Iis Dahlia berhasil meramekan jagat dunia maya Indonesia pasca sepi setelah euforia Piala Dunia 2018 Rusia. Bukan karena kebaikan atau prestasi, tapi lantaran bully-annya kepada salah satu kontestan ajang pencarian bakat "Kontes Dangdut Indonesia" yang bernama Waode Sofia.

Iis melontarkan kalimat tidak menyenangkan kepada peserta asal Bau Bau itu, karena ia tak memakai make up dan gaun seperti peserta lainnya.

Begini ucapan Iis Dahlia yang tak mengenakkan itu, "Kamu ketemu teman-teman kamu enggak tadi di luar? Mereka kayak gimana mau audisi? Pakai bedak enggak? Pakai lipstik enggak? Pakai baju yang benar enggak?" Iis mencecar Sofia, seperti dikutip brilio.net dari kanal KDI MNCTV di YouTube,Senin (23/7).

Sontak video itu menjadi viral dan jadi perhatian dimana-mana. Warganet secara berjama'ah menyinyiri penyanyi asal Indramayu itu habis-habisan. Belum lagi para artis jebolan ajang penacarian bakat juga ikut-ikutan.

Meskipun Waode Sofia, kembali ke ruangan audisi dan bernyanyi karena sudah didandani cantik dengan mengenakan dres hitam. Sofia Waode pun lolos ke babak selanjutnya.

Nah, siapa aja sih ke 4 artis yang mengkritiki Bunda Iis Dahlia? Simak terus ulasan berikut ini.

1. Citra Scholastika lewat akun Instagramnya dia menuliskan komentar pedas. 4 Seleb dari ajang pencarian bakat ini rame-rame kritik Iis Dahlia

"Lagi viral soal ajang pencarian bakat di "bidang musik" yang kemarin mempersoalkan penampilan. Nggak kebayang sih kalau aja 8 tahun lalu seandainya diriku cuma dinilai dari penampilan fisik, WOW!

Haha kemungkinan terhqq kalian semua gak akan pernah nyindir mantan kalian pake "everybody knew." Untung aja @itsrossa910 berusaha nutup mata dan buka lebar-lebar telinga berbesar hati nerima daku yang bulux to the max! Haha gak nyesel kan tapi.

Nemuin mutiara aja harus menyelam lautan, udah gitu belum jaminan juga kan di dalem kerang pasti ada mutiara?Ajang pencarian bakat "ga se-instan" itu buat nemuin kualitas bintang, sekejap masih di tahap audisi. Come on!" tulis Citra Scholastika.

2. Mytha Lestari menceritakan masa-masa dulu ia pernah ikut audisi. 4 Seleb dari ajang pencarian bakat ini rame-rame kritik Iis Dahlia

"Iya betul memang, kalau mau jadi artis itu harus 'On' from head to toe. Tapi, kalau buat itungan audisi nyanyi, yang penting sopan aja kali ya. Kayaknya agak lebay deh kalau jurinya 3 orang sampai marah-marah mempermalukan satu peserta.

Setau gue nih yang pernah audisi acara nyanyi di TV juga, cuma disuruh pakai bedak. Itu juga ada orang make up TV-nya yang stand by. Kalau liat ada yang belum lipstikan atau bedakan langsung dibenerin sebelum masuk ke ruang audisi.

Dulu gue audisi M*maMi* cuma pakai kaos sama legging. Berdiri udah 8 jam terus lepek cuma pakai lipbalm, iket rambut kayak anak SMA abis dibully.

Alhamdulillah juara satu juga. Ya boleh marah tapi ga jurinya kali ya, atau kapasitasnya masukan aja kali ya. Nggak di-attack kayak gitu pesertanya, liatnya serem.

(Jadi ngebayangin kalau gue jadi pesertanya, pasti gue trauma sih) Siapa tau itu baju dan penampilan terbaiknya saat itu, we don't know kan.

Itu acara buat bikin orang biasa jadi bintang iklan?? I think it's too much.

#abisliat audisi nyanyi jurinya marah besar sama peserta sampai diusir gara-gara nggak pakai lipstik sama bedak," kritik Mytha Lestari.

3. Evi Masamba lewat aku Instagram pribadinya menyayangkan sikap para juri. 4 Seleb dari ajang pencarian bakat ini rame-rame kritik Iis Dahlia

"Manusia itu gak ada yg sempurna di dunia ini. Jadi, jangan mengkritik seseorang. Sebelum mengkritik diri kita sendiri. Apakah sudah benar hidup kita atau belum. Good night," tulis Evi.

4. Fatin Shidqia Lubis - X Factor, dia melontarkan kata-kata sindiran lewat video yang ia unggah.

. Lagi rame soal komen ajang pencarian bakat yaksss . Ampe pemenang ajang pencarian bakat ikutan komen juga . Au aaah jaman now mah kebanyakan ajang pencarian bakat Yang belum ada kayanya ajang pencarian bakat nyinyirin orang .

137.9k Likes, 6,478 Comments - Bukan Akun Haters / Fanbase (@lambe_turah) on Instagram: ". Lagi rame soal komen ajang pencarian bakat yaksss . Ampe pemenang ajang pencarian bakat ikutan..."


"Hai, jadi tadi aku baru banget dikasih tahu temen aku ada orang ikutan talent show gitu dia audisi. Terus dia gak pakai make up, tapi dia disuruh balik lagi karena kurang rapi katanya.

Btw, ini I got to mention ini talent shownya nyanyi khusus nyanyi, di mana logikanya untuk menilai suara orang tersebut, tapi kenyataannya. Setahu aku ya yang dulu ikut talent show, dulu gak ada tuh ada syarat-syarat harus make up, harus pakai dress, harus yang super jdang (cetar), yang penting cewek atau cowok minimal umur dan suka nyanyi.

No offense sama sekali yang makeup atau misalnya kalian yang mau dress apapun itu hak kalian. Tapi kalau harus dipaksakan atau ketika audisi itu nggak jujur itu apa banget deh, dan yang gituin jurinya coba.

Logika kocak simplenya adalah ini talent show untuk nyanyi, tapi bahkan pas masuk ke ruangan gak disuruh nyanyi dulu baru. Abis itu mau dikomentari bajunya atau apa, tapi disuruh ganti baju langsung baru boleh nyanyi, baru boleh, kocak!

Emang mereka nggak mikirin kemungkinan lain apa kayak emang makeup itu gampang? Emang makeup itu murah? Emang pakai baju yang proper menurut mereka itu untuk semua orang bisa segampang itu gitu?

Yang pasti aku miris banget sih lihat video kayak gitu dan misalnya buat temen-temen yang ikut talent show, satu adalah jujur sama diri kalian sendiri dan kalian benar-benar passion it sama jalan yang kalian pilih," ujar Fatin dalam video tersebut.