Batu-batu berjalan sendiri, padang pasir dengan bunga bermekaran, matahari yang tidak pernah terbenam, dan hal unik lainnya. Semua fenomena itu mungkin terdengar seperti latar film fantasi dan serasa tidak mungkin ada di dunia nyata. Tetapi itu semua sebenarnya ada dan benar-benar terjadi di planet kita tergantung pada musimnya.

12 bulan dalam setahun, bisa dipastikan kamu dapat menikmati banyak fenomena ajaib di dunia ini, mulai Januari hingga Desember. Kalau kamu ingin berpetualang dan menyaksikan satu fenomena setiap bulannya, berikut ini yang bisa kamu nikmati mulai awal tahun hingga akhir tahun. Dijamin semuanya keren!

1. Januari: Frozen Bubbles.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Lake Abraham, Alberta, Kanada

Waktu: DesemberFebruari

Pada saat musim panas, Danau Abraham terlihat sama saja seperti danau lain di planet kita ini. Tapi yang bisa kamu lihat di sini pada saat musim dingin bisa dibilang benar-benar ajaib. Bakteri yang hidup di dasar danau mengeluarkan gas metana dalam jumlah besar yang membeku menjadi pilar-pilar oval di bawah permukaan danau yang sangat jernih.

2. Februari: Yosemite Horsetail Firefall.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Yosemite Valley, Yosemite National Park, Amerika Serikat

Waktu: Minggu kedua Februari

Kita semua pasti tahu air terjun, dan mungkin juga sudah banyak dari kita telah melihatnya secara langsung. Tapi bagaimana dengan air terjun api? Terdengar aneh, tapi ternyata memang ada juga di dunia ini. Salah satunya terletak di Taman Nasional Yosemite.

Pada akhir bulan Februari, sinar matahari terbenam pada sudut yang tepat untuk menerangi Horsetail Fall sedemikian rupa sehinggaseolah-olah yang jatuh bukan air, tetapi api yang turunke bawah gunung.

3. Maret: Starling Formations.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Seluruh tempat di Britania Raya

Waktu: JanuariMaret

Burung Jalak berkumpul dalam kelompok dengan ukuran yangbesar dan melakukan trik udara massal yang luar biasa. Mereka terbang ke bawah dan ke atas secara serentak. Kalau dilihat dari jauh seolah-olah mereka adalah satu organisme atau makhluk superbesar di langit, bukan seribu burung yang terpisah. Menurut para ahli, burung jalak berkumpul dalam formasi yang menakjubkan ini untuk bertukar informasi dan menyesatkan pemangsa dengan gerakan menghipnotis mereka.

4. April: Wisteria Blooming.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Seluruh tempat di Jepang

Waktu: Pertengahan April pertengahan Mei

Mungkin kamu pernah mendengar atau tahu tentang festival Bunga Sakura Jepang, tetapi festival ini bukanlah satu-satunya waktu di mana bunga yang musim mekarnya sangat berarti bagi orang Jepang. Selama satu bulan di musim semi di Jepang, kamu dapat menikmati sensasi berjalan melalui terowongan Wisteria yang secara ajaib dibentuk oleh ratusan bunga satu ini. Warnanya bervariasi dari merah dan ungu hingga kuning dan putih. Jika kamu ingin melihat dongeng dengan mata kepala sendiri, inilah yang kamu cari.

5. Mei: Synchronous Fireflies.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Great Smoky Mountains National Park, Amerika Serikat

Waktu: MeiJuni

Kunang-kunang sinkron hanya dapat ditemukan di beberapa tempat di planet ini, dan kalau kamu bisa menemukannya, dijamin akan menjadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup. Selama musim kawin ribuan kunang-kunang itu berkumpul membentuk suatu tampilan yang berkilau dan membuat permainan cahaya secara bersamaan setiap beberapa detik.

