×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Objek wisata baru dan hits di Barabai, Kalimantan Selatan

0

Jalan-Jalan

3 Objek wisata baru dan hits di Barabai, Kalimantan Selatan

Liburan semester di depan mata, sangat sayang jika hanya menikmati suasana rumah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Kartika Puji Rahayu

28 / 06 / 2019 12:17

Berwisata memang kegiatan yang menyenangkan karena manfaat berwisata sangatlah banyak. Diantaranya dapat menyegarkan pikiran, memanfaatkan waktu berkualitas bersama keluarga, dan dapat mengembalikan semangat dan produktivitas dalam bekerja. Sehingga tak heran kegiatan berwisata saat ini dapat merupakan kegiatan yang sangat disenangi bahkan beberapa orang mengharuskan kegiatan ini ada guna meningkatkan produktivitas hidup mereka.

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan potensi alamnya. Potensi tersebut dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat. Pariwisata merupakan sektor peluang usaha yang mulai banyak dikembangkan daerah saat ini. Daerah Barabai kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan yang dikenal sebagai kota Apam ini pun juga turut mengembangkan potensi alam yang dimilikinya sebagai obyek wisata. Sehingga selain dapat meningkatkan perekonomian, masyarakat sekitar juga kini tak perlu jauh-jauh untuk dapat menyegarkan otak.

Berikut ini 5 objek wisata yang termasuk baru tapi sudah menjadi tempat hits di kalangan masyarakat.

1. Gua Limbuhang.

ayunan akar didalam gua limbuhang

Loading...

Gua ini terletak di Desa Haliau, Kecamatan Pagat, Batu Benawa, Kalimantan Selatan. Objek wisata ini berjarak sekitar 8,5 km dari Kota Barabai. Untuk menuju ke sana kalian bisa menggunakan kendaraan darat roda 2 maupun roda 4 milik pribadi. Selain itu kalian juga dapat menggunakan angkutan umum yang biasa disebut masyarakat sebagai taksi pagat, namun kini angkutan umum ini sangatlah jarang.

Meskipun tempatnya lumayan jauh dari keramaian kota, akses jalan menuju lokasi sangatlah nyaman karena sudah beraspal seluruhnya. Harga karcis masuk wisata cukup terjangkau, yaitu hanya Rp5000 saja ditambah parkir motor Rp3000 dan mobil Rp10.000 dengan fasilitas bisa hunting foto sepuasnya karena banyak spot foto menarik di sana.

Sajian utama dari wisata ini ialah gua yang berada di bawah tanah dengan pemandangan yang indah karena di dalam gua tersebut terdapat danau kecil beserta akar gantung yang dapat dijadikan spot foto. Meskipun di dalam gua, pengunjung tidak merasakan suasana yang gelap karena pencahayaan tempat ini sangatlah photogenic. Cahaya matahari dapat menembus dengan kuantitas yang pas untuk menyinari gua dan danau kecil. Untuk mengitari danau, pengunjung disediakan perahu karet dan seorang tour guide. Harga sewa perahu per orangnya ialah Rp5000.

2. Baruh Bunga.

waterpark baruh bunga

https://janganlupapiknikk.blogspot.com/2018/03/water-park-baruh-bunga-desa-waki.html

Objek wisata ini terletak berdempetan dengan Gua Limbuhang Haliau. Tempat wisata ini mengusung tema outbond dan waterpark, namun tetap bersentuhan langsung dengan alam sehingga sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Harga tiket masuk objek wisata ini ialah Rp25.000 dan pengunjung dapat bermain dan berpetualang sepuansnya dengan keluarga.

3. Riam Bajandik.

sungai Waki di wisata Riam Bajandik

Kalimantan merupakan pulau yang kaya akan sungai, sehingga tak asing jika beberapa sungai memang dimanfaatkan sebaai objek wisata. Seperti obyek wisata yang akan dibahas kali ini. Riam Bajandik merupakan salah satu destinasi wisata baru yang ada di Barabai. Wisata ini memanfaatkan fasilitas alam yang ada yaitu sungai yang dihias sedemikian rupa agar menarik banyak pengunjung.

Harga karcis masuk wisata ini pun tergolong sangat murah yaitu Rp3000 per orang tanpa batasan waktu. Tak heran jika wisata ini menarik banyak wisatawan setiap harinya, terutama kalangan anak-anak. Letak objek wisata ini berjarak ±0,7 km dari wisata Baruh Bunga dan Gua Limbuhang.

4. Pulau Mas.

Wisata baru selanjutnya yang sedang hits di Barabai ialah Pulau Mas. Seperti namanya, konon tempat ini dulu sering ditemukan butir-butir emas. Saya sendiri belum sempat mengunjugi tempat tersebut sehingga tidak dapat memberikan review terlalu banyak.

Sedikit informasi yang saya dapat dari teman saya dan beberapa ulasan pengunjung lain bahwa wisata Pulau Mas ini merupakan lanjutan dari wisata Riam Bajandik yang mana tema serta suasana lokasinya pun mirip. Selain itu kawasan ini masih satu aliran sungai, yaitu sungai Waki. Karena saya masih belum pernah ke sana, sehingga saya masih belum punya dokumentasinya.

Bagi kalian warga Kalimantan Selatan atau yang penasaran dengan wisata baru yang sedang hits ini, kalian dapat langsung datang ke lokasi. Wisata ini termasuk yang paling dekat dengan Kota Barabai dan wisata ini buka setiap hari dan rata-rata mulai pukul 08.00-18.00 WITA.

Perhatikan kondisi cuaca juga ya saat berkunjung ketempat ini, agar kalian tidak kehilangan momen indah. Kalian dapat membawa bekal sendiri atau bagi yang malas membawanya, tenang tersedia banyak warung makanan camilan yang siap memenuhi kebutuhan perut kalian. Selamat berlibur!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red