Sebegitu banyaknya tugas otak bagi insan namun kita sering lupa untuk menjaganya. Bayangkan ketika anda menguyah makanan dan rahang atas tidak sanggup berkoordinasi dengan rahang bawah. Berapa usang waktu yang diperlukan oleh gigi untuk menghancurkan makanan tersebut? Berjam-jam, berhari-hari atau bahkan bertahun-tahun.


Stres berat merupakan salah satu akhir rusaknya jaringan syaraf di otak seseorang. Mungkin anda lebih mengenalnya dengan sebutan absurd atautidak waras. Pernahkah anda berfikir menjadi orang yang tidak waras? Otak sama ibarat rambut, kulit atau mata yang sanggup saja rusak sewaktu-waktu tanpa anda sadari.


Apa Saja Bagian-Bagian Otak Manusia?

~Otak depan : merupakan sentra syaraf utama yang mempunyai fungsi dalam mengatur semua aktifitas tubuh. Otak belahan depat berperan dalam hal kepandaian, ingatan, kesadaran serta pertimbangan.
~Otak tengah : berfungsi dalam mengendalikan gerakan mata, memproses pendengaran bunyi yang diterima telinga.
~Otak belakang : termasuk juga otak kecil berperan mengatur posisi tubuh, keseimbangan serta gerakan otot yang terjadi secara sadar.

Karena pentingnya fungsi otak bagi kehidupan manusia, anda harus menjaganya dengan benar. Cara menjaga kesehatan otak secara sederhana namun ampuh ialah dengan mengkonsumsi ikan terutamaikan laut. Karena asam lemak tak jenuh omega-3 banyak terdapat pada ikan. Perhatikan juga kebiasaan kecil yang anda lakukan sehari-hari yang sanggup saja merusak otak tanpa anda sadari.

10 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak Tanpa Anda Sadari


1. Meninggalkan sarapan pagi
Jika anda termasuk orang yang tidak suka sarapan di pagi hari, segera ubah kebiasaan jelek tersebut. Entah alasan tidak sempat, malas atau alasan lain, meninggalkan sarapan sanggup merusak otak alasannya ialah kurangnya kadar gula sehingga otak mengalami kemunduran. Jika dibiarkan secara terus menerus, bagian-bagian otak tidak akan lagi berfungsi.

Sering dilakukan, 10 kebiasaan kecil ini rupanya bisa merusak otak

2. Terlalu banyak makan
Makan berlebih tidak baik untuk kesehatan badan alasannya ialah sanggup mengakibatkan pembuluh otak mengeras. Selanjutnya fungsi otak menjadi menurun dan mengalami kerusakan tanpa anda sadari.

Sering dilakukan, 10 kebiasaan kecil ini rupanya bisa merusak otak

3.Kurangnya asupan zat cair
Dehidrasi ialah akhir dari badan yang kekurangan cairan. Semua organ badan termasuk otak tidak akan bekerja secara maksimal tanpa asupan cairan yang cukup. Minum 8 gelas air setiap hari akan mencegah terjadinya kehilangan cairan tubuh dan membantu kinerja organ badan secara keseluruhan.

4.Kebiasaan merokok
Tahukah anda, merokok akan mengakibatkan otak menyusut dan hasilnya kehilangan fungsi-fungsinya. Jika fungsi otak sudah mulai terganggu anda akan kehilangan ingatan secara perlahan atau dikenal dengan istilah penyakit alzheimer.

Sering dilakukan, 10 kebiasaan kecil ini rupanya bisa merusak otak

5.Konsumsi gula yang berlebih
Tidak hanya mengakibatkan penyakit diabetes, zat gula atau sukrosa yang berlebih sanggup menghalangi perembesan protein dan gizi sehingga kesehatan otak terganggu. Mengurangi konsumsiminuman bersodamerupakan cara menjaga kesehatan otak yang tepat.

6.Hindari polusi udara
Menghirup udara yang kotor tidak hanya berbahaya bagi pernafasan namun besar lengan berkuasa juga pada kesehatan otak. Apabila terlalu usang berada pada lingkungan dengan udara berpolusi maka kinerja otak menjadi tidak efisien.

7.Waktu tidur yang kurang
Bagi anda yang suka begadang, kurangnya waktu tidur sanggup mengakibatkan mati otak. Selain besar lengan berkuasa terhadap otak, organ badan lain juga akan kelelahan dan usang kelamaan rusak. 6 - 8 jam ialah waktu tidur yang disarankan.

Sering dilakukan, 10 kebiasaan kecil ini rupanya bisa merusak otak

8.Menutup kepala ketika tidur
Kebiasaan jelek yang sanggup mengakibatkan otak rusak ialah menutupi kepala ketika sedang tidur. Kerusakan terjadi alasannya ialah karbon dioksida dari pernafasan tidak sanggup keluar dengan maksimal sehingga mencemari otak. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu usang maka otak menjadi rusak.

Sering dilakukan, 10 kebiasaan kecil ini rupanya bisa merusak otak

9.Berpikir keras ketika sedang sakit
Ketika badan dalam kondisi tidak fit dan anda tetap memaksakan untuk berpikir dengan keras maka otak akan mengalami ketidakefektifan kinerja. Artinya anda memaksakan otak yang sedang kelelahan untuk tetap bekerja. Hindari kebiasaan ini semoga otak terjaga kesehatannya.

10.Jarang berbicara dan berpikir
Berpikir merupakan cara terbaik untuk melatih kinerja otak. Kurang berpikir justru akan menciptakan otak menyusut dan tidak berfungsi maksimal. Sedangkan jarang bicara akan menciptakan otak kurang stimulasi sehingga nantinya sanggup menurunkan kinerja otak.

Sering dilakukan, 10 kebiasaan kecil ini rupanya bisa merusak otak