Tahun 2017 sudah berakhir. Banyak kita temui teknologi serta perkembangan yang pesat dari industri digital seperti pabrikan smartphone yang berlomba-lomba saling memberikan inovasi serta memanjakan penggunanya.

Berikut contoh nyata tentang inovasi-inovasi kamera yang digagas serta dirancang beberapa pabrikan smartphone. Anda tidak perlu repot-repot lagi membeli kamera DSLR agar bisa foto dengan hasil yang bagus. Berikut beberapa smartphone yang mempunyai kualitas kamera bagus setara DSLR.

1.Google Pixel2 dan Google Pixel 2 XL

10 Smartphone dengan kamera terbaik , ada yang setara DSLR lho

Situs referensi pengujian kualitas gambar perangkat digital DXOMark, pada Oktober 2017 lalu menobatkan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL sebagai smartphone dengan kamera terbaik. Adapun pengujiannya mencakup kualitas exposure dan kontras, akurasi warna, noise, zoom, dan bokeh alias blur. Menurut DXOMark senidiri lini Google Pixel 2 mampu menangkap detail gambar dengan baik di area terang maupun gelap bahkan sekalipun dalam keadaan kontras tinggi seperti di bawah matahari saat tengah hari. Padahal smartphone tersebut tidak mengusungkamera ganda sebagaimana pabrikan smartphone lainnya namun rahasianya ada pada teknologi software buatan Google sekaligus fitur-fitur semacam dual-pixel autofocus dan penstabil goyangan mekanik (OIS) dan elektronik (EIS),kamera Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga memiliki sensor berukuran lebih kecil 1/2,6 inci dengan resolusi 12 megapiksel yang dipasangkan dengan lensa berbukaan f/1.8

2.Samsung Galaxy Note 8dan Galaxy S8

10 Smartphone dengan kamera terbaik , ada yang setara DSLR lho

Kemudian yang kedua ada pabrikan smartphone asal Korea Selatan yaitu Samsung yang mengenalkan smartphone seri Galaxy S8 yang memiliki kamera kompeten untuk mereduksi noise atau titik yang memenuhi sisi gambar yang seringkali kita temui saat kita memperbesar hasil foto. Smartphone ini dibekali fitur OIS. Kamera Galaxy S8 dikatakan mampu merekam video yang bebas dari guncangan sementara itu Galaxy Note 8 adalah portofolio Samsung pertama yang mengusung dual-camera, yang masing-masing berkualitas 12 megapiksel. Satu untuk pembidikan wide-angle dan satunya lagi untuk telephoto. Dengan begitu, pengguna bisa membidik foto portrait dengan efek blur yang menawan. Selain itu, efek blur juga bisa diganti-ganti fokusnya sesuka hati dengan fitur Live Focus.

3. LG V30 dan LG G6

10 Smartphone dengan kamera terbaik , ada yang setara DSLR lho

LG bisa dibilang sebagai inisiator tren kamera wide-angle, baik untuk lanskap maupun selfie. LG V30 sendiri menghadirkan perspektif wide-angle dengan kualitas selayaknya action camera seperti merek yang saat ini terkenal yaitu GoPro Hero.

4.iPhone Xdan iPhone 8 Plus

10 Smartphone dengan kamera terbaik , ada yang setara DSLR lho

Apple meningkatkan kualitas kamera pada lini iPhone 8 dan iPhone X secara signifikan dengan tak tanggung-tanggung menggunakan dual-camera yang masing-masing berkualitas 12 megapiksel. iPhone 8 dan iPhone X menghadirkan hasil foto portrait yang tajam dan dalam. Selain itu, ada fitur-fitur pelengkap yang membuat hasil foto tampak dibidik di studio dengan pencahayaan berkelas.

5. Huawei Mate 10 dan Mate 10 Pro

10 Smartphone dengan kamera terbaik , ada yang setara DSLR lho

Huawei menjadi pionir dual-camera yang menggabungkan lensa warna dengan monokrom. Dengan begitu, warna yang dihasilkan untuk pembidikan berwarna maupun hitam-putih tampak lebih nyata dan tampak seperti alami. Walaupun meski lebih condong ke warna hasil foto namun kamera Huawei Mate 10 dan 10 Pro juga bisa diandalkan untuk menangkap gambar dengan efek blur yang memukau.

6. HTC U11 dan U11 Plus

10 Smartphone dengan kamera terbaik , ada yang setara DSLR lho

Meski nama HTC pelan-pelan telah tergerus dari kancah industri smartphone namun bukan berarti anda harus merendahkannya. Pasalnya pabrikan tersebut mampu unjuk gigi dari segi kamera. Kamera HTC U11 dan U11 Plus berkualitas 13 megapiksel dengan sensor dual-pixel 1/2.6 seperti yang digunakan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL dan hasil fotonya memiliki warna yang hidup serta tingkat kedalaman yang memanjakan mata.

7. Nokia 8

10 Smartphone dengan kamera terbaik , ada yang setara DSLR lho

Namanya sudah jarang kita temui. Namun pascacomebackke industri smartphone, Nokia bisa dibilang sebagai salah satu pabrikan paling produktif. Psalnya Nokia 8 sendiri merupakan lini flagship yang memiliki dual-camera berkualitas masing-masing 13 megapiksel dengan kamera utamanya mengusung lensa warna dan kamera keduanya memiliki lensa monokrom lalu untuk momen-momen artistik, lensa monokrom bisa diandalkan selain itu efek buram juga tetap terakomodir untuk menghasilkan foto-foto dramatis

8. Sony Xperia XZ1

10 Smartphone dengan kamera terbaik , ada yang setara DSLR lho

Soal ukuran megapiksel dalam fitur kamera, Sony memang selama ini memimpin. Setelah merilis Sony Xperia XA1 dengan kamera 23 megapiksel lalu tak butuh waktu lama Sony memperkenalkan ke publik yaitu Xperia XZ1 dengan kamera 19 megapiksel meski kemampuan kameranya terhitung standar dalam kondisi minim cahaya tetapi detail gambar ketika cahaya cukup tak diragukan lagi.

9. Xiaomi Mi 6

10 Smartphone dengan kamera terbaik , ada yang setara DSLR lho

Xiaomi menghadirkan smartphone dengan kamera ganda 12 megapiksel, masing-masing untuk telephoto dan wide-angle yang menghasilkan output foto yang jernih.

10. Motorola Moto Z2 Play

10 Smartphone dengan kamera terbaik , ada yang setara DSLR lho

Smartphone ini bisa dibilang menengah untuk spesifikasi. Namun flagship untuk komponen kameranya mengusung 12 juta dari 1.4 mikron dual-pixel dengan bukaan lensa f/1.7. Dan hasilnya adalah bidikan foto yang berkualitas tinggi pada kondisi remang-remang maupun cahaya normal dan bahkan kamera ini bisa menjadiLCDproyektor