×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Cara memanfaatkan bunga pagoda, bisa mengobati beberapa penyakit

0

Kesehatan

4 Cara memanfaatkan bunga pagoda, bisa mengobati beberapa penyakit

Bunga pagoda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama untuk mengobati asam urat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erina Eshal

28 / 02 / 2019 17:34

 

Bunga Pagoda yang mempunyai nama ilmiah Clerodendrum japonicum Sweet merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan tanaman hias yang biasanya selalu ada di setiap pekarangan rumah. Pagoda adalah kata yang cocok diberikan pada bunga ini karena posisi bunganya yang berumpun mirip seperti pagoda.

Siapa sangka bunga yang memiliki rupa cantik ini ternyata bisa dijadikan obat herbal. Bukan hanya bunganya saja, melainkan akar dan juga daunnya. Akar bunga pagoda memiliki rasa yang pahit. Sifatnya dingin dan khasiatnya bisa menghilangkan bengkak, menghancurkan darah beku dan sebagai anti radang. Biasanya akar bunga pagoda sering digunakan untuk mengobati sakit pinggang, sakit rematik, susah tidur, dan luka memar.

Pada bagian daunnya, bunga pagoda memiliki rasa yang manis, asam, dan agak kelat serta memiliki sifat yang netral (tidak hangat, tidak dingin). Khasiatnya bisa digunakan sebagai anti radang dan untuk mengeluarkan nanah.

Sedangkan bunga pagoda sendiri memiliki rasa yang manis dan sifatnya hangat. Khasiatnya bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan seperti wasir berdarah dan anemia.

4 Cara memanfaatkan bunga pagoda, bisa mengobati beberapa penyakit
 
Sumber : https://rheumapas.com/obat-asam-urat-herbal-alami/
 
 
Telah dijelaskan di atas bahwa bunga ini bisa mengatasi beberapa penyakit. Di sini akan dijelaskan lagi lebih rinci cara kerja bunga pagoda terhadap reaksi untuk melawan beberapa penyakit.
 
1. Mengobati asam urat.
 
Asam urat ini mungkin bisa dibilang penyakit orang tua karena biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia di atas 40 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan mereka yang masih berusia muda pun bisa mengalami asam urat. Cara memanfatkan bunga pagoda yaitu dengan mengambil akarnya. Siapkan sebanyak 30-90 gr akar bunga pagoda, lalu rebus dengan 4 gelas air. Setelah air rebusan berkurang setengahnya, tuangkan (saring) ke dalam gelas, dan obat siap diminum.
 

2. Mengobati wasir berdarah.

Loading...

Wasir atau ambeien adalah penyakit yang sering kali membuat kita hilang kenyamanan, apalagi disertai dengan keluarnya darah yang tentunya akan membuat khawatir para penderitanya. Dengan memanfaatkan bunga pagoda bisa mengobati wasir berdarah dengan cepat. Caranya tinggal kamu masukkan saja bunga tersebut ke dalam menu masakan atau bisa diolah menjadi masakan. Ya anggap saja bunga tesbut adalah kangkung atau tumis.

 

3. Mengatasi insomnia.

Sama seperti pada pengobatan wasir, namun kali ini bunga pangoda digunakan layaknya mengonsumsi teh. Jadi bunga pagoda kita keringkan dulu, setelah kering baru dimasukan pada segelas air hangat dan untuk menambah rasanya bisa ditambahkan sedikit madu. Untuk bahannya kamu bisa ambil secukupnya saja, atau bisa dikira-kira. Teh bunga pagoda ini bisa mengatasi kamu yang sulit untuk tidur. Jam tidurmu akan kembali normal jika rutin meminum ramuan ini.

 

4. Untuk mengobati luka.

Baik itu luka akiba memar, bisul korengan, dan luka luar lainnya bisa diobati dengan mengunakan bunga pagoda. Caranya dengan menumbuk bunga beserta daunya, kemudian tempelkan pada bagian yang luka tersebut. Cara ini cukup efektif mengobati segala macam luka, bisul, memar, bahkan korengan bisa hilang dan menyusut dengan cepat.

 

Itulah beberpa manfaat bunga pagoda yang memang berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Jika kamu ada yang sedang menanam bunga pagoda, bisa langsung mempraktikkannya.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red