×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
15 Pulau buatan ini kecantikannya tak kalah dengan pulau alami

0

Jalan-Jalan

15 Pulau buatan ini kecantikannya tak kalah dengan pulau alami

Ada yang berbentuk pohon, bahkan peta dunia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

18 / 02 / 2019 10:20

Di dunia ini terdiri dari daratan dan lautan di mana lautan lebih mendominasi dengan persentase 2/3 dari total luas permukaan Bumi, sedangkan daratan mendapatkan sisanya. Di antara daratan-daratan tersebut juga ada yang disebut dengan pulau. Pulau adalah suatu daratan atau sebidang tanah yang lebih kecil daripada benua, namun lebih besar daripada karang. Kebanyakan pulau-pulau di dunia adalah pulau alami yang muncul dengan sendirinya ataupun akibat dari penurunan muka air laut lalu pulau tersebut muncul. Namun semakin ke belakang semakin banyak pulau artifisial atau buatan yang muncul di dunia ini. Entah itu dibuat untuk kepentingan wisata, bisnis, lingkungan, dan sebagainya. Kita cari tahu yuk apa aja pulau-pulau buatan paling keren yang ada di dunia saat ini.

1. Thilafushi.

Thilafushi

Thilafushi adalah pulau buatan yang terletak di sebelah barat Malé, di Maladewa. Secara geografis pulau ini merupakan bagian dari saluran Vaadhoo, yang terletak di antara Atol Kaafu, Giraavaru dan Gulhifalhu. Dibangun di atas terumbu karang yang direklamasi pada tahun 1992, tempat ini merupakan tempat pembuangan lebih dari 300 ton sampah. Dikabarkan tumbuh sekitar 0,92 meter persegi sehari, pulau ini telah menarik beberapa pengusaha untuk mengelolanya.

 

Loading...

2. Balboa Island.

Balboa Island

Pulau Balboa di Pantai Newport California adalah gugusan tiga pulau artifisial atau buatan yang meliputi Pulau Balboa, Pulau Little Balboa, dan Pulau Collins. Ada sebuah jembatan yang menghubungkan komunitas Pulau Balboa ke daratan utama, dengan kapal feri yang menghubungkan keduanya. Dengan sekitar 3.000 penduduk setiap 0,52 kilometer persegi, pulau ini adalah salah satu pulau dengan komunitas terpadat di Orange County.

 

3. Artificial Island for Tokyo Disneyland.

Tokyo Disneyland Island

Tokyo Disneyland adalah taman hiburan internasional yang terkenal di Jepang, terletak di sebuah pulau buatan manusia di Urayasu, Chiba. Tokyo Disney Resort adalah salah satu tempat wisata terbesar dan merupakan taman Disney pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat dan merayakan ulang tahun ke-30 pada tahun 2018 kemarin. Resor pulau ini memiliki lima hotel yang bisa dijangkau cukup dengan berjalan kaki karena berada di dalam area theme park, dan juga berdekatan dengan empat bandara Jepang.

 

4. Wilingdon Island.

Willingdon Island

The Willingdon adalah pulau buatan terbesar di negara ini. Pulau ini merupakan bagian dari Kota Kochi, di Kerala. Sebagian besar berasal dari Danau Kochi dibangun dengan mengisi tanah keruk di sekitar pulau alami yang ada sebelumnya. Pulau ini berperan penting sebagai rumah bagi Pelabuhan Kochi dan Pangkalan Angkatan Laut Kochi, serta tempat-tempat lainnya. Ada beberapa hotel dan pusat bisnis di pulau ini.

 

5. Venetian Artificial Islands.

The Venetian Islands

Proyek The Venetian Islands di Biscayne Bay adalah gugusan pulau buatan manusia yang dihubungkan oleh jembatan dari daratan Miami ke Pantai Miami di Florida. Ini merupakan salah satu set pulau yang paling menonjol di antara banyak pulau buatan di Miami. Pulau-pulau itu termasuk Belle Isle, Rivo Alto, Di Lido, San Marino, San Marco, dan Biscayne. Flagler Monument berada di pulau yang dibangun pada tahun 1920 ini.

 

6. Kamfers Dam Island.

Kamfers Dam Island

Di Danau Kamfers Dam di Afrika Selatan terdapat sebuah pulau buatan yang berbentuk "S" raksasa di utara Kimberley. Pulai ini telah menjadi tempat berkembang biak yang penting bagi Lesser Flamingo sejak pembangunannya oleh Ekapa Mining menggunakan 26.000 ton bahan, dilakukan kembali pada tahun 2006, dengan hampir 50.000 flamingo tinggal di pulau ini. Namun karena kualitas air yang memburuk dan naiknya permukaan air, pulau ini dalam bahaya.

