×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Buah yang disebut dalam Al Quran ini memiliki khasiat bagi kesehatan

0

Kesehatan

4 Buah yang disebut dalam Al Quran ini memiliki khasiat bagi kesehatan

Beberapa buah yang disebut namanya dalam Alquran ini memiliki khasiat menakjubkan bagi kesehatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Arya Wiguna

01 / 03 / 2019 13:35

Allah menjadikan ragam jenis buah. Setiap buah mempunyai cita rasa dan aroma masing-masing, walaupun semuanya tumbuh di tanah yang sama dan diairi dengan air yang sama. Buah-buahan itu pun sebagian disebutkan dalam al-Qur'an. Nah, ternyata beberapa buah yang disebut namanya dalam Alquran itu memiliki khasiat menakjubkan bagi kesehatan.

1. Buah Zaitun.

 

Sumber pixabay.com

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

Loading...

Dialah yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanaman tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan". (Al Quran surah an-Nahl ayat 10-11).

Dalam ayat lain, Allah Subhanahu Wa Ta'ala bahkan bersumpah atas nama buah zaitun di samping buah tin. “Demi buah tin dan buah zaitun.” (Al Quran surah at-Tin ayat 1)

Para ulama menjelaskan jika Allah Subhanahu Wa Ta'ala bersumpah atas sesuatu, maka sesuatu itu menunjukkan hal yang sangat penting. Dan benar, dari penelitian para pakar diketahui bahwa zaitun tidak saja enak rasanya tapi juga merupakan sumber makanan sehat.

Kandungan asam linoleic yang terdapat dalam buah ini secara khusus sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang tengah menyusui anaknya. Kekurangan asam linoleic dapat mengurangi pertumbuhan bayi dan memperbesar potensi timbulnya beberapa penyakit kulit.

Organisasi-organisasi kesehatan termasuk WHO menghancurkan penduduk yang bermukim dalam masyarakat yang tingkat penderita diabetes dan penebalan saluran urat darah tinggi supaya mengonsumsi minyak zaitun yang mengandung paling kurang 30% asam linoleic. Hal inilah di antaranya yang telah menaikkan harga zaitun. 

 

2. Buah Pisang.

sumber gambar: google.com

Selain zaitun, pisang merupakan salah satu buah yang disebut dalam Al Quran. Bahkan juga disebut pisang sebagai salah satu buah dalam surga. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pohon pisang yang bersusun-susun buahnya, dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak yang tidak berhenti buahnya dan tidak terlarang mengambilnya.” (Al Quran surah al-Waqi'ah ayat 28-33)

Seperti semua karunia lainnya, buah pisang yang dinikmati para penghuni surga tentu akan jauh lebih sempurna dari pisang yang dapat dibayangkan yang kini tersedia di dunia. Pisang-pisang yang tersedia di surga tidak pernah busuk dan akan memiliki rasa dan wangi yang tidak mungkin kita bayangkan sekarang. Namun di dunia ini pun Allah sudah menciptakan sejenis buah yang sangat mirip dengan yang ada di surga dan telah menyediakannya untuk kita.

Para ahli mengungkap, pisang merupakan buah yang sangat bergizi, terdiri atas air 75%, protein 1,3% dan lemak 0,6%. Tiap buah pisang juga mengandung karbohidrat dan potasium dalam jumlah cukup. Di samping menolong menyembuhkan banyak penyakit, pisang sangat dianjurkan untuk penyembuhan demam, gangguan sistem kerja pencernaan, kejang-kejang, dan terkilir.

Tingginya jumlah potasium yang dikandung dalam pisang memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh. Selain itu pisang juga dapat menurunkan tekanan darah dan digunakan untuk penyembuhan beragam alergi. Potassium berfungsi bersama sodium, meningkatkan pertumbuhan sel dan otot, serta mengatur detak jantung.

