Tren hidup minim sampah kini semakin diminati masyarakat. Berbagai produk mulai dari peralatan makan, peralatan mandi, hingga peralatan perawatan tubuh seperti skin/body care juga mulai banyak yang beralih menjadi produk yang ramah lingkungan dan bahkan ada yang dapat digunakan berulang kali.

Untuk para wanita, kamu juga bisa lho memiliki barang-barang yang reusable untuk menggantikan produk sekali pakai. Berikut tiga rekomendasi reusable product yang bisa kamu coba.

1. Menstrual cup.

3 Rekomendasi reusable product yang cocok untuk wanita

Foto: https://zerowaste.id/

Mungkin kamu sudah sering mendengar produk yang satu ini. Menstrual cup merupakan cangkir menstruasi yang dapat digunakan sebagai pengganti pembalut dan tampon.Menstrual cup ini memiliki bentuk seperti corong dan berbahan karet atau silikon. Karena bahannya yang terbuat dari silikon dan fungsinya yang menampung darah, sehingga menjadi lebih praktis. Kamu tidak perlu mengganti cup, hanya cukup mencuci bersih kemudian bisa digunakan kembali.

Alasan kenapa menjadi ramah lingkungan sebab selain bisa digunakan berulang kali,menstrual cupjuga bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang bahkan hingga 10 tahun, tentunya akan sangat hemat.

2. Menstrual pad.

3 Rekomendasi reusable product yang cocok untuk wanita

Foto: https://zerowaste.id/

Bagi yang masih ragu untuk mencoba menggunakan menstrual cup,jangan khawatir masih adapilihan lainnya yaitu menstrual pad. Memiliki fungsi yang mirip dengan menstrual cup, namun dengan bentuk yang berbeda. Menstrual pad ini bentuknya sama dengan pembalut sekali pakai, namun menstrual padpunya banyak keunggulan.

Bahannya yang terbuat dari kain tentu akan membantu mengurangi iritasi atau ruam pada kulit. Menstrual pad juga memiliki daya serap yang cukup baik, tidak perlu takut bocor karena tahan cukup lama hingga 6-7 jam, mudah dicuci, dan tentunya dapat digunakan berulang kali hingga bertahun-tahun.

3. Cotton pad.

3 Rekomendasi reusable product yang cocok untuk wanita

Foto: https://zerowaste.id/

Pembersih wajah kain cuci ulang biasa disebut cotton pad. Produk ini biasa digunakan untuk membersihkan wajah saat membersihkan make up. Cotton padbisa menjadipilihan bagi kamu yang ingin berhenti menggunakan kapas sekali pakai. Cotton pad atau kapas kain ini biasanya memiliki bentuk lingkaran dengan diameter sekitar 7 cm. Bahannya berasal daricotton yang lembut, memiliki desain/motif yang menarik, dan tentunya mudah dicuci.

Nah, itulah beberapa rekomendasi reusable product yang bisa kamu coba. Selain ramah lingkungan tentunya juga bikin hemat. Selamat mencoba! Cintai dirimu, sayangi bumimu!