Pada dasarnya, ibu hamil memang memerlukan asupan gizi dan nutrisi lebih dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Salah satu asupan makanan yang penting untuk ibu hamil adalah buah-buahan. Sebab buah-buahan memiliki kandungan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil pun beragam, salah satu yang banyak manfaatnya adalah buah apel. Sebabbuah yang memiliki cita rasa manis dan sedikit asam ini memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil.

Berikut ini beberapa manfaat buah apel bagi ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan.

1.Baik untuk pencernaan.

Ibu hamil memang kerap mengalami perubahan kondisi, baik secara fisik maupun psikis. Salah satu masalah yang sering kali dialami oleh ibu hamil adalah gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, buah apel bisa dijadikan solusi. Pasalnya, apel termasuk jenis buah yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan dan dapat membantu meningkatkan kinerja usus halus.Namun sebelum mengonsumsi apel, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu guna meresidu pestisida yang terdapat pada apel.

2.Mencegah anemia.

Selain sembelit, anemia juga menjadi masalah kesehatan lain yang sering terjadi pada ibu hamil. Nah, salah satu peran apel untuk ibu hamil adalah membantu mencegah terjadinya anemia selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena apel memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin pada darah.Rendahnya risiko terjadinya anemia saat hamil juga dapat menjauhkan ibu hamil dari risiko kelahiran bayi prematur dan bayi lahir dengan berat badan di bawah normal.

3.Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat lainnya dari buah apel bagi ibu hamil adalah untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh selama masa kehamilan. Hal ini disebabkan karena apel merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C tersebut dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan menangkal berbagai jenis infeksi.

4.Mencegah gangguan pernapasan pada bayi.

Tak hanya baik untuk ibu hamil, mengonsumsi buah apel selama kehamilan juga dapat menurunkan risiko janin terkena asma atau alergi. Pasalnya, kandungan antioksidan yang dimiliki apel mampu meningkatkan kekuatan paru-paru.