Seorang pebisnis biasanya memiliki pemikiran yang berbeda dengan orang kebanyakan. Keunikan itulah yang membuat mereka berani menempuh resiko untuk menjalankan usaha dengan ide-ide yang out of the box. Nah, pola pikir ala pebisnis yang bisa kita contek untuk diterapkan antara lain ada pada penjelasan berikut.


1. Kegagalan adalah proses
Setiap orang memiliki jatah gagal dan suksesnya masing-masing. Misalnya jatah gagal Anda sebanyak 5 kali dan sukses 5 kali.

Bila dalam berbisnis Anda merasa sudah 2 kali kali gagal, santai saja karena itu artinya jatah kegagalan Anda tersisa hanya 3 kali dan selebihnya kesuksesan sudah menanti.


2. Kesalahan adalah suatu yang biasa
Tidak ada yang aneh dengan kesalahan. Anda bukanlah pribadi yang sempurna, begitupun halnya dengan upaya yang Anda lakukan.

Semua orang yang menjalani bidang yang baru pasti akan melakukan kesalahan. Sekali lagi, pasti!.

Itu hanya menandakan bahwa Anda sedang berproses. Karena kesalahan akan memaksa Anda untuk belajar untuk tidak mengulanginya lagi.


3. Pesaing adalah ajang pembelajaran
Seseorang bermental bisnis justru akanmempelajari bagaimana kompetitor menjalankan bisnis atau promo-promo-nya.

Menjadikan pengamatannya sebagai bahan pembelajaran dan bekal untuk dimanfaatkan sebagai formula bisnis.


4. Tantangan adalah Peluang
Ada dua tipe orang yang menyikapi tantangan dengan cara berbeda.

Orang pertama merasa seperti merasa terbentur dan merasa terbebani dengannya, atau orang kedua yang justru menjadikan tantangan sebagai pembuktian bahwa dirinya mampu.

5. Mengetahui Kemampuan Sendiri
Seorang pebisnis haruslah mengetahui kemampuan yang bisa ia kuasai dengan baik, lalu fokus pada satu hal itu.

Menjadi pimpinan dari sebuah bisnis bukanlah tentang mengerjakan segala sesuatunya sendiri melainkan harus tahu bagaimana mendelegasikan tugas-tugas lainnya kepada tim.

6. Wirausaha adalah gaya hidup
Keluar dari zona nyaman dan kemapanan, berani menempuh resiko dan ketidakpastian adalah sensasi dalam menjalankan sebuah usaha.

Ini tidak hanya menjadi lahan berbisnis namun sudah mendarah daging dalam keseharian.


7. Percaya bahwa semuanya mungkin
Segalanya mungkin saja terjadi termasuk juga dengan bisnis impian yang mungkin terlalu muluk dimata orang lain.

Keyakinan ini ditambah dengan kepercayaan terhadap diri sendiri adalah bahan bakar yang sanggup menggerakkan Anda.


8. Apresiasi prestasi sekecil apapun
Orang-orang seperti ini tidak pelit ucapan terima kasih karena is tahu bahwa sekecil apapun pencapaian yang diperoleh sudah melalui upaya yang tidak sedikit.

Apresiasi ini bukan hanya ditujukan kepada tim yang mendukung namun terlebih lagi ditujukan kepada diri sendiri yang sudah berani memulai.


9. Tidak terlalu banyak berpikir
Lakukan apa yang ingin dilakukan, sekarang juga, saat ini juga.

Terlalu banyak berpikir hanya akan menimbulkan keraguan yang pada akhirnya meredupkan semangat berbisnis Anda. Seperti pernah dikatakan oleh tokoh pengusaha Bob Sadino,

Kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak mikir membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. Padahal yang penting adalah action!.

Sudah jelas bukan pola pikir seperti apa yang membedakan mental seorang pebisnis dibanding dengan orang-orang lainnya. Terapkanlah dalam diri Anda dan meski Anda tidak berminat menjadi pebisnis, paling tidak Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca juga: Seni Memimpin Tim Kerja yang Terdiri dari Beragam Usia