×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Dampak buruk mengonsumsi kangkung secara berlebihan

0

Kesehatan

4 Dampak buruk mengonsumsi kangkung secara berlebihan

Foto: Jason Goh dari Pixabay

Mengonsumsi kangkung dalam kondisi tertentu dan juga secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

12 / 12 / 2019 10:50

 

Salah satu jenis sayuran hijau yang sangat mudah ditemukan di Indonesia adalah kangkung. Jenis tanaman tropis ini mudah tumbuh di daerah yang punya banyak kandungan air maupun tidak, sebab kangkung terdiri dari dua jenis, yakni kangkung air dan kangkung darat. Meskipun begitu keduanya memiliki kandungan gizi setara.

Banyak orang menyukai kangkung. Selain rasanya nikmat, kangkung juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Di antaranya mengatasi anemia, mencegah dehidrasi, mencegah munculnya penyakit kronis, mencegah kerusakan hati, menyehatkan mata, hingga mencegah diabetes. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, kangkung bisa menjadi bahaya bagi kesehatan.

Sebenarnya mengonsumsi sayur kangkung sendiri tidak lantas menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, selama kamu mencucinya hingga benar-benar bersih, mengolahnya dengan baik, memasaknya dengan benar, serta tidak memiliki riwayat penyakit tertentu yang menyebabkan kamu tidak boleh mengonsumsi kangkung.

Berikut ini beberapa dampak buruk yang dapat terjadi akibat mengonsumsi kangkung secara berlebihan atau kangkung yang diolah dengan cara yang tidak benar.

Loading...

1. Memicu asam urat.

Sayur kangkung memiliki kandungan purin yang cukup tinggi di mana zat tersebut dapat memicu dan memperparah asam urat penderitanya. Maka dari itu, jika kamu memiliki riwayat penyakit asam urat sebaiknya batasi konsumsi sayur satu ini. Tak hanya itu, bagi yang tidak memiliki riwayat asam urat sebelumnya pun sebaiknya tidak mengonsumsi kangkung secara berlebihan karena dapat menyebabkan terjadinya asam urat.

2. Memicu alergi.

Selain asam urat, mengonsumsi sayur kangkung secara berlebihan ternyata juga dapat memicu terjadinya alergi. Pasalnya, kangkung memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi sehingga dapat memicu terjadinya alergi pada sebagian orang. Alergi ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal dan ruam merah di kulit serta kepala yang terasa pusing.

3. Gangguan pencernaan.

Konsumsi kangkung dalam jumlah yang berlebihan juga dapat mengganggu jaringan usus di sekitarnya. Hal ini disebabkan karena kangkung memiliki kandungan gas dan zat purin yang dapat menyebabkan seseorang mengalami iritasi pada saluran pencernaan. Mengonsumsi kangkung yang tidak dicuci bersih juga dapat menyebabkan bakteri yang masih tertinggal mengiritasi lambung dan jaringan perut lain. Kondisi ini dapat menyebabkanmu mengalami mual-mual dan sakit perut.

4. Mengantuk.

Mengonsumsi kangkung secara berlebihan ternyata juga dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah mengantuk. Pasalnya, kangkung memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga dapat memengaruhi sistem saraf di bagian kepala.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red