Ketika tiba saatnya untuk merayakan Tahun Baru, kebanyakan orang mencoba membuat rencana untuk masa depan. Namun, sama pentingnya untuk menganalisis apa yang telah diajarkan tahun lalu kepadamu. Pelajaran apa yang dia ajarkan kepadamu?

3 Pertanyaan penting bagi diri sendiri sebelum tahun berganti

Credit: @minan1398 Pexels

Jika tidak ada yang terlintas dalam pikiranmu, cobalah untuk mengingat prestasimu. Bisakah kamu bangga dengan hal itu? Apakah kamu harus memikirkan apa yang perlu diubah dalam hidupmu sehingga tahun depan akan lebih baik dari yang sebelumnya? Untuk melakukan ini, cukup tanyakan pada diri sendiri hanya tiga pertanyaan dan berikan jawaban jujur.

1. Apa yang telah kamu pelajari?

Setiap tahun ada sesuatu yang mengajari kita. Cobalah untuk menentukan informasi mana yang paling penting bagimu. Tuliskan jawabanmu dan pastikan kamu mendapat pelajaran yang benar dari situasi itu, yaitu bahwa kamu membuat keputusan yang benar.

2. Apa yang kamu banggakan?

Ingat apa yang telah kamu lakukan dalam setahun terakhir, analisis prestasimu. Tentunya kamu bangga dengan beberapa hal. Pujilah dirimu.

3. Apa yang perlu kamu lupakan?

Jangan takut untuk melepaskan orang-orang yang tidak perlu dari hidupmu, membuang hal-hal yang tidak digunakan, dan lupakan informasi yang tidak baik. Jika kamu dapat menyingkirkan sesuatu yang tak perlu, pastikan untuk melakukannya. Jangan seret kargo berat pada dirimu tahun demi tahun.

3 Pertanyaan penting bagi diri sendiri sebelum tahun berganti

Credit: @kelvin809 Pexels

Dengan mengajukan sendiri pertanyaan-pertanyaan ini, kamu akan menentukan sendiri perkembangan di tahun berikutnya. Memahami apa yang menjadi fokus dan apa yang lebih baik untuk disingkirkan.