Kehidupan dimulai saat kamu berusia 30 tahun. Saat itulah akhirnya kamu mendapatkan perasaan kesadaran dan kemandirian dan memahami aspirasi dan harapan sejatimu. Namun, untuk mewujudkan impianmu dan mendapatkan kesuksesan maksimal di semua bidang kehidupan, ada baiknya mempelajari beberapa hal berikut.

Dilansir dari brightside.me, artikel ini memilih 12 hal penting yang harus dilakukan setiap orang pada usia 30 tahun.

1. Menemukan pekerjaan yang kamu sukai.

Setelah lulus dari universitas, kamu telah mencoba dengan berganti pekerjaan, kantor, gaji dan profesi. Tetapi pada usia 30 tahun sangat penting untuk menemukan pekerjaan yang akan membawamu kepuasan di mana kamu akan berusaha untuk pengembangan lebih lanjut dan naik tangga karier.

2. Belajar memasak.

Kamu bisa saja tidak suka memasak atau hafal semua resep Gordon Ramsay, tapi bagaimanapun, kamu harus memiliki hidangan yang benar-benar kamu kuasai melebihi orang lain. Eksperimen dan jangan takut untuk menambahkanhal baru ke piringmu untuk menguasai keterampilan ini. Memiliki hidangan khas akan memberimu rasa percaya diri ketika dihadapkan dengan tamu penting di rumahmu.

3. Pahami siapa teman sejatimu.

Ketika masih muda, kamu dikelilingi oleh banyak orang dan dengan mudah mendapatkan kenalan baru. Sangat sering kamu secara keliru berpikir bahwa mereka semua adalah temanmu.Namun, setelah beberapa waktu mereka menghilang dan hanya teman sejati yang tetap dekat denganmu, yaitu mereka yang akan membantumu ketikasedih dan mereka yang akan bersukacita tentang kesuksesan bersamamu. Hargai orang-orang yang sudah teruji oleh waktu dan jangan berpegang teguh pada siapa pun di sekitarmu.

4. Berhentilah menceritakan detail kehidupan pribadimu.

Ingatlah bahwa jika ingin menjaga hubungan tetap kuat, kamu tidak harus memberi tahu semua orang tentang masalahmu dan pasanganmu hadapi. Jika kamu merasakan keinginan untuk melakukannya dan ingin berbagi kekhawatiran dengan seseorang, kunjungi psikoterapis.

Seorang profesional akan mendengarkanmu dengan cermat dan akan membantu menganalisis tindakan yang harus kamu dan pasanganmu lakukan. Semua hal ini akan memberimu kesempatan untuk melihat diri sendiri tidak hanya dari posisi korban, tetapi kamu juga akan melihat kelemahanmu sendiri dan sebagai hasilnya kamu akan menemukan jalan keluar yang tepat dari situasi yang diberikan.tersebut.

5. Prioritaskan sesuatu dengan benar.

Kebanyakan orang seperti berlomba dalam hidup, berusaha melakukan hal sebanyak mungkin. Tetapi setelah waktu berlalu sadar bahwa apa yang selama ini dilakukan hanya fokus pada hal-hal kecil dan mengabaikan hal-hal yang penting. Penting untuk belajar memprioritaskan dan melakukan apa yang benar-benar kamu inginkan sesering mungkin.

6. Mencari uang dan berlibur.

Kurang istirahat menyebabkan kelelahan mental dan fisik serta mengurangi tingkat efisiensimu secara keseluruhan. Itu sebabnya lebih baik menghabiskan uang dengan liburan yang layak daripada membeli ponsel terbaru. Setelah mendapatkan istirahat yang cukup, kamu dapat bekerja lagi dan mendapatkan lebih banyak. Simpanlah 20% dari gaji bulananmu untuk liburan di masa mendatang.

7. Mendapatkan SIM.

Mendapatkan surat izin mengemudi akan memotivasimu untuk tindakan lebih lanjut. Setelah mendapatkannya, kamu akan mulai berpikir untuk membeli mobil dan karenanya akan meningkatkan tingkat penghasilanmu. Lebih mudah bepergian dengan memiliki SIM sebab kamu selalu dapat menyewa mobil ketika pergi ke luar negeri dan dapat melihat lebih banyak tempat wisata.

8. Penghasilan tambahan.

Pastikan kamu memiliki sumber penghasilan tambahan saat usia 30 tahun, baik berupa pekerjaan lepas, pasif income atau bisnis pribadi. Bahkan bekerja di salah satu perusahaan paling stabil di kotamu tidak dapat menjamin masa depan yang stabil. Itu sebabnya penting untuk menyiapkan diri dengan sumber penghasilan tambahan sehingga kamu dapat menangani situasi kritis apa pun.

9. Punyarumah sendiri.

Tinggal di rumah orang tua memang nyaman, rumah selalu bersih dan selalu ada makanan yang siap menunggu. Namun cepat atau lambat, kamu harus mengambil keputusan untuk pindah dari rumah orang tua dan lebih baik melakukannya saat usia 30 tahun atau sebelumnya. Ini akan membantumu untuk merencanakan anggaran dan mempertimbangkan pengeluaran yang mungkin tidak perlu kamu tanggung. Misalnya pembayaran layanan komunal dan hal-hal kecil lainnya seperti detergen dll.

10. Belajar memberikan pidato di depan umum.

Banyak dari kita merasa canggung ketika ada keharusan untuk memberikan pidato di depan umum, untuk membela sudut pandang pribadi atau untuk sekadar berbicara dengan orang asing. Belajarlah untuk mengatasi ketakutan yang kamu rasakan.

Seseorang yang selalu tenang dan tidak menggunakan kata-kata parasit diterima dengan rasa hormat dan perhatian. Mampu berbicara dengan baik, kamu akan terbebas dari rasa tidak aman, dapat mempresentasikan proyek dengan sukses, membujuk atasan untuk meningkatkan gaji dan dapat menghentikan segala jenis debat atau konflik secara menguntungkan.

11. Membaca literatur klasik.

Kamu mungkin berpikir membaca kembali sastra klasik tidak penting karena hal ini pernah kamu pelajari saat masih sekolah. Percayalah, membaca kembali cerita klasik akan membuatmu sadar banyak detail yang selama ini kamu lewatkan, petunjuk tersembunyi yang selama ini tidak kamu ketahui, dan hal ini juga dapat meningkatkan kesadaranmu akan budaya.

12. Menjaga kesehatan.

Pada saat usia masih muda, menjaga kesehatan mungkin bisa saja dilakukan tanpa latihan fisik. Jika kamu tidak ingin duduk di kursi roda pada usia 50 tahun, kamu harus rutin melakukan latihan fisik di usia 30-an tahun karena otot-otot tubuhmu akan menurun dan metabolisme tubuh akan melambat seiring berjalannya waktu. Lakukan latihan fisik (olahraga) setiap minggu untuk menjaga tubuh tetap sehat.