×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
15 Fakta menakjubkan mengenai luar angkasa

0

News

15 Fakta menakjubkan mengenai luar angkasa

Banyak sekali film yang menggunakan latar luar angkasa. Namun, bagaimana ya kondisi sebenarnya di sana?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gus Eka

11 / 05 / 2018 10:42

Ekplorasi luar angkasa ternyata sama mengejutkannya dengan film-film yang bertemakan luar angkasa. Wah pasti gak nyangka ya kalau luar angkasa itu benar-benar menakjubkan dan tak hanya sebatas ruang yang luas dan dipenuhi bintang-bintang.

Nah, berikut ini 15 fakta mengejutkan mengenai luar angkasa yang mungkin belum kamu tahu.

1. NASA mencatatkan suara menakutkan di luar angkasa.

The Kepler

foto: The Kepler sumber Reuters/NASA

Loading...

Suara menakutkan apa ya yang direkam oleh NASA? Rupanya Teleskop Luar Angkasa Kepler merekam data dalam bentuk cahaya yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk suara. Hasilnya adalah suara seram semacam suara ambulans dan bip-bip layaknya kapal luar angkasa yang ada di film-film.

Untuk mendapatkan suara itu, NASA menggunakan teknik yang disebut sonifikasi data untuk mengambil sinyal dari gelombang radio, gelombang plasma, dan medan magnet kemudian mengubahnya menjadi trek audio untuk "mendengar" apa yang terjadi di luar angkasa. Wah, seram juga ya!

2. Peluncuran ke luar angkasa itu mahal.

Peluncuran

foto : Peluncuran ke luar angkasa/collectspace.com

Untuk mengirimkan sesuatu ke luar angkasa itu sangat mahal. Misalnya untuk mengirim buah lemon, harus menyiapkan uang USD 2.000 per buahnya. Kebayang kan kalau mau mengirimkan perbekalan selama setahun perlu uang berapa?

Dilansir dari Business Insider, ahli muatan dan insinyur stasiun luar angkasa yakni Ravi Margasahayam mengatakan bahwa setiap pon muatan yang dikirimkan ke luar angkasa terkena biaya $ 10.000. Harganya pun telah meroket karena biaya kargo pesawat luar angkasa Cygnus milik Cykeus sebesar USD 43.180 per pon, dan kapal induk baru SpaceX sekitar USD 27.000 per pon. Wih, mahal banget, per pon lho ya bukan per ton!

3. Matahari terbenam di Mars berwarna biru.

Sunset di Mars

foto : Sunset di Mars/www.syfy.com/

Biasanya kalau kamu menyaksikan sunset alias matahari terbenam di Bumi akan berwarna orange. Ternyata hal ini akan berbeda jika kita menyaksikan matahari terbenam di Mars, warnanya biru lho! Gimana menurut kamu, keren gak kalau sunset-nya berwarna biru?

NASA mengatakan ini karena "debu di atmosfer Mars memiliki partikel halus yang memungkinkan cahaya biru menembus atmosfer lebih efisien daripada warna panjang gelombang lain seperti kuning, oranye, dan merah.

4. luar angkasa itu penuh sampah.

Sampah di ruang angkasa

foto : Sampah di luar angkasa/www.nbcnews.com

Ruang angkasa kini dipenuhi sampah berupa roket, satelit yang sudah tak berfungsi alias mati. The Space Surveillance Network (SSN) melacak berapa banyak puing di luar sana dan siapa yang bertanggung jawab untuk itu. SSN saat ini melacak 23.000 objek yang berukuran lebih besar dari softball.

AS bertanggung jawab atas sampah antariksa terbanyak dengan 3.990 serpihan puing pada 28 Maret 2018. Rusia bertanggung jawab atas 3.959 serpihan puing, diikuti oleh China dengan 3.893. Sampah di luar angkasa ini sangat berbahaya karena kecepatannya tinggi, berjalan tanpa arah dan jika bertabrakan akan menimbulkan ledakan berantai dengan sampah luar angkasa lainnya.

5. Angkasa gak hanya dingin tapi bisa sangat panas.

Astronot

foto : Astronot di angkasa/https://www.theverge.com

Jika kamu menganggap luar angkasa itu dingin, kamu salah. Kenyataannya, suhu di luar angkasa tak semua dingin. Malah bisa jadi sangat panas. Di bagian gelap luar angkasa suhu bisa capai -454 derajat Farenheit atau -270 derajat Celcius, bisa langsung membeku ya!

Namun jika astronot mengorbit di dekat bumi di bawah terpaan sinar mentari, suhu bisa mencapai 250 derajat Farenheit atau 121,111 derajat Celcius yang artinya panasnya seperti air mendidih!

6. Jejak kaki astronot di Bulan bisa bertahan sampai 100 juta tahun.

Jejak kaki astronot

foto : Jejak kaki astronot/NASA

Batuan di Bulan terkikis 0,04 inchi setiap satu juta tahun. Ini berarti bahwa jejak kaki astronot di Bulan dari misi Apollo pada tahun 1969 bisa berada di sana selama 10 hingga 100 juta tahun. Wih lama banget ya!

