Kemampuan untuk bereproduksi tanpa laki-laki dalam mengambil bagian dalam pembuahan, yang disebut partenogenesis, lebih sering terjadi daripada yang mungkin kamu pikirkan. Anehnya, banyak spesies telah dikenal bereproduksi secara aseksual, dan juga tidak hanya mengenai organisme bersel tunggal. Sejumlah tanaman dan bahkan hewan pun bisa melakukannya. Inilah sepuluh hewan paling menarik yang bisa bereproduksi tanpa seks.

1. Cape Honey Bee

10 Hewan ini mampu bereproduksi tanpa hubungan badan

Ada 20.000 spesies lebah madu di seluruh planet ini namun hanya satu yang memiliki kemampuan untuk bereproduksi tanpa memerlukan lebah jantan. Cape honey bee, atau Cape bee, (Apis mellifera capensis) adalah spesies Lebah Afrika Selatan yang mampu bereproduksi melalui proses yang disebut thelytoky. Thelytoky adalah bentuk partenogenesis yang memungkinkan lebah pekerja untuk meletakkan diploid, telur betina. Lebah yang dihasilkan akan selalu menjadi betina dan lahir tanpa sel telur yang perlu dibuahi. Hanya sejumlah kecil pekerja lebah Cape yang mengekspresikan fenotip thelytoky untuk bereproduksi secara aseksual, namun dapat mempertahankan heterozigositas populasi, yang berarti lebah yang baru menetas bukanlah klon langsung induknya. Sebagai gantinya, mereka menampilkan rangkaian varian kromosom, menjadikannya individu baru dan unik di dalam sarangnya. Lebah sering bertelur saat pekerja baru dibutuhkan atau bila perlu menetaskan ratu baru.

2Kutu Air

10 Hewan ini mampu bereproduksi tanpa hubungan badan

Spesies yang paling umum dari kutu air, Daphnia pulex, ditemukan di perairan di seluruh Amerika, Australia, dan Eropa, memiliki beberapa perbedaan penting dalam ilmu kelautan. Kutu ini adalah "spesies model" dan merupakan krustasea pertama yang memiliki seluruh genom yang diurutkan. Kutu ini juga memiliki kemampuan untuk bereproduksi melalui proses yang disebut parthenogenesis siklis, yang memungkinkannya untuk bergantian antara reproduksi seksual dan aseksual. Pemakaian Daphnia pulex menunjukkan bahwa spesies akan mengambil bagian dalam partenogenesis siklis kapanpun kondisinya yang menguntungkannya di dalam air. Jika kutu ini kebetulan bertemu dengan anggota lawan jenis, kutu ini menjadi saling berhubungan, tapi jika tidak, itu tidak masalah. Kutu air yang memutuskan untuk menciptakan keturunan akan melakukannya dengan menghasilkan kopling telur identik secara genetis yang seluruhnya terdiri dari betina. Sementara kode genetik tetap sama, ini berarti populasi kutu betina yang lebih besar untuk menyebarkan gen tersebut ke seluruh lingkungan, sehingga menghasilkan pertumbuhan eksponensial dari keseluruhan populasi.

3. Laba Goblin

10 Hewan ini mampu bereproduksi tanpa hubungan badan

Inilah jenis laba-laba yang mampu mereproduksi dirinya sendiri! Oonopidae, juga dikenal sebagai laba-laba goblin, adalah keluarga dari sekitar 1.300 spesies yang hanya berukuran antara 1 dan 3 milimeter. Partenogenesis telah diamati hanya pada beberapa spesies, termasuk stenaspis Triaeris, yang berasal dari Iran namun telah menyebar ke seluruh Eropa. Ukurannya hanya 2 milimeter, jadi tidak banyak menimbulkan ancaman bagi orang. Menariknya, tidak pernah ada penjantan yang ditemukan di mana pun, itulah sebabnya mengapa para ilmuwan percaya bahwa mereka bereproduksi sepenuhnya secara aseksual. Anggota betina T. stenaspis bereproduksi dengan cara yang sama seperti lebah madu Cape: partenogenesis thelytokous. Mereka meletakkan telur diploid betina, yang menumbuhkan wanita baru. Setiap generasi berikutnya menunjukkan tingkat kesuburan yang lebih rendah, namun spesies tersebut terus bereproduksi dengan cara ini dengan keragaman genetik yang cukup pada populasi anak-anak mereka.

