Seorang mata-mata atau agen ganda lebih dikenal oleh orang biasa melalui literatur dan film. Namun di dunia nyata, kehidupan dan pekerjaan mereka jauh lebih rumit, menarik dan berbahaya daripada rekan fiktif mereka. Mata-mata sangat penting bagi negara-negara yang saling bertarung. Banyak dari mereka melakukan pekerjaan untuk mendapatkan uang sementara yang lain didorong oleh rasa patriotisme. Layaknya pahlawan dan penjahat pada saat bersamaan, inilah 10 mata-mata paling terkenal dalam sejarah.

1. Isabella Boyd

10 Mata-mata paling legendaris di dunia, mirip James Bond

Dikenal sebagai Belle Boyd, Isabella Boyd adalah mata-mata bagi tentara Konfederasi selama perang sipil Amerika. Dia menjadikan hotel ayahnya sebagai basis operasi dan terus melayani Konfederasi sampai kekasihnya sendiri menyerahkannya. Dia merasa terhormat dengan Southern Cross of Honor atas kontribusinya. Boyd ditangkap pada tahun 1862 dan menghabiskan satu bulan di penjara. Setelah dibebaskan, dia berangkat ke Inggris untuk menghabiskan beberapa waktu sebelum kembali. Boyd meninggal pada tahun 1900.

2. Nathan Hale

10 Mata-mata paling legendaris di dunia, mirip James Bond

"Saya hanya menyesal jika saya memiliki satu kehilangan kecuali untuk negara saya," kata-kata terkenal ini dikutip dari Nathan Hale, yang dikenal sebagai mata-mata Amerika pertama, tepat sebelum eksekusi. Hale adalah seorang kapten di Angkatan Darat Kontinental selama Perang Revolusi Amerika. Dia pergi untuk misi pengumpulan intelijen, menyamar sebagai seorang guru, namun ketahuan oleh tentara Inggris. Dia dinyatakan bersalah dan digantung di usianya yang ke-21 tahun.

3. Dusan Popov

10 Mata-mata paling legendaris di dunia, mirip James Bond

Banyak yang masih percaya bahwa Popov adalah inspirasi sesungguhnya bagi Ian Fleming untuk menciptakan James Bond. Ada beberapa kesamaan antara keduanya. Lahir di Serbia, Popov bekerja untuk MI16 selama Perang Dunia Kedua. Cerita mengatakan bahwa dia telah memperingatkan FBI tentang serangan Jepang ke Pearl Harbor tapi hal itu diabaikan. Popov meninggal pada tahun 1968.

4. Klaus Fuchs

10 Mata-mata paling legendaris di dunia, mirip James Bond

Lahir di Jerman, Klaus Fuchs terkenal karena memberikan informasi tentang Proyek Manhattan ke Uni Soviet. Dia awalnya bekerja di proyek Inggris untuk mengembangkan bom atom, kemudian bergabung dengan Proyek Manhattan sebagai mata-mata. Pada tahun 1950, dia ditangkap dan dijatuhi hukuman. Dia kemudian memberikan informasi berharga kepada intelijen Inggris.

5. Mata hari

10 Mata-mata paling legendaris di dunia, mirip James Bond

Salah satu mata-mata yang terkenal dalam sejarah adalah Mata Hari, seorang penari eksotis dan pelacur kelas atas di Paris. Mata Hari dianggap sebagai ratu mata-mata. Lahir di Belanda sebagai Margaretha Geertruida Zelle MacLeod. kehadiran permanennya di pengadilan kelas atas yang memungkinkan memperoleh informasi berharga. Pada tahun 1917, intelijen Prancis mengetahui bahwa dia bekerja sebagai mata-mata Jerman selama Perang Dunia I dari pesan yang dicegat. Dia pun ditangkap dan dieksekusi.

6. The Rosenbergs

10 Mata-mata paling legendaris di dunia, mirip James Bond

Julius dan Ethel Rosenberg juga merupakan salah saty mata-mata terkenal dalam sejarah. Mereka adalah Komunis Amerika yang bekerja untuk agen rahasia Soviet KGB dan dikenal karena menyerahkan rahasia nuklir ke Uni Soviet. Julius bergabung dengan KGB pada tahun 1942 dan merupakan salah satu mata-mata peringkat teratas mereka. Dia juga merekrut banyak orang lain ke agensi, menyampaikan informasi mengenai penelitian aeronautika dan nuklir Amerika ke KGB, bersama dengan istri dan saudara laki-lakinya Sersan David Greenglass. Namun, Greenglass mengaku melakukan tindakan spionase yang menyebabkan penangkapan The Rosenbergs. Mereka dieksekusi pada tahun 1953.

7. Aldrich Ames

10 Mata-mata paling legendaris di dunia, mirip James Bond

Aldrich Ames adalah seorang petugas CIA yang bekerja untuk Uni Soviet selama perang dingin. Dia mendekati KGB dengan bekal informasi untuk mendapat imbalan uang, yang dia rasa kurang karena gaya hidupnya yang boros. Ames menyediakan KGB dengan identitas mata-mata CIA yang bekerja di Uni Soviet, berjumlah sekitar seratus orang. CIA melihat hilangnya pangkat mereka dan Ames ditemukan bertanggung jawab dalam penyelidikan lebih lanjut. Dia ditangkap dan diberi hukuman seumur hidup.

8. The Cambridge Five

10 Mata-mata paling legendaris di dunia, mirip James Bond

Cambridge Five adalah sekelompok mata-mata Soviet yang bekerja di dinas rahasia Inggris selama Perang Dunia Kedua. Nama kelompok mereka berasal dari fakta bahwa mereka semua menjadi Marxis saat belajar di Cambridge. Yang paling populer di antara mereka adalah Kim Philby yang menyediakan Soviet dengan rincian mata-mata Amerika dan Inggris, yang mengakibatkan kematian banyak dari mereka. Anggota kelompok lainnya adalah Donald Duart Maclean, Guy Burgess dan Anthony Blunt sementara yang terakhir tidak pernah teridentifikasi.

9. SidneyReilly

10 Mata-mata paling legendaris di dunia, mirip James Bond y

Dikenal sebagai 'Ace of Spies', Sidney Reilly lahir sebagai Sigmund Georgievich Rosenblum di Rusia. Dia bertindak sebagai mata-mata untuk beberapa negara dan menjalani kehidupan yang boros. Dia terkenal dengan rencananya untuk membunuh pemimpin Soviet Lenin. Meski rencananya gagal, ia berhasil lolos dengan kecemerlangan. Reilly tidak seberuntung saat dia mencoba menggulingkan pemerintah Soviet pada tahun 1925. Dia ditangkap oleh Soviet dan dieksekusi. Seperti Popov, Reilly juga dikatakan sebagai inspirasi di balik tokoh fiksi mata-mata terkenal, James Bond.

10. Richard Sorge

10 Mata-mata paling legendaris di dunia, mirip James Bond

Yang satu ini merupakan mata-mata paling terkenal dalam sejarah dan salah satu mata-mata ikonis yang pernah ada, yang bertindak sebagai mata-mata Uni Soviet selama Perang Dunia Kedua. Dia mulai sebagai agen intelijen di tahun 1920an dan membuat Jepang sebagai tempat bermainnya. Dia mengetahui rencana Jerman dan Jepang mengenai Uni Soviet, lalu memberi tahu mereka. Sorge ditangkap oleh orang Jepang pada tahun 1941 dan dieksekusi. Pada tahun 1964, negara komunis tersebut secara anumerta menghormatinya dengan gelar Hero of the Soviet Union.