×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Kebiasaan buruk saat malam hari ini bisa bikin berat badan naik

0

Duh

10 Kebiasaan buruk saat malam hari ini bisa bikin berat badan naik

Beberapa kebiasaan ini tidak hanya bikin tidur terganggu, tapi juga dapat membuat berat badan naik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Heni Welson

16 / 09 / 2020 12:15

Kamu mungkin punya banyak kebiasaan pada malam hari yang tanpa kamu sadari dapat mengganggu kesehatan. Bukan hanya mengganggu kualitas tidurmu, bahkan kebiasaan buruk ini berpotensi menaikkan berat badanmu.

Berikut beberapa kebiasaan buruk pada malam hari yang sebaiknya kamu kurangi dan beri perhatian lebih.

1. Kurang tidur.

Kurang tidur akan memperlambat metabolisme tubuh, membuat tubuh merasa lapar, serta meningkatkan hormon kortisol sehingga meningkatkan tekanan darah dan kadar glukosa yang menyebabkan diabetes.

2. Makan malam dalam jumlah yang berlebihan.

Loading...

Makan terlalu banyak atau terlalu berat mengakibatkan pencernaan melambat. Sebaiknya pilihlah makanan yang ringan dengan sebagian besar terdiri dari protein dan sayuran.

3. Langsung tidur setelah makan.

Pasti banyak dari kamu yang sering melakukan hal ini dengan alasan sudah ngantuk berat. Langsung tidur setelah makan ternyata dapat mengakibatkan banyaknya sel lemak yang menumpuk dalam tubuh dan memicu masalah pencernaan. Setidaknya jarak waktu makan dengan tidur minimal 1,5-2 jam.

4. Konsumsi gorengan.

Gorengan terlalu banyak kalori sehingga tubuhmu tidak punya waktu untuk membakar kalori tersebut. Selain itu gorengan juga memicu penumpukan lemak dan membuat kamu tidak bisa tidur nyenyak. Untuk makan malam pilihlah makanan yang diolah dengan cara dipanggang, kukus, atau rebus.

5. Konsumsi makanan pedas.

Konsumsi makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Sebaiknya jika ingin konsumsi makanan pedas jangan lakukan pada malam hari.

6. Konsumsi sereal atau karbohidrat sebelum tidur.

Sereal atau karbohidrat yang kamu makan sebelum tidur akan memberikan energi ekstra yang tidak kamu gunakan saat tidur sehingga menumpuk dalam bentuk lemak. Makanan tinggi karbohidrat juga mengandung terlalu banyak gula yang perlu dibatasi.

7. Konsumsi makanan penutup.

Konsumsi makanan penutup yang mengandung gula dan tepung akan diubah menjadi lemak karena tidak digunakan saat tidur. Konsumsilah buah sebagai makanan penutup.

8. Melewatkan makan malam.

Kebanyakan orang sengaja melewatkan makan malam padahal ini tidak akan membantu menurunkan banyak berat badan. Hal ini hanya akan membuat kamu merasa lapar dan makan banyak pada saat sarapan. Bila kamu terpaksa tidak bisa makan, cobalah untuk makan sepotong buah.

9. Konsumsi alkohol atau kopi.

Kopi atau alkohol dapat memengaruhi tidurmu dan mengandung banyak kalori. Gantilah dengan meminum smootie atau susu hangat.

10. Bermain ponsel atau komputer sebelum tidur.

Blue light yang dipancarkan oleh gadget memengaruhi kesehatan. Selain itu radiasi juga menyebabkan kurang tidur. Matikan ponsel atau komputer setidaknya satu jam sebelum tidur.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red