Kopi memang menjadi salah satu seduhan yang digandrungi oleh banyak kalangan. Dengan keharuman yang memiliki ciri khas serta rasa yang pas di lidah membuat kopi menjadi teman yang tepat dikala santai ataupun sibuk mengejar deadline. Kopi yang terkenal tentu saja ada kopi Arabica dan Robusta. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi. Kini ada beraneka macam varian kopi yang dibuat dari berbagai Negara di dunia. Kopi-kopi ini tentu bukan hanya hadir dengan rasa yang sedap dilihat namun juga dengan harga yang fantastis.

Nah, guys kali ini kita akan membahas kopi termahal dari beberapa Negara di dunia yang dapat menjadi referensimu kalau berkunjung ke negara-negara ini

1. Luwak Coffee

3 Kopi termahal dengan harga jutaan, ada dari Indonesia juga

Kita mesti bangga karena kopi dari Indonesia ini menjadi salah satu yang termahal di dunia. Dinamakan kopi luwak karena proses pembuatan kopi ini harus melalui pencernaan hewan bernama luwak. Luwak sendiri memiliki pencernaan yang sederhana sehingga tidak dapat mencerna biji kopi. Biji kopi yang keluar dari pencernaan luwak ini akan dicuci, disangrai ditumbuk hingga kemudian diseduh. Hal ini tentu tidak lazim seperti kebanyakan kopi lainnya. Namun diakui bahwa rasa dan aroma kopi hasil pencernaan luwak ini berbeda dari kopi lain. Harga kopi luwak ini per 500 gramnya bisa mencapai Rp 2,16 juta.

2. Hacienda La Esmeralda Gesha

3 Kopi termahal dengan harga jutaan, ada dari Indonesia juga

Kopi gesha yang berasal dari Panama ini diproduksi oleh perkebunan hacienda la Esmeralda di lereng gunung baru, Panama. Kopi ini memiliki rasa yang luar biasa karena melalui proses pematangan selama 40-60 hari. Harga kopi ini bisa mencapai Rp 4,72 juta/500 gram. Yang membuat kopi ini mahal adalah karena kopi ini telah mendapat banyak penghargaan senagai kopi dengan kualitas yang unggul.

3. Black Ivory Coffee

3 Kopi termahal dengan harga jutaan, ada dari Indonesia juga

Black Ivory Coffee adalah salah satu kopi termahal yang berasal dari Thailand Utara. Serupa dengan kopi luwak, kopi black ivory ini juga harus melalui proses pencernaan hewan, yaitu gajah. Gajah akan mengonsumsi biji kopi arabika selama 15-70 jam yang kemudian akan keluar bersama kotoran. Kemudian kopi akan diolah hingga menjadi kopi black ivory. Rasa kopi ini terkenal unik karena dipengaruhi oleh enzim pencernaan gajah, yang memecah protein kopi. Harga dari kopi ini fantastis. Per 500 gram dibandrol dengan Rp 6,75 juta.

Nah itu dia kopi termahal dengan harga jutaan. Kopi mana yang kamu ingin cicipi?