4. The Quilted Melania

10 Hewan ini mampu bereproduksi tanpa hubungan badan

Tarebia granifera, biasa disebut melania berlapis. Siput air tawar kecil ini pertama kali berasal dari Asia Tenggara namun telah menjadi spesies invasif di sebagian besar dunia. Mereka dapat ditemukan di perairan hangat di tempat-tempat seperti Hawaii, Kuba, Republik Dominika, Afrika Selatan, Texas, Idaho, Florida, dan kepulauan Karibia lainnya. Siput ini bereproduksi dalam dua cara: partenogenetik dan ovovivipara, yang berarti bahwa embrio mereka tidak ditinggalkan betina sampai mereka siap menetas. Hasilnya sering terwujud dalam bekicot yang mereproduksi dirinya sendiri, dengan keturunan kloningnya dapat dengan cepat bereproduksi sedemikian rupa sehingga mereka dapat memiliki ledakan populasi di daerah kecil. . . seperti akuarium Karakteristik ini membuat siput menjadi spesies invasif yang efektif. Ada pejantan yang ditemukan pada populasinya, namun banyak dari mereka memiliki alat kelamin nonfungsional. Ini menunjukkan bahwa partenogenesis adalah alat reproduksi utama mereka.

5. Marbled Crayfish

10 Hewan ini mampu bereproduksi tanpa hubungan badan

Hal yang paling menarik tentang udang karang marbled bukanlah bahwa ia mereproduksi dirinya secara aseksual; Spesies ini tidak ada sampai sekitar akhir 1990an. Udang karang yang hanya ada sekarang berkat mutasi tunggal pada spesies induk yang menghasilkan spesiasi jenis udang karang tipe baru. Udang kecil ini telah berhasil masuk ke pasar hewan peliharaan di Jerman, namun hal itu menimbulkan masalah kecil: Lobster udang yang melengkung mengkloning ratusan ribu! Seekor udang karang betina tunggal dapat menorehkan ratusan telur sekaligus,. Akibatnya, spesies ini telah menjadi invasif di seluruh dunia, dengan efek yang sangat merusak di tempat-tempat seperti Madagaskar, di mana jutaan kloning mengancam satwa liar asli. Akibat kerusakan yang ditimbulkan udang ini bisa dibandingkan layaknya monster di film Star Trek, yang berkembang biak tak terkendali, dan udang ini merupakan ancaman berbahaya bagi sejumlah ekosistem.

6. New Mexico Whiptail

10 Hewan ini mampu bereproduksi tanpa hubungan badan

Dari sekitar 1.500 spesies yang diketahui mampu bereproduksi melalui partenogenesis, kebanyakan adalah tumbuhan, serangga, dan arthropoda. Kemampuan untuk bereproduksi tanpa memupuk telur jarang ditemukan pada spesies vertebrata, namun telah diamati pada sejumlah kecil reptil. The New Mexico whiptail adalah contoh yang menarik karena seluruh spesies sama sekali tidak memiliki pejantan. Ikan cemara New Mexico adalah keturunan hibrida dari dua spesies lain di mana jantan hadir: whiptail bergaris kecil dan whiptail barat. Hibridisasi spesies kadal ini tidak memungkinkan memiliki keturunan pejantan yang sehat, tapi itu tidak menghentikan New Mexico. Whiptail membentuk spesiesnya sendiri, yang bahkan dikenal sebagai negara reptil New Mexico. Betina yang membentuk populasi whintel New Mexico mampu membuat empat telur yang tidak dibuahi pada musim panas. kemudian menetas kira-kira dua bulan kemudian menjadi anggota betina baru dari populasi.

7. Kodok Goreng

10 Hewan ini mampu bereproduksi tanpa hubungan badan

Katak yang bisa dimakan dengan tepat (Pelophylax esculentus) adalah spesies air katak hijau. Ini adalah spesies utama yang digunakan di Prancis untuk makanan, karena kakinya agak enak bila disiapkan dengan benar. Katak ini bereproduksi melalui proses hibogenogenesis, yang bekerja dengan cara yang mirip dengan partenogenesis. Betina membuat hibrid hibridogenetik, yang menyingkirkan satu setengah gen induk untuk menciptakan generasi baru keturunan dengan separuh gen yang dihasilkan secara klonal dan separuh lainnya berlalu secara seksual. Proses reproduksi ini mengambil materi genetik dari sisi jantan dan menggabungkannya kembali yang sesuatu yang sama sekali baru Meskipun ini bukan reproduksi parthenogenesis atau aseksual tapi subkelas proses, ada dalam daftar ini karena sifat keturunannya. Setiap generasi berikutnya membawa DNA betina dan membawa genom hibrid dari sang ayah. Generasi berikutnya dapat menghasilkan penjantan, namun DNA mereka, dalam arti tertentu, tiruan betina mereka dengan penjantan mereka digabungkan menjadi sesuatu yang diciptakan betina untuk keturunannya. Ini cara aneh membuat bayi, tapi setidaknya katak ini rasanya enak.