7. Satu tahun di Venus lebih cepat dari satu hari di sana.

Planet Venus

foto :Planet Venus/csmonitor.com

Wah maksudnya apa ya guys? Singkatnya kalau di Bumi berotasi dari pagi ke pagi memerlukan waktu 24 jam kalau Venus, rotasinya lama banget guys! Saking lambatnya, satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi kita. Nah kalau setahun alias satu kali revolusi Venus mengitari Matahari sama dengan 225 hari waktu di Bumi! Cepatnya Venus memutari Matahari karena jaraknya yang dekat.

8. 15 detik adalah waktu untuk bertahan di luar angkasa tanpa baju khusus astronot.

Sandra Bullock

foto : Sandra Bullock in "Gravity."Warner Bros. Pictures"

Kamu pernah nonton Film Gravity? Nah, di sana perjuangan bertahan hidup di angkasa ditampilkan dengan sangat keras bukan? Kenapa hanya bisa sebentar bertahan di luar angkasa tanpa pakaian astronot?

Rupanya karena tidak adanya tekanan di luar angkasa yang membuat udara mengemban. Alhasil udara di paru-paru kamu bisa merusak jaringan. Akibatnya tubuh menggunakan semua oksigen dalam darah dan akan berujung merusak banyak organ. Serem banget kan!

9. Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) seluas lapangan sepak bola.

ISS

foto : The ISS/NASA

The ISS adalah stasiun Ruang angkasa yang merupakan proyek gabungan 16 negara seperti AS, Rusia, Jepang, 11 negara Uni Eropa, Brazil dan Kanada. Tahukah kamu, adanya proyek gabungan ini membuat stasiun luar angkasa dapat berukuran sangat besar. Hampir seluas lapangan sepak bola dan memiliki berat hingga 41.957 kg atau hampir sekitar 42 ton. Menjadikannya sebagai struktur buatan manusia paling besar yang mengorbit di luar angkasa.

10. Ruang angkasa itu gak kosong.

Ruang angkasa

foto : Ruang Angkasa/NASA

Jika kamu berpikiran di luar angkasa cuman ada planet, bintang, asteroid, komet dan sisanya adalah ruang kosong, maka kamu salah. Karena walaupun disebuat ruang hampa ternyata di luar angkasa bukan ruang hampa udara yang sempurna. Ruang angkasa mengandung kepadatan partikel yang rendah seperti awan debu antar bintang, ruang plasma, dan sinar kosmik.

11. Ruang angkasa bukan tempat yang bebas.

Pembersihan

foto : Astronot NASA Scott Kelly (kiri) dan Terry Virts (kanan) bekerja di Carbon Dioxide Removal Assembly(CDRA) di dalam stasiun percobaan milik Jepang./NASA

Jika kamu berpikir akan bebas melakukan apa saja di luar angkasa, ternyata hal itu salah! Ternyata PBB mempunyai aturan bahwa luar angkasa tak boleh menjadi zona perang, uji coba senjata nuklir dan setiap ekspedisi ke luar angkasa, resiko yang timbul harus menjadi tanggung jawab bagi negara yang meluncurkan ekspedisi tersebut.

12. 99,8% massa dari tata surya kita adalah Matahari.

Matahari

foto : Matahari/time.com

Wah dengan presentase sebesar itu, planet dan benda langit lain dalam sistem tata surya kita hanya setitik debu massanya dibanding dengan massa matahari yang mencapai 1.989 × 10 pangkat 30 kilogram. Benar-benar sangat berat ya!

13. Luar angkasa gelap padahal banyak bintang.

Astronot di luar angkasa

foto : Astronot di luar angkasa/NASA

Pasti kamu pernah berpikir kenapa luar angkasa gelap padahal banyak bintang? Rupanya ini disebabkan karena alam semesta tidak statis. Edwin Hubble menemukan bahwa alam semesta mengembang, dan radiasi termal yang tersisa dari Big Bang menempatkan alam semesta pada usia 13,8 miliar tahun.

Kita tak melihat bintang di segala arah karena beberapa bintang belum cukup lama untuk menyinari cahaya mereka agar mencapai kita. Sehingga luar angkasa jadinya gelap deh walau banyak bintang.

14. Galaksi Bima Sakti punya ribuan lubang hitam.

Milky Way

foto : Galaksi Bima Sakti/NASA

Menurut penelitian terbaru, ternyata di galaksi tempat planet kita berada ini banyak terdapat lubang hitam. Bahkan diprediski mencapai 10 ribu lubang hitam! Duh serem ya, semoga jauh-jauh deh dari Planet Bumi!

15. Mungkin ada lebih dari 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000 (1 septiliun) bintang di alam semesta.

Bintang

foto : Hasil dari pengamatan Teleskop Ruang Angkasa Hubble/NASA

Menurut penelitian, Galaksi Bima Sakti mempunyai 100 miliar bintang dan jika diamati dari seluruh alam semesta diperkirakan ada 10 triliun galaksi, maka bisa didapatkan bahwa ada sekitar 1 dengan 24 angka nol di belakangnya alias 1 septiliun bintang di alam semesta ini! Wow, tak terhingga banget ya buat menghitungnya sendirian!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red