Sering kali kita mendengarkan lagu pada acara maupun iklan baik itu di TV, radio, cafe, atau mal. Kemudian kamu menikmati lagunya, namun setelah lagu itu usai rasa kecewa muncul saat tidak tahu judulnya, penyanyinya, lupa liriknya, dan hafal "Na na na na nya" saja.

Jika lirik lagu itu menggunakan bahasa Indonesia kamu masih dengan mudah dapat mencarinya di pencarian Google. Tapi, jika lagu tersebut dalam bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Spanyol, maupun bahasa lainnya maka kamu akan merasa kesulitan menemukan judul lagunya. Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir karena dengan aplikasi android pendeteksi lagu berikut ini kamu dapat dengan mudah menemukan informasi lagu yang diinginkan.

1. Shazam

3 Aplikasi canggih ini bantu kamu cari judul lagu dengan mudah

foto: www.shazam.com

Shazam merupakan aplikasi yang dapat membantu kamu mendeteksi musik judul lagu dan penyanyinya sekaligus. Aplikasi pintar ini sudah diunduh 100 juta kali oleh pengguna android. Shazam memiliki tampilan yang intuitive sehingga mudah digunakan dalam mencari keterangan dari lagu yang sedang diputar.

Buka aplikasi Shazam kemudian dekatkan ponsel ke speaker atau sumber suara, lalu tap tombol berwarna biru. Dari sini, ia akan mencari dan mengidentifikasinya secara online. Kamu hanya perlu melakukan beberapa kali tapping maka kamu sudah bisa mengetahui informasi lagu yang diputar mulai dari judul, link, video bahkan lirik dari lagu tersebut.

2. SoundHound Music Search

3 Aplikasi canggih ini bantu kamu cari judul lagu dengan mudah

foto: soundhound.com

Buka aplikasi SoundHound Music Search kemudian dekatkan ponsel ke speaker atau sumber suara, lalu tap tombol berwarna orange. Tunggu beberapa detik, aplikasi ini akan menampilkan semua informasi yang kita butuhkan seperti judul dan penyanyinya, link untuk mencari lirik lagu, pilihan untuk membeli lagu, cover album, dan video klip yang tersedia di YouTube. Sebagai tambahan untuk mengingat kapan lagu tersebut didengar, kamu dapat menyimpan lokasi di mana pertama kali lagu tersebut diidentifikasi.

Aplikasi ini juga dapat mencari lagu dengan cara kamu menyanyikan atau bersenandung dekat microphone smartphone ketika membuka SoundHound. Dengan fitur hebat yang dimiliki maka tak heran bila aplikasi ini sudah diunduh 50 juta kali oleh pengguna android

3. MusiXMatch

3 Aplikasi canggih ini bantu kamu cari judul lagu dengan mudah

foto: musixmatch.com

Aplikasi MusiXMatch ini merupakan aplikasi pemutar lagu seperti Joox dan Spotify namun didalam aplikasi ini kamu juga bisa menemukan judul lagu yang kamu dengar. Menariknya lagi ketika kamu lupa dengan judul lagu yang kamu dengarkan, kamu hanya perlu menuliskan lirik dari lagu tersebut. Nanti, aplikasi MusiXMatch akan melacak musik itu dan akan menampilkan judul beserta penyanyinya.

Buka aplikasi MusiXMatch kemudian dekatkan ponsel ke speaker atau sumber suara, lalu klik fiture "Identifikasikan Lirik". Tunggu sejenak, aplikasi ini akan menampilkan informasi yang kita butuhkan seperti judul dan penyanyinya, dan lirik lagu.