Apakah kamu pernah berenang di laut dan tidak sengaja meminum air laut?Rupanya bila menelan terlalu banyak air laut dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius.

Tubuh manusia dibangun untuk menangani sejumlah kecil natrium dan tidak baik bila terlalu banyak mengonsumsinya.Demi kesehatanmu, baiknya hindari untuk meminum air laut.

Berikut ini beberapa hal buruk yang bisa terjadi bila kamu minum air laut:

1. Keseimbangancairan yang tidak sehat.

Garam adalah kombinasi dari dua mineral penting: natrium dan klorida. Kamu membutuhkan nutrisi ini untuk keseimbangan cairan yang sehat, ditambah fungsi otot dan saraf, tetapi tidak perlu banyak untuk memenuhi kuota nutrisimu.

Kelebihan natrium akan sangat merepotkan.Rata-rata orang Amerika mengonsumsi terlalu banyak sodium dalam makanan normal tanpa penambahan air garam.Kebanyakan orang harus mendapatkan tidak lebih dari 2.300 miligram sodium per hari, jumlahnya hanya di bawah satu sendok teh garam.

Penderita diabetes, ginjal atau penyakit jantung, atau siapa pun yang berusia lebih dari 50 tahun harus mendapatkan tidak lebih dari 1.500 miligram sodium per hari.

2. Dehidrasi.

Kamu mungkin pernah melihat film di mana orang-orang yang terdampar di laut takut minum air laut. Ternyata ada alasan bagus untuk hal ini.Mengonsumsi air yang sangat asin seperti jenis air di lautan dapatmemasukkan lebih banyak garam ke tubuhdaripada yang bisa diproses oleh tubuhmu.

Tubuh mencoba untuk membuang kelebihan garam dengan mendorongmu buang air kecil dan mendorong ginjal bekerja lebih keras. Karenaharus mengeluarkan lebih banyak air daripada yang dikonsumsi untuk menghilangkan garam ekstra tersebut, kamu dapat dehidrasi dengan cepat.Dalam kasus yang lebih parah, efek ini bisa berakibat fatal.

3. Meningkatnyatekanan darah.

Sodium menahan air, oleh karena itu kadar natrium yang tinggi dalam tubuhmu menciptakan peningkatan volume darah dan tekanan darahmu.Hal ini pada gilirannya memaksa hatimu untuk bekerja lebih keras dan menciptakan ketegangan pada organ berharga ini.Pada akhirnya tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Itulah sebabnya mengapa mengendalikan asupan garam penting untuk kesehatan jantungmu.

4. Kehilangan kalsium.

Menurut Linus Pauling Institute, terlalu banyak mengonsumsi garam menyebabkan tubuhmu mengeluarkan lebih banyak kalsium melalui urin.Tulangmu membutuhkan kalsium ini dan dengan demikian tulang dapat menjadi lebih lemah seiring waktu.Kamu mungkin menjadi lebih rentan terhadap osteoporosis, kondisi di mana tulang tumbuh rapuh dan lebih rentan terhadap patah tulang.

Peningkatan kalsium kemih juga dapat menyebabkan batu ginjal, kondisi di mana massa kalsium yang keras terbentuk di ginjal.Ketika batu-batu ini terjebak di saluran kemih, mereka dapat menyebabkan pendarahan dan rasa sakit yang parah serta menghalangi aliran air kencing.