×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Jenis hormon bahagia dan 12 kegiatan yang dapat membangkitkannya

0

Kesehatan

4 Jenis hormon bahagia dan 12 kegiatan yang dapat membangkitkannya

Foto: Andrea Piacquadio from Pexels

Ketika bahagia, imun tubuh makin kuat sehingga dapat meminimalisir penularan Covid-19.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

jihan nadila

15 / 07 / 2021 13:25

Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus Corona. Meningkatkan daya tahan tubuh tidak akan sempurna apabila tidak dibarengi dengan meningkatkan kualitas hormon bahagia kita. Beberapa jenis hormon tertentu di dalam tubuh telah dikenal membantu meningkatkan perasaan positif, termasuk kebahagiaan dan kesenangan. Ada empat jenis hormon di dalam tubuh, yaitu sebagai berikut.

1. Dopamin.

Sering disebut sebagai “The Reward Chemical", dopamin juga selalu dikaitkan dengan gerakan fisik, memori, perhatian dan emosi. Rasa emosional yang menyenangkan dan intens dapat melepaskan dopamin dalam tubuh kemudian akan menghasilkan kenangan. Kenangan ini menciptakan hubungan asosiatif tingkat sadar atau bawah sadar. Semakin dalam pengalaman, semakin banyak dopamin dan semakin besar kemungkinan kita termotivasi untuk menciptakan kembali perasaan ini.

2. Endorfin.

Endorfin atau “The Pain Killer” bertindak sebagai analgestik, yaitu berarti dapat mengurangi persepsi rasa nyeri. Endorfin diproduksi oleh otak, sumsum tulang belakang, dan banyak lagi. Endorfin dilepaskan sebagai respons terhadap bahan kimia otak yang disebut neurotransmiter.

Loading...

3. Oksitosin.

Oksitosin kadang-kadang disebut “The Love Hormone” karena kadar oksitosin meningkat selama pelukan atau bertemu dengan orang yang kita cinta. Hal itu mungkin akan bermanfaat dalam mengobati berbagai penyakit termasuk depresi, kecemasan dan masalah usus.

4. Serotonin.

Serotonin atau “The Mood Stabilizer” dianggap sebagai penyetabil suasana hati alami. Serotonin juga membantu mengurangi depresi, mengatur kecemasan, menyembuhkan luka dan menjaga kesehatan jantung.

Karena hormon-hormon tersebut sangat penting bagi keseimbangan suasana hati, maka keempat hormon itu bisa kita tingkatkan secara alami dengan beberapa cara berikut.

IG: @banggarang.comics

Foto: @banggarang.comics

1. Makan enak.

Makan makanan yang enak selain membuat perut kenyang juga bikin hati senang. Jika kita senang atau bahagia maka imun tubuh akan meningkat. Salah satunya dengan makan cokelat. Mengonsumsi cokelat bisa membuat mood naik sehingga dapat mengurangi stres. Jangan lupa untuk makan-makanan dengan gizi yang seimbang.

2. Tidur cukup.

Menjaga pola tidur berpengaruh pada peningkatan daya tahan tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa melambatnya kerja tubuh saat tidur dapat membantu sel-sel untuk beregenerasi.

3. Mandi air hangat.

Mandi air hangat selain membuat diri kita bersih dari kotoran dan minyak tubuh, juga bisa membuat tubuh menjadi rileks dan menghilangkan stres.

4. Olahraga.

Olahraga yang teratur mampu memompa jantung lebih cepat sehingga peredaran darah menjadi lancar. Selain itu, berolahraga juga bisa membuat tubuh mengeluarkan endorphin untuk mengurangi rasa sakit dan mengeluarkan energi positif.

5. Tertawa.

Meskipun terdengar konyol tapi manfaat dari tertawa sangat banyak. Contohnya, tertawa dapat meningkatkan asupan udara kaya oksigen, menstimulasi jantung, paru-paru, dan otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak.

6. Mendengarkan musik.

Dikutip dari klikdokter bahwa sebuah studi tahun 2013 musik memiliki potensi dalam meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh, menenangkan suasana hati, meningkatkan aliran darah, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan daya ingat. Sehingga, manfaat mendengarkan musik sangatlah besar bagi tubuh kita

7. Berbagi cerita.

Bercerita tentang masalah yang kita alami atau menceritakan hal kecil pada teman bahkan keluarga dan orang tedekat akan membuat hati menjadi tenang dan lega. Hubungan yang kita jalin bersama orang di saat sedang curhat akan meningkatkan hormon oksitosin.

8. Sentuhan.

Sentuhan fisik seperti saat berpelukan atau bergandengan tangan dapat meningkatkan hormon oksitosin. Oleh karena itu, untuk mendekatkan diri secara emosional dengan pasanganmu bisa memperbanyak sentuhan fisik.

9. Melakukan kebaikan.

Berbuat baik juga bisa meningkatkan hormon oksitosin karena di saat melakukan hal yang baik seperti membantu teman, akan membuat jalinan emosional atau hubungan pertemanan semakin dekat.

10. Berdoa/beribadah.

Selain melakukan beberapa aktivitas tadi jangan lupa untuk selalu beribadah, berdoa, meminta perlindungan dan kesehatan kepada Tuhan.

11. Berjemur.

Paparan sinar matahari langsung dapat merangsang produksi vitamin D yang penting untuk menyerap kalsium dan fosfor dari makanan. Selain itu, vitamin D berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh dan pembentukan sel darah. Untuk menjaga kadar vitamin D dalam tubuh kamu hanya perlu berjemur selama 5-15 menit sehari.

12. Menikmati keindahan alam.

Refreshing atau menikmati keindahan alam merupakan salah satu upaya untuk terhindar dari stres. Jadi lihatlah alam di sekitarmu agar hormon oksitosin pun meningkat.

Itulah 12 cara yang bisa kita lakukan agar senyawa kebahagiaan meningkat. Seperti yang kita tahu bahwa keempat hormon tadi berperan penting bagi daya tahan tubuh. Jika kita bahagia atau senang maka akan mudah bagi tubuh untuk memperkuat diri dari paparan virus Corona. Sebab ada sebuah fakta menyebutkan sebagian besar kematian yang disebabkan virus Corona disebabkan oleh sistem kekebalan yang terganggu, bukan virus itu sendiri. Maka dari itu terus selalu patuhi protokol kesehatan, makan-makanan bergizi, olahraga, dan tidak lupa untuk terus bahagia.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red