Ada begitu banyak hal di dunia ini yang memiliki hubungan unik dengan sesuatu yang tak terduga, seperti penemuan suatu benda yang justru berawal dari kejadian yang tak berkaitan erat dengan benda tersebut.

Percayakah kamu bahwa ada hubungan antara karya seni dan bom nuklir di masa lalu? Atau apa hubungannya antara bangsa Viking dengan trik iklan terbaik dalam sejarah penemuan pulau Greenland?

Nah, berikut adalah 13 hal yang memiliki hubungan unik di dunia seperti dikutip dari brightside.me pada Rabu (19/12).

1. Karya seni dan senjata nuklir.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Ledakan nuklir pertama di dunia menyebabkan sejumlah kecil partikel isotop radioaktif seperti cesium-137 dan strontium-90 menutupi lapisan udara di Bumi. Semua lukisan yang dibuat setelah tahun 1945 mengandung partikel-partikel radioaktif ini.

Isotop yang terkontaminasi tanah, termasuk dalam rami dan minyak biji rami, yang keduanya digunakan untuk memproduksi cat modern yang salah satunya digunakan para pelukis untuk membuat lukisannya.

Jadi mustahil untuk membuat replika sempurna karya-karya lukis terkenal di masa lalu (seperti karya Rembrandt atau Leonardo dan Vinci). Faktanya, ada pemeriksaan khusus yang dapat membantu para ahli untuk bisa membedakan mana karya asli dan karya palsu.

2. Celana ketat dan olahraga Speed Skating.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Suatu ketika, seorang atlet Speed Skating asal Uni Soviet (sekarang Rusia), Viktor Kosichkin, berpartisipasi dalam kejuaraan di Davos, Swiss. Tiba-tiba cuaca menjadi sangat dingin dan dia meminta wanita dari Jerman untuk memberinya sesuatu yang bisa menghangatkan tubuhnya saat itu. Wanita itu hanya memiliki celana ketat dan memberikannya pada Kosichkin. Entah karena celana ketat tersebut atau tidak, faktanya Kosichkin berhasil menjadi juara kedua saat itu.

Kosichkin sangat menyukai efek dari penggunaan celana ketat tersebut sehingga dia membeli lebih banyak lagi celana ketat dan sweater hitam ketat, dan dia mencoba menggunakannya lagi saat mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade waktu itu. Selama Olimpiade berlangsung, Kosichkin berhasil meraih juara satu dan dua.

Entah terinspirasi atau tidak, pada akhirnya pakaian yang unik ini menjadi seragam resmi Speed Skating.

3. Kode CAPTCHA dan buku-buku lama.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Kode CAPTCHA bukan hanya sekumpulan huruf yang melindungi situs web dari spam. Jika kamu pernah menggunakan kode ini di suatu situs dan berhasil, hal ini justru membantu memecahkan teka-teki. Kok bisa?

Hal ini dikarenakan dalam kode CAPTCHA menggunakan kata-kata yang dipindai dari buku-buku dan surat kabar lama yang gagal dikenali oleh sistem komputer dan hanya manusia yang bisa membaca teks tersebut. Sistem ini membedakan mana orang asli dan bukan, mengumpulkan berbagai varian dari satu dan simbol yang sama, dan memasukkannya kedalam e-book.

Karena kode CAPTCHA inilah ada sekitar 200 juta teka-teki baru yang diselesaikan setiap harinya!

4. Tikus, ranjau darat, dan tuberkulosis.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Tikus raksasa adalah salah satu pekerja paling berharga di Tanzania. Berkat kecerdasan dan indera penciumannya yang sangat tajam, hewan ini sangat diperlukan dalam pencarian ranjau yang tersebar di beberapa wilayah negara Afrika tersebut yang diakibatkan oleh perang.