8. Komodo Dragons

10 Hewan ini mampu bereproduksi tanpa hubungan badan

Komodo telah lama mempesona karena ukurannya yang luar biasa dan perbandingan dengan reptil purba yang sudah punah dari Bumi. Mereka adalah spesies kadal hidup terbesar dan dapat tumbuh hingga 3 meter (10 kaki) dan beratnya mencapai 70 kilogram (154 lb). Mereka memangsa hewan besar seperti rusa dan babi tapi mungkin bisa memangsa manusia jika mereka menginginkannya, berkat racun yang ada dalam gigitannya. Reptil ini tidak diketahui bereproduksi secara partenogenetis sampai tahun 2005, ketika spesimen di Kebun Binatang London bertelur setelah tidak memiliki kontak dengan pejantan selama lebih dari dua tahun. Awalnya, diduga dia menyimpan sperma sampai dibutuhkan untuk digunakan, namun ini terbukti salah saat pengujian genetik memastikan tidak ada materi genetik tambahan yang ada. Hal yang sama juga terjadi pada berbagai komodo komodo lainnya di penangkaran semua seluruh dunia. Banyak telur yang menetas akhirnya menjadi jantan, yang tidak biasa untuk hewan yang bereproduksi secara aseksual. Hal ini karena melalui sistem penentuan jenis kelamin kromosom ZW mereka, yang berbeda dari sistem kromosom XY mamalia. Ketika seekor Komodo masuk ke daerah terpencil seperti sebuah pulau (atau terarium), dia dapat menghasilkan keturunan pejantan untuk dikawinkan.

9. Kalkun

10 Hewan ini mampu bereproduksi tanpa hubungan badan

Kalkun mampu bereproduksi melalui partenogenesis saat betina dipisahkan dari populasi pejantan. Menariknya, kalkun betina yang ditempatkan di dalam kandang pejantan akan berkembang biak secara aseksual jauh lebih sering daripada saat dia dipisahkan. Prosesnya jarang terjadi pada kalkun liar, namun telah diketahui terjadi di berbagai populasi dan jauh lebih umum terjadi pada populasi domestikasi di peternakan. Saat telur menetas tanpa pejantan, hasilnya pejantan baru selalu terlahir. Sementara seekor betina meletakkan telurnya, anak ayam jantan yang ditetasnya adalah kloning genetiknya, satu-satunya perbedaan adalah jenis kelaminnya. Peternak Turki telah mencatat hal ini dan telah melakukannya untuk memaksa partenogenesis pada wanita sehingga berbagai sifat genetik seperti dada yang lebih besar diturunkan ke keturunannya.

10. Zebra Shark

10 Hewan ini mampu bereproduksi tanpa hubungan badan

Kelihatannya semakin kompleks organisme, semakin kecil kemungkinannya bisa bereproduksi secara aseksual. Hiu tentu saja masih tanda tanya, namun ada beberapa contoh hiu zebra yang bereproduksi tanpa hiu jantan. Hiu zebra adalah ikan nokturnal jinak yang memiliki banyak perhatian manusia, namun baru belakangan ini telah diamati partenogenesis pada spesies ini. Kali pertama adalah dengan hiu bernama Leonie, yang telah tinggal di akuarium terpisah dari jantan manapun selama beberapa tahun. Setelah empat tahun berpisah, dia bertelur yang menghasilkan tiga keturunan. Sejak pengamatan pertama, hiu zebra lainnya telah terbukti menghasilkan keturunan tanpa pasangan. Tampaknya mereka mampu melakukan ini terlepas dari kondisi kawin mereka. Beberapa spesimen telah dicatat untuk menghasilkan keturunan yang hanya mengandung kode genetik mereka bahkan ketika berada di hadapan pejantan di habitatnya.