6. Juni: Climbing Goats.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Maroko

Waktu: Juni

Kalau kambing memanjat pohon mungkin sudah ada di dunia nyata dan tidak mengherankan. Tetapi fenomena aneh yang satu ini lebih memiliki penjelasan logisnya sendiri. Pohon yang dipanjat kambing ini tidaklah banyak, bahkan cuma satu jenis pohon yaitu pohon argan yang buahnya matang sekitar bulan Juni. Kambing yang lapar tertarik dengan makanan ini dan kadang-kadang pada suatu waktu tertentu kamu bisa melihat sampai selusin dari mereka nongkrong di satu pohon.

7. Juli: Midnight Sun.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Norwegia

Waktu: JuniAgustus

Matahari tengah malam adalah fenomena fantastis yang bisa kamu lihat selama musim panas di mana saja di bagian selatan Lingkaran Antartika dan utara Lingkaran Kutub Utara. Norwegia adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati fenomena ini. Sumbu rotasi Bumi miring yang menyebabkan Kutub Utara condong ke arah matahari di musim panas. Ini menciptakan efek luar biasa yang hanya bisa kamu lihat di area ini selama beberapa minggu di musim panas, yaitu di mana matahari tidak pernah terbenam saat malam hari.

8. Agustus: Spotted Lake Osoyoos.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: British Columbia, Kanada

Waktu: JuliAgustus

Di bulan-bulan musim panas, ketika suhu sedang panas-panasnya, danau ini berubah warna dan bahkan bentuknya pun juga berubah. Saat air menguap, kamu bisa melihat formasi lingkaran berwarna-warni dari garam dan mineral lainnya di dasar danau yang membuat semuanya terlihat seperti pola kulit macan tutul. Di musim panas, danau bisa menjadi putih sepenuhnya.

9. September: Yuncheng Salt Lake.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Yuncheng, China

Waktu: SeptemberOktober

Perairan danau Cina ini dapat menunjukkan perubahan spektrum penuh warna dari hijau dan kuning ke merah dan magenta. Itu semua terjadi berkat berbagai ganggang yang tumbuh berkembang di danau. Danau ini selalu terlihat spektakuler, tetapi periode terbaik untuk melihatnya adalah di musim gugur, ketika warna yang muncul paling cerah.

10. Oktober: Cano Cristales Liquid Rainbow.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Kolombia

Waktu: OktoberNovember

Ini juga merupakan pemandangan menakjubkan lainnya yang disebabkan oleh ganggang yang tumbuh berkembang di suatu tempat. Cano Cristales adalah sungai di Kolombia yang seakan terlihat seperti pelangi cair yang dapat menampilkan berbagai warna dari hijau, merah, biru, dan hitam. Kamu dapat mengagumi pemandangan ini dari Mei hingga Desember, tetapi warna-warna paling cerah dapat dilihat muncul di musim gugur.

11. November: Flowering Atacama Desert.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Gurun Atacama, Chile

Waktu: SeptemberNovember

Pasir di mana-mana, pasti inilah yang sebagian besar dari kita bayangkan ketika mendengar kata "gurun". Tapi ternyata tidak semua gurun hanya ada pasir saja, dan gurun Atacama adalah salah satunya. Meskipun tempat ini sangat kering, di sini bisa berubah menjadi padang bunga semalaman setelah hujan lebat. Meskipun begitu, gurun ini hanya mekar setiap 4 atau 5 tahun, dan terakhir kali itu terjadi pada 2017.

12. Desember: Sailing Stones.

12 Fenomena alam unik di berbagai belahan dunia dalam satu tahun

Tempat: Death Valley, California, Amerika Serikat

Waktu: DesemberFebruari

Batu-batu di Death Valley ini kadang-kadang tampak seperti berjalan sendiri di daerah yang sepi tanpa sedikit pun daya dan tanpa tali yang terpasang. Bagaimana ini bisa terjadi? Batuan berlayar telah dipelajari sejak tahun 1900-an dan para ilmuwan percaya bahwa pergerakan aneh batu-batu ini adalah hasil dari keseimbangan sempurna antara air, es, dan angin yang terjadi pada bulan-bulan musim dingin. Lapisan es tipis terbentuk di bawah batu dan mendorongnya ke depan ketika angin sepoi-sepoi pun muncul untuk membuat batu semakin bergerak.