Tikus yang menyelesaikan pelatihan mereka disebut sebagai Tikus Pahlawan dan bahkan mereka dipekerjakan di negara lain seperti Kamboja. Dari dunia kesehatan, ternyata tikus ini juga sangat berjasa loh. Dengan indera penciuman mereka yang tajam itu pulalah mereka bisa membantu mendiagnosa tahap awal penyakit tuberkulosis. Wow.

5. Telegraf dan cerita sedih penemunya.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Samuel Morse adalah seorang seniman hebat dan mungkin akan mengabdikan hidupnya untuk itu jika bukan karena satu peristiwa yang menyedihkan. Suatu ketika dia menerima sepucuk surat dari ayahnya yang mengatakan bahwa istrinya baru sembuh setelah menderita penyakit serius. Dan 3 hari kemudian, dia menerima surat lagi yang mengatakan bahwa istrinya telah meninggal. Karena sarana komunikasi yang lambat inilah, Morse tidak memiliki kesempatan untuk mengatakan Selamat Tinggal kepada mendiang istrinya.

Tujuh tahun setelah kejadian memilukan itu, Morse tak sengaja bergabung dengan percakapan yang membahas tentang listrik dan mulai berpikir tentang bagaimana menciptakan alat komunikasi yang mudah dan cepat pada waktu itu.

Membutuhkan waktu 12 tahun lamanya hingga akhirnya alat tersebut diciptakan, ya, itulah Telegraf. Dan pesan pertama yang dikirim via telegraf dari Washington ke Baltimore adalah,WHAT HATH GOD WROUGHT! (APA YANG MEMBUNUH TUHAN!).

6. Burung merpati dan kanker.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Para ilmuwan dari Amerika Serikat berhasil mengajarkan burung merpati bagaimana menemukan sel-sel ganas kanker menggunakan histologi. Jika dibandingkan dengan manusia, merpati memiliki dua keuntungan, yaitu persepsi warna yang ditingkatkan dan tidak memiliki imajinasi (burung tidak dapat membayangkan sesuatu dan dengan demikian, tidak ada keraguan ketika mereka membuat diagnosis).

Setiap merpati mendapatkan porsi pelatihan yang sama. Ketika seekor burung menjawab dengan benar, para ilmuwan akan member mereka makanan. Dalam sebulan pelatihan, semua merpati dapat menjawab benar hingga 80%. Yang lebih luar biasanya lagi, tingkat akurasi jawaban itu mencapai 99%. Wow.

7. Warna pink dan maskulinitas.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Pada awalnya, warna pink dianggap sebagai warna untuk anak laki-laki dan biru dianggap sebagai warna untuk anak perempuan. Warna putih dianggap cocok untuk anak perempuan dan laki-laki. Kecenderungan ini mulai berubah pada abad ke-20 dengan bantuan gerakan dan pemasaran dari kamu feminis hingga akhirnya terjadi perpindahan persepsi pink untuk perempuan dan biru untuk laki-laki. Hal ini menyebabkan para orang tua pada saat itu (dan hingga sekarang) membeli pakaian dengan warna tertentu, bahkan sebelum bayinya dilahirkan.

Pada kenyataannya, studi psikologi membuktikan bahwa anak-anak tidak memiliki preferensi warna bawaan. Sikap anak laki-laki terhadap warna merah muda didasarkan pada opini publik saja.

8. Medali olimpiade dan seni.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Kebanyakan orang akan berpikir bahwa Olpimpiade hanyalah gelaran akbar untuk olahraga saja, dan yang paling mengandung nilai artistik biasanya berasal dari cabang olahraga senam. Namun, di pertengahan abad ke-20, dari tahun 1912 hingga 1948, ada kompetisi khusus seni yang dinamakan Olimpiade Seni.

Ide ini dicetuskan oleh pendiri gerakan Olimpiade sendiri, Pierre de Coubertin, yang percaya olahraga dan seni berkontribusi pada kesehatan mental dan fisik. Dia berpikir bahwa karya seni seharusnya dihubungkan dengan olahraga. Medali diberikan untuk karya seni yang terinspirasi oleh olahraga yang dibagi menjadi 5 kategori, yaitu arsitektur, sastra, musik, lukisan, dan patung.

