×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Cara pelaksanaan wisuda akibat Covid-19, antimainstream

0

N/A

3 Cara pelaksanaan wisuda akibat Covid-19, antimainstream

Foto: Farooq Sharif dari Pixabay

Wisuda tahun 2020 akan menjadi tahun yang tak terlupakan bagi kampus mana pun dalam menyelenggarakan wisuda.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

24 / 07 / 2020 11:10

Wisuda bisa jadi momen yang banyak dinantikan mahasiswa. Momen ini dianggap sebagai perayaan atas tuntasnya proses mencari ilmu di bangku perkuliahan yang banyak dibumbui dengan kenangan manis maupun pahit. Namun ada juga yang menanggapi biasa saja perayaan wisuda ini karena menganggapnya hanya sebagai hura-hura sesaat.

Namun wisuda tahun 2020 mungkin akan menjadi momen wisuda yang bikin nyesek dan membuat tertawa kecil. Karena wabah Corona yang melanda Indonesia mulai awal Maret ini membuat banyak universitas yang menunda bahkan mungkin beberapa ada yang meniadakan.

Walau mustahil mengadakan wisuda secara normal, namun beberapa universitas tetap mengadakan wisuda dengan beberapa cara. Bisa jadi selain untuk menyenangkan para mahasiswa yang sudah berjuang, juga memberikan kenangan selama belajar di sana. Kira-kira apa saja? Berikut rangkumannya.

1. Wisuda online atau daring.

3 Cara pelaksanaan wisuda akibat Covid-19, antimainstream

Loading...

Foto: tasikmalaya.pikiran-rakyat.com

Selain sistem perkuliahan yang dibuat online, beberapa universitas juga memilih mengadakan wisuda secara online. Seperti UNS di Surakarta dan Universitas Cendrawasih di Papua. Dua universitas ini digadang-gadang menjadi universitas yang mengadakan wisuda secara online pada bulan Mei 2020. Universitas Cendrawasih melakukan pemindahan toga oleh orang tua masing-masing di rumah. Kira-kira praktis atau malah nyesek kalau diingat?

2. Wisuda dengan robot pengganti.

3 Cara pelaksanaan wisuda akibat Covid-19, antimainstream

Foto: inet.detik.com

Penggunaan robot pengganti mahasiswa saat wisuda ini sempat viral beberapa waktu lalu. Universitas Business Breakthrough di Tokyo, Jepang menggunakan robot sebagai pengganti mahasiswanya. Bagian kepala robot diganti dengan layar monitor yang menampilkan wajah tiap wisudawan dan wisudawati. Robot-robot itu juga tampil lengkap mengenakan topi dan toga wisuda.

3. Wisuda drive thru.

Wisuda sistem ini juga banyak dipakai di jenjang SMA dan universitas. Seperti wisuda yang diselenggarakan UNS pada Juni 2020, bahkan ada yang menggunakan transportasi antimainstream seperti becak, andong, dan kendaraan listrik rakitan mahasiswa.

Selain UNS yang pernah mencoba wisuda drive thru, Universitas Muria Kudus juga dikabarkan akan menggunakan sistem serupa. Yang mana wisuda dilakukan pada Sabtu dan Minggu serta selesai pada akhir bulan Juli 2020.

Kira-kira jika kamu yang terpaksa atau memang bernasib seperti ini bagaimana? Justru senang karena praktis dan tidak sumpek karena berkerumun atau malah ingin nangis tapi juga ngakak? Sabar, ya, karena yang penting itu ilmu yang diperoleh selama kuliah. Wisuda bisa diumpamakan sebagai pesta kecil atas usaha para mahasiswa.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

wisuda 2020
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red