Ada beberapa kebiasaan yang harus kita hindari ketika hari Lebaran, yaitu kebiasaan-kebiasaan yang bisa mendatangkan penyakit bagi tubuh. Biasanya seseorang akan menjadi doyan makan ketika hari Lebaran. Faktor utamanya karena di hari itu banyak makanan lezat yang dihidangkan oleh orang rumah.

Nah, berikut ulasan tentang apa saja kebiasaan tak sehat yang harus kita hindari ketika Lebaran.

1. Telat sarapan pagi.

Karena terlalu bersemangat untuk menjalankan Sholat Idul Fitri, kita lalai akan kewajiban perut, yaitu sarapan pagi. Sarapan pagi penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Antisipasi untuk kamu agar sarapan paginya tidak telat ketika hendak pergi ke masjid yaitu bangun lebih awal serta persiapkan baju dan mukena di malam hari agar tidak terburu di pagi harinya.Dengan cara seperti itulah InsyaAllah kesehatan dan kebugaran tubuh kita di pagi hari tetap terjaga.

2. Terlalu banyak mengonsumsi olahan daging.

Siapa sih yang tahan dengan godaan olahan daging yang terpampang di meja makan? Pasti kalian tidak akan tahan dong.

Hari Lebaran biasanya orang rumah dan kerabat menyediakan makanan yang spesial untuk para tamunya. Nah, biasanya makanan yang disediakan adalah olahan daging sapi ataupun daging kambing. Berbagai jenis olahan yang tersedia seperti rendang, semur, rica-rica, sate, tongseng dan lain-lain.

Makanan yang sangat lezat bukan? Nah tapi tidak dianjurkan untuk berlebihan mengonsumsi oalahan daging tersebut karena bisa menyebabkan hypertensi atau darah tingi. Jika terserang darah tinggi maka kepala akan terasa sakit, dan akhirnya Hari Kemenanganmu malah menjadi hari sakitmu.

3. Terlalu banyak mengonsumsi minuman berwarna/soda.

Tak kalah menggoda dengan olahan daging, minuman berwarna yang terpampang di meja-meja kerabat juga menggoda untuk diseruput setiap kita melihatnya. Seperti sirup, minuman botol, dan juga minuman berkaleng.

Biasanya minuman seperti yang dijelaskan di atas banyak mengandung pemanis buatan yang tidak boleh dikonsumsi secara sering karena dapat mengakibatkan bertambahnya berat badan, dan meningkatkan risiko serangan jantung apabila berlebihan dalam mengonsumsi.Nah, untuk kamu yang sedang proses diet, hindari kebiasaan ini.

4. Terlalu banyak mengonsumsi kue Lebaran.

Kecenderungan orang setelah berpuasa selama 30 hari ketika melihat banyak makanan tersedia tidak bisa mengontrol jadwal makannya. Ngemil atau makan makanan ringan seperti kue-kue lebaran adalah kebiasaan semua orang. Apalagi di saat hari Lebaran, kue jenis apapun itu ada dan tinggal makan saja.

Tetapi kamu harus tetap bisa mengontrol, jika tidak maka kita akan terserang yang namaya kekenyangan yang mengakibatkan perut menjadi begah dan akhirnya malas untuk pergi berkunjung silaturahmi ke rumah tetangga maupun kerabat.

Nah, untuk kamu yang doyan makan, antisipasi dari sekarang ya. Jangan sampai hari Lebaranmu nanti menjadi hari sakitmu karena terlalu banyak makan.