Setiap perubahan pada keseimbangan sodium potasium dapat mendatangkan ketidakteraturan pada sistem kerja saraf dan otot. Di samping itu kekurangan potasium dapat berakibat penumpukan air berlebihan di suatu organ tubuh dan menurunkan jumlah sirkulasi gula di dalam darah. Maka keseimbangan ini perlu tetap dijaga. 

 

3. Buah Delima.

delima https://pixabay.com/photos/pomegranate-open-cores-fruit-196800/

foto: https://pixabay.com/photos/pomegranate-open-cores-fruit-196800/

Al Quran juga menyebut buah delima, buah yang sangat istimewa. Buah yang masih kita temukan di berbagai daerah ini memiliki khasiat yang begitu besar. Hingga Allah menerangkanya dalam Al-Quran.

Dan dialah yang menurunkan air hujan dari langit lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan. Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak, dan dari mayang kurma menguraikan tangkai-tangkai menjulai, dan kebun kebun anggur dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohon yang berbuah dan perhatikan pula lah kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (Al Quran Surat Al An'am ayat 99)

Buah yang disebut dalam Al Quran ini termasuk buah yang kelak akan disajikan di surga. "Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima.” (Al Quran surah Ar Rahman ayat 68).

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa buah delima memiliki keajaiban yang sangat beragam. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa buah delima kaya akan antosianidin yang berkhasiat antioksidan dan anti inflamasi.

Jus buah delima disebut-sebut memiliki antioksidan lebih besar daripada makanan super lain seperti anggur merah, teh hijau, dan blueberry. Antioksidan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel.

Kerusakan sel ini berkaitan dengan segala macam penyakit termasuk kanker, penyakit jantung dan Alzheimer. Sebuah studi menemukan bahwa jus delima mengurangi pengerasan arteri dan penyakit terkait seperti serangan jantung dan stroke.

Buah delima mencegah penumpukan plak di arteri dan dapat meluruhkan penumpukan plak sebelumnya. Journal of Cardiology mempublikasikan temuan bahwa pasien penyakit jantung koroner atau PJK yang meminum sari buah delima setiap hari selama 3 bulan menunjukkan peningkatan aliran darah ke jantung sekitar 17%.

Bahkan buah delima dapat mengurangi kolesterol jahat pada tikus. Hal ini menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kolesterol baik. Dari studi menunjukan bahwa minum 1,7 ons jus delima per hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 5% .

Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah menerangkan bahwa memang buah delima memiliki khasiat hingga akhirnya dibuktikan oleh para peneliti yang mengungkapkan khasiat tersebut. Hal ini membuktikan bahwa Al Quran benar-benar kitab yang patut kita percaya akan keaslian isi kandungannya.

 

4. Buah Anggur.

anggur https://pixabay.com/photos/grapes-vine-grape-vine-wine-908757/

foto: https://pixabay.com/photos/grapes-vine-grape-vine-wine-908757/

Kualitas anggur yang baik menurut seorang ahli botani muslim, Ibnu Baitar adalah anggur yang berukuran besar, berkulit tipis, berbiji jarang, dan berwarna agak kemerah-merahan. Menurut Ahli botani muslim terkemuka di masa kejayaan Islam di Andalusia ini, anggur juga tergolong paling baik dibandingkan buah-buahan lainnya.

Buah yang disebut dalam Al Quran ini mengandung banyak lemak yang dapat menggemukkan orang yang kurus, membersihkan darah, dan memperlancar saluran pencernaan. Bahkan anggur terdapat bermanfaat untuk meningkatkan libido, memulihkan orang yang sakit dan menguatkan jantung.

Fakta ini menunjukkan betapa buah-buahan yang disebutkan Allah dalam al-Qur'an memiliki khasiat dan kegunaan yang luar biasa. Inilah salah satu bukti kemukjizatan ayat-ayat suci Al-Quran. Allahu a’lam.

Sampai di sini perjumpaan kita hari ini semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa memberikan Hidayah dan Taufiq Nya kepada kita, amin ya rabbal alamin. 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red