Memilih bank susah-susah gampang. Banyak pilihan, tapi jangan sampai salah pilih.Pilih yang sesuai dengan gaya hidup, status keuangan, dan yang memberikan layanan praktisserta nyaman.

Bank yang baik akan selalu menjaga dan mengelola uang kamu secara profesional dan tetap memberi kendali penuh atas penghasilanmu. Kamu akan terhindar dari banyak urusan membingungkan yang membuang waktu dan bikin frustasi.

Ada empat faktor yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih bank yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Untukkebutuhan saat ini dan masa depan.

Saat memutuskan bank, pastikan kamu berpikir tidak hanya untuk hari ini tetapi bertahun-tahun ke depan. Kamu tentu tidak ingin harus melakukan proses pengalihan bank berkali-kali, bukan? Kamu tidak perluharus pindah dari tempat kamu membuka akun, memeriksa apakah bank memiliki cabang di mana kamu berencana untuk pindah atau di suatu tempat di sekitarnya.Pastikan bank yang kamu pilih memiliki layanan daring dan seluler mereka agar kamu bisa melakukan transaksi di mana dan kapan saja dengan praktis dan aman.

2. Jenis akun yang kamuinginkan.

Pertimbangkan jenis simpanan yang kamu inginkan, apakah tabungan, giro, setoran berkala, atau lainnya. Cek apakah bank yang kamu pilih memiliki layanan itu atau tidak.Pastikan juga apakah bank tersebut memiliki layanan lain seperti kartu kredit juga.

3. Biaya bank.

Selanjutnya, pilih bank yang berbiaya lebih murah karena itu penting untuk membuat perbandingan antar bank.Namun, jangan bergantung terpikat hanya pada murahnya biaya bank saja karena ini tidak bisa menjadi ukuran baik tidaknya suatu bank. Tapi kalau sama-sama baik, kita tentu lebih memilih bank yang berbiaya murah.

4. Suku bunga.

Terakhir, faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah suku bunga bank dan keamanannya. Pilih bank yang mampu memberikan suku bunga menarik pada deposito kamu tetapi juga mampu memberikan rasa aman atas simpananmu.