 

7. The Pearl-Qatar.

The Pearl-Qatar

Pearl-Qatar adalah pulau buatan manusia seluas hampir 4 juta meter persegi, di Doha, Qatar. Merupakan lahan pertama di Qatar yang tersedia untuk kepemilikan bebas tanah oleh warga negara asing. Pulau ini mengalami peningkatan populasi dari 3.000 jiwa pada tahun 2011 menjadi 12.000 jiwa pada tahun 2015. Dikembangkan oleh United Development Company, proyek ini diharapkan dapat mengakomodasi fasilitas hiburan hebat bagi penduduk serta turis.

 

8. Artificial Islands of Uros.

Los Uros Islands

Kepulauan Uros di Peru terbuat dari alang-alang yang tumbuh di sepanjang tepi Danau Titicaca, Puno, dengan menggabungkan buluh-buluh ini ke platform pulau terapung. Masing-masing pulau buatan ini memiliki 2-10 buluh rumah, tergantung pada ukurannya. Pulau terbesar bahkan memiliki menara penjagaan. Namun, wisatawan mempengaruhi budaya tradisional masyarakat Uros. Masalah lingkungan dan kesehatan juga meningkat di sini.

 

9. Spiral Island.

Spiral Island

Spiral Island di Meksiko adalah pulau buatan manusia yang mengapung, dalam arti sebenarnya. Pulau ini dibangun oleh seniman Inggris Richard "Reishee" Sowa pada tahun 1998 menggunakan lebih dari seperempat juta botol plastik. Pulau ini dihancurkan oleh badai Emily pada tahun 2005. Namun, pulau itu mulai dibangun kembali untuk membuatnya lebih besar dan lebih baik. Sejak 2008, sebuah pulau pengganti bernama Joyxee Island telah dibuka untuk pengunjung dan wisatawan.

 

10. Peberholm.

Peberholm

Peberholm adalah pulau buatan yang terletak di bagian Denmark-nya selat Öresund sebagai bagian dari Jembatan Öresund yang menghubungkan Denmark dengan Swedia. Pulau kecil namun indah ini dibangun dengan tujuan memiliki titik persimpangan antara jembatan dan terowongan untuk dijadikan penghubung bebas hambatan antara Swedia dan Denmark. Hanya ahli biologi yang diizinkan setiap tahun di sini untuk melestarikan ekologinya.

 

11. The THUMS Island.

THUMS Island

Kepulauan THUMS di San Pedro Bay adalah satu set pulau buatan manusia di lepas Pantai Long Beach, California. Dibangun pada tahun 1965 untuk memasuki East Wilmington Oil Field, pulau ini adalah satu-satunya pulau minyak yang didekorasi di AS, dengan struktur yang tinggi untuk menyembunyikan rig pengeboran termasuk The Condo, air terjun, dan lansekap yang signifikan. Pulau Grissom dan Pulau Freeman adalah yang paling indah di antara gugusan pulau-pulau di sini.

 

12. Amwaj Artificial Islands.

Amwaj Islands

Kepulauan Amwaj I Bahrain adalah sekelompok pulau buatan manusia di Teluk Persia. Pulau-pulau ini direklamasi dari laut dangkal. Ini adalah proyek perintis untuk menawarkan kepemilikan 100% gratis kepada ekspatriat di Bahrain. Baru-baru ini, pulau ini menjadi cocok untuk keperluan perumahan dengan infrastruktur lengkap seperti bangunan komersial, perumahan, hotel, dan marina bundar.

 

13. Île aux Cygnes.

Île aux Cygnes

Île aux Cygnes di Perancis adalah sebuah pulau buatan kecil di Seine di Paris, terletak di arondisemen (pembagian daerah) ke-15 dan ke-16 di Prancis. Dibentuk pada tahun 1827 untuk melindungi pelabuhan Grenelle. Ada tiga jembatan yang melintasinya, dan sebuah jalan setapak dengan pohon berjajar di sepanjang jalan. Salah satu fitur utama dari pulau ini adalah replika Patung Liberty berskala 1 banding 4, yang menghadap ke arah Patung Liberty asli di New York.

 

14. The Palm Jumeirah.

The Palm Jumeirah

Palm Jumeirah adalah salah satu dari tiga set pulau buatan manusia, Kepulauan Palm, di pantai Dubai, di Uni Emirat Arab. Kepulauan ini dibangun menggunakan metode reklamasi tanah oleh perusahaan milik pemerintah UEA, Nakheel. Berbentuk seperti pohon palem, pulau yang ini merupakan yang asli dan terkecil di antara tiga pulau Palm di mana yang dua lainnya belum selesai, memanjang ke Teluk Persia.

 

15. The World Islands.

The World Islands

The World Islands di Teluk Persia adalah satu dari sekian banyak pulau buatan di Dubai. Kepulauan ini terbuat dari pulau-pulau kecil yang ditempatkan dalam bentuk peta dunia dengan masing-masing pulau berjarak sekitar 100 meter. Pulau-pulau ini terdiri dari pasir yang dikeruk dari perairan pantai dangkal Dubai. Pembuatan pulau ini dipimpin langsung oleh penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red