9. Printer dan sidik jari.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Kebanyakan mesin printer laser memiliki sidik jari mereka sendiri yang disebut Yellow Dots atau titik-titik kuning. Ini adalah tanda khusus yang menciptakan pola unik ketika gambar sedang dicetak. Langkah-langkah tersebut ditujukan untuk melawan pemalsuan. Ada juga situasi ketika metode ini membantu menyelidiki kasus kebocoran informasi.

Teknologi serupa sedang dikembangkan untuk printer 3D, dan mereka memiliki keunikannya masing-masing. Ini sangat berguna bagi pihak kepolisian karena mereka akan memiliki alat untuk melawan peredaran barang-barang serupa tapi palsu di kemudian hari.

10. Matahari dan bersin.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Menurut data para ilmuwan, satu dari empat orang di dunia bersin karena sinar matahari yang cerah. Ini adalah sifat genetik yang diturunkan (peluang untuk mewarisinya adalah 50%). Iritasi pada retina menyebabkan serangkaian bersin di mana saja dari 1 hingga 10 kali bersin, kemudian berhenti selama 24 jam berikutnya. Refleks yang sama juga ditemukan ketika jarum ditempatkan dekat dengan mata seseorang. Apakah kamu sering bersin ketika matahari sedang cerah-cerahnya? Tenang saja, kamu tidak sendirian kok.

11. Anjing dan perekat hook and loop.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Penemuan perekat hook and loop (bagi sebagian orang Indonesia menyebutnya dengan pita perekat) ternyata tidak terlepas dari peran seekor anjing. Setelah pulang dari jalan-jalan dengan hewan peliharaannya, Georges de Mestral, seorang insinyur berkebangsaan Swiss, memutuskan untuk melihat lebih dekat pada gerinda yang menutupi bulu anjingnya di bawah mikroskop. Ternyata biji berduri bengkok, terlihat seperti kait yang disambungkan dengan bulu anjingnya.

Karena penelitiannya inilah Mestral melihat adanya kemungkinan mengikat dua materi secara terbalik dengan cara yang sama sederhananya dengan gerinda di bulu anjingnya. Setelah beberapa kali percobaan selama 10 tahun lamanya, ia mendapatkan hak paten atas temuannya tersebut dan mendirikan perusahaan yang memproduksi hook and loop secara massal.

12. Bangsa Viking dan iklan.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Eric the Red adalah seorang musafir dari bangsa Viking yang pertama kali menemukan pulau Greenland di benua Amerika bagian utara. Dia adalah orang pertama yang menggunakan trik pemasaran hebat dengan menggunakan nama keren untuk menarik lebih banyak orang untuk mau mendiami Greenland. Eric menamai tanah itu hijau meskipun pada kenyataannya kawasan itu hampir sepenuhnya tertutup es dan berwarna putih.

Dengan menggunakan trik ini, dia mencoba menarik sebanyak mungkin kolonis. Metode ini benar-benar berhasil, dalam setahun setelah dia membuat iklan tersebut sudah banyak orang pindah ke Greenland.

13. Wahana gravitasi dan perbuatan maksiat.

13 Kejadian di dunia ini ternyata saling berhubungan lho

(foto: brightside.me)

Pada akhir abad ke-19, penemu LaMarcus Thompson membuka taman hiburan terbesar di AS, tepatnya di Coney Island. Menariknya, tujuan utama dibuatnya taman ini adalah untuk menarik perhatian banyak orang yang pada saat itu justru tertarik berbuat maksiat seperti mengunjungi salon dan rumah bordil.

Dia mengundang para tamu untuk menikmati pemandangan yang indah (misalnya Pegunungan Alpen) saat menaiki kereta kecil. Baginya, inilah cara paling popular untuk memulai adrenalin dibandingkan berbuat maksiat. Wah, baik sekali niat orang ini ya.