×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
2 Film dengan plot nonlinear yang mengecoh, kamu udah nonton?

0

Film

2 Film dengan plot nonlinear yang mengecoh, kamu udah nonton?

Samakah yang kamu pikirkan saat mulai menonton film-film ini dan sesudah menontonnya?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fikri Alfathan

11 / 05 / 2018 15:22

Narrative style nonlinear merupakan plot yang dapat mengecoh penontonnya. Di film Arrival, plot nonlinear ini digunakan untuk membungkus sebuah plot twist. Sedangkan di film Dunkirk digunakan untuk memperlihatkan perbedaan sebuah situasi dari berbagai perspektif.

Penasaran? Yuk simak tipe plot nonlinear ini dalam dua film berikut.

1. Arrival.

Untuk film Arrival, kita tak diberitahu adegan-adegan Louise (Amy Adams) bersama anaknya adalah sesuatu yang terjadi di masa depan sampai ketika Louise sadar akan hal tersebut ketika dia sedang berbincang bersama para alien. Awalnya, adegan-adegan Louise bersama anaknya tersebut terkesan seperti sebuah flashback karena sang sutradara menggunakan crosscuts di latar waktu utama film untuk menunjukan Louise (akan) memiliki anak.

2 Film dengan plot nonlinear yang mengecoh, kamu udah nonton?

Loading...

2. Dunkirk.

Di film Dunkirk, nonlinear storytelling dari Christopher Nolan kurang lebih mirip storytelling serial yang diproduksi oleh adiknya yaitu Westworld. Bedanya, di Dunkirk lebih lebih jelas karena beberapa adegan sangat terlihat jelas adalah adegan yang sama dari perspektif berbeda. Ada 3 timeline yang berarti ada 3 perspektif disajikan oleh film ini. Tiap perspektif memiliki kesan adegan dan musik yang berbeda yang membuat perspektif-perspektif tersebut sangat unik dan berbeda dari perspektif lainnya.

2 Film dengan plot nonlinear yang mengecoh, kamu udah nonton?

Perlu dicatat untuk yang belum menonton Dunkirk, 3 perspektif tersebut tentunya berfokus pada 3 karakter berbeda dan dengan permulaan waktu yang berbeda pula. Masing-masing perspektif berakhir dengan waktu dan durasi yang juga berbeda. Maka dari itu, beberapa adegan tiba-tiba malam tetapi ketika berpindah ke adegan lain sudah siang. Itu karena salah satu dari 3 perspektif tersebut memiliki cerita yang lebih panjang ketimbang perspektif lainnya. 

Source







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red