaitu infeksi kulit yang terletak di bagian kulit paling atas, bisa di tangan, muka, ataupun kaki. Penyakit ini umumnya berbentuk binti-bintik merah dan berisi cairan kecil yang sewaktu-waktu bisa pecah. Jika sudah pecah maka akan meninggalkan bekas luka di kulit dan membuat kulit berwarna kuning dan cokelat.

Penyakit yang sebetulnya tidak berbahaya. Namun, jika ompertigo dibarengi dengan demam dan ruam sakit serta membengkak, sudah seharusnya kamu mendapatkan pertolongan medis.

Cara untuk mencegahnnya sangat sederhana, yaitu kamu harus rajin memotong kuku, rajin mencuci tagan, dan rajin membersihkan tubuh.

3. Selulitis.

Selulitis merupakan penyakit kulit yang menimbulkan rasa sakit, kemerahan, serta hangat ketika disentuh. Penyakit ini kerap kali menyerang bagian kaki, tetapi tetap bisa dialami di berbagai area kulit lainnya.

Perlu diwaspadai bahwa penyakit ini bisa menjadi serius jika menyerang pada kelenjar getah bening dan aliran darah. Selulitis bisa saja menyebabkan komplikasi pada penderitanya berupa infeksi darah, infeksi tulang, peradangan pemburu limfa dan kematian jaringan.

Begini cara untuk mencegah Selulitis:

- Usahakan kulit tetap lembap untuk mencegah kulit kering retak

- Periksa kaki setiap hari untuk jaga-jaga bila terjadi tanda-tanda cedera atau infeksi

- Gunakan alas kaki yang tepat supaya kaki selali aman dari infeksi

4. Folikulitis.

Folikulitis adalah masalah kulit yang muncul akibat peradangan pada folikel rambut. Bagian kulit yang terkena masalah ini biasanya ditandai dengan benjolan merah kecil dengan ujung putih berisi nanah. Folikulitis biasanya muncul pada bagian tubuh yang memiliki rambut, seperti janggut, lengan, punggung, kepala, bokong, alat kelamin, dan kaki. Tapi tidak menutup kemungkinan Folikulitis dapat berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lainnya kecuali bibir, telapak tangan, dan telapak kaki.

Penyakit ini umumnya tidak berbahaya, jika kamu terkena bisa diobati dengan dikompres air hangat atau bisa gunakan krim/lotion.

Nah, begini beberapa cara mencegah Folikulitis:

- Hindari becukur terlalu sering karena itulah yang memicu Folikulitis

- Jaga kulit untuk selalu bersih, baik itu sesudah dicukur ataupun habis berendam

- Hindari berendam dengan air yang kotor (kolam yang kotor)

- Selalu gunakan baju yang mudah menyerap keringat

Untuk pengobatan dari penyakit kulit di atas, tentunya ada yang bisa dilakukan di rumah sendiri dan ada yang tidak. Tetap saja setidaknya kamu perlu dokter atau orang yang lebih ahli dalam mengatasi penyakit kulit. Tapi setidaknya kamu sudah mengetahui bagaimana cara mencegahnya agar kamu terhindar dari penyakit kulit tersebut.