×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
15 Cara merawat burung sikatan ninon atau sitrun

0

Binatang

15 Cara merawat burung sikatan ninon atau sitrun

Burung sikatan ninon sangat mudah dijumpai di pasar atau toko burung. Perawatannya pun tidak terlalu ribet.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

gLg 1719

08 / 10 / 2020 13:05

Sitrun atau yang biasa disebut sikatan ninon merupakan burung pemakan serangga yang suka hidup di hutan atau di tempat yang bersuhu dingin seperti di pegunungan. Burung ini memiliki warna bulu yang indah. Selain itu burung sikatan ninon juga memiliki kicauan yang sangat merdu untuk didengar.

Burung sikatan ninon merupakan burung dari keluarga muscicapodae dan bernama latin Eumyas indigo. Burung ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, rata-rata hanya berukuran 14 cm. Burung sikatan ninon hampir sama dengan burung tledekan laut, yang membedakan kedua burung ini adalah kicauan dan warna gelap atau topeng pada wajah burung.

Burung sikatan ninon sangat mudah dijumpai di pasar atau toko burung. Perawatan burung ini juga tidak terlalu ribet. Burung sikatan ninon sangat mudah beradaptasi sehingga tingkat kematian saat dipelihara sangat rendah. Namun hal tersebut juga tergantung bagaimana kamu merawat burung sikatan ninon atau sitrun tersebut.

Berikut ini merupakan 15 cara perawatan burung sikatan ninon atau sitrun.

1. Saat membeli "bahan" atau burung sikatan ninon muda hutan di pasar burung atau toko burung, pastikan burung tersebut dalam keadaan sehat, tidak pilek, dan lainnya.

Loading...

2. Saat sudah memilih bahan burung tersebut pastinya burung akan mengalami stres waktu perjalanan, apalagi menggunakan kantongan. Ketika sudah di rumah, masukkan burung dalam sangkar. Jangan lupa berikan makan full ulat kandang atau kroto dan air minum.

3. Lalu kerudung dan taruhlah burung di tempat yang aman, nyaman, atau sepi dari gangguan lalu lalang orang, suara kucing, dan lainnya.

4. Biarkan dulu full kerudung selama beberapa hari agar burung mau makan atau nyaman dalam sangkar. Pastikan selama beberapa hari full kerudung cek makan dan minumnya. Jika habis isi lagi makanan dan minumannya. 

5. Saat burung sudah dirasa tenang atau sudah tidak begitu stres, baru ajari burung makan voer, yaitu dengan cara mencampur ulat kandang dan voer halus 1:1 atau bisa juga menggunakan kroto dicampur dengan voer halus 1:1. Untuk mengajari burung makan voer pastikan setiap mengganti atau mengisi pakan lihat kotorannya. Jika kotoran sudah ada warna seperti voer yang kamu berikan berarti burung tersebut sudah mau makan voer. Tapi ingat jangan langsung diberi voer total karena burung masih dalam tahap adaptasi pada pakan.

6. Saat burung sudah makan voer barulah bisa dilakukan perawatan harian agar cepat hebat dan mulai proses penjinakan burung sikatan ninon.

7. Pada tahap awal embunkan burung sekitar jam 5 pagi saat matahari belum terbit.

8. Jam 7 atau jam 8 pagi ambil pakan lalu burung bisa dimandikan dengan cara disemprot embun halus. Jangan lupa sangkar dibersihkan dari kotoran burung agar burung merasa nyaman dan sehat.

9. Setelah memandikan burung usahakan memberi makan burung dengan tanganmu. 

10. Jemur burung sekitar 15 menit sampai 30 menit tergantung tempatmu memelihara burung tersebut. Untuk penjemuran saya sarankan cukup 1 minggu sekali dan jangan terlalu lama karena burung sikatan ninon tidak suka panas.

11. Setelah proses tersebut baru masukkan pakan burung dan gantung di tempat yang sering ada orang berlalu lalang seperti dekat pintu. Jangan menggantung terlalu tinggi agar burung cepat beradaptasi.

12. Untuk extra fooding sikatan ninon atau pakan selain voer kamu dapat menambahakan kroto 2 hari sekali 1 cepuk kecil. Atau bisa juga ulat kandang 1 cepuk kecil tiap hari atau ulat hongkong 7-5 ekor setiap hari.

13. Saat sore hari sekitar jam 5-6 sore masukkan burung dengan dikerudung tipis saja dan taruh di tempat yang agak ramai seperti tempat nonton TV atau ruang tamu.

14. Untuk "pemasteran" bisa dilakukan jam 8 malam sampai 5 pagi dengan suara lembut. Jangan terlalu keras agar burung saat istirahat tidak terganggu. 

15. Lakukan hal tersebut selama beberapa minggu dan konsisten, dijamin hasil tidak akan mengecewakan.

Jika dipelihara dengan baik, burung sikatan ninon pasti akan hebat dan ketika berbunyi sangat menenangkan suasana. Sekian tips perawatan burung sikatan ninon atau sitrun dari penulis. Salam kicau mania!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red