×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Hal ini sebaiknya tak dilakukan selama menstruasi

0

Cewek

10 Hal ini sebaiknya tak dilakukan selama menstruasi

Foto: pixabay.com/silviarita

Saat menstruasi terkadang mengganggu aktivitas dan menimbulkan rasa sakit, termasuk 10 hal ini yang dapat memperparah kondisi tersebut.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

04 / 10 / 2019 12:45

Setiap bulan wanita mengalami menstruasi yang sering kali menimbulkan rasa tak nyaman pada tubuh. Mau beraktivitas pun rasanya malas karena kram perut tak tertahankan, benar kan?

Tapi nih, terkadang wanita tak sadar melakukan hal-hal yang memperparah rasa sakit selama masa haid, bahkan ada juga yang terkesan cuek dengan kondisi kesehatannya. Jadi, apa yang perlu dilakukan? Untuk membuatmu tetap sehat dan mengurangi rasa tak nyaman selama menstruasi, kamu sebaiknya menghindari 10 hal di bawah ini. Apa saja? Yuk, simak.

1. Cabut bulu.

Saat datang bulan, hormon estrogen dan progesteron pada wanita mengalami penurunan yang menyebabkan kita lebih peka akan rasa sakit. Hindari melakukan hal-hal yang menimbulkan rasa sakit seperti mencabut bulu alis, bulu ketiak, gigi, waxing, dan sebagainya. Lebih baik melakukannya setelah selesai masa haid atau saat hormon kembali normal.

2. Pakai pembalut seharian.

Loading...

Menggunakan pembalut seharian tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada organ intim. Gantilah pembalut sekitar 2–4 jam sekali tergantung banyaknya darah haid yang keluar. Selain untuk mencegah rasa gatal, hal itu untuk menghindari munculnya bakteri di area yang lembap. Untuk menjaga kebersihan, jangan lupa mencuci tangan dengan sabun di air mengalir sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

3. Makanan bergaram.

Hindari makanan yang banyak mengandung garam seperti fastfood selama masa menstruasi karena bisa bikin perut kamu kembung. Lebih baik mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran agar tubuh kamu tetap ternutrisi.

4. Konsumsi kafein.

Mengonsumsi kafein seperti yang terkandung dalam kopi dan teh juga kurang baik selama haid karena bisa mengacaukan hormon dalam tubuhmu, ladies. Minumlah air putih atau teh herbal, dan konsumsi makanan rendah gula seperti sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan segar.

5. Seks tanpa kondom.

Bagi kamu yang sudah menikah bisa saja melakukan hubungan intim selama menstruasi. Tapi untuk mencegah segala risiko, lakukan seks yang lebih aman dengan menggunakan kondom bagi pria. Menggunakan kondom berguna untuk mengindari terkena infeksi menular karena saat haid kondisi organ intim wanita jadi lembap dan jamur lebih mudah berkembang.

Selain itu, saat menstruasi kondisi leher rahim terbuka yang memudahkan kuman masuk ke dalamnya ketika berhubungan intim dan berisiko terkena infeksi saluran reproduksi. Hal itu disampaikan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti yang dilansir dari klikdokter.com. Ia juga mengatakan suami bisa tertular penyakit tertentu melalui darah haid dan menyarankan untuk menggunakan kondom saat berhubungan intim, atau tidak melakukan seks saat haid.

6. Bermalas-malasan.

Saat haid wanita mengalami kram pada perut dan rasanya tidak ingin banyak bergerak hanya duduk atau tiduran saja. Justru usahakan untuk tetap bergerak seperti melakukan olahraga ringan yang berguna untuk mengurangi rasa sakit. Tapi ingat, jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat saat masa menstruasi.

7. Tidak ngemil.

Wanita merasakan lemas ketika mengalami menstruasi. Konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan untuk memberikan nutrisi yang cukup di tubuhmu. Contoh buah yang bagus dikonsumsi saat haid adalah pisang.

8. Cuek dengan siklus haid.

Buat kamu ladies, penting untuk selalu memperhatikan siklus haidmu setiap bulan. Bukan hanya wanita yang sedang program kehamilan saja, kamu yang belum menikah pun perlu melakukannya. Jangan malah cuek. Hal ini berguna untuk mengetahui pola mentruasi sehingga kalau ada masalah atau hal aneh, kamu bisa segera cek ke dokter.

9. Tak perhatikan warna darah.

Biasanya wanita tidak terlalu memperhatikan warna darah haid yang keluar. Padahal hal ini penting juga lho untuk mengetahui kondisi kesehatanmu. Warna darah yang normal saat menstruasi itu seperti bercak cokelat di hari awal, lalu warna merah cerah, dan cokelat gelap pada hari akhir.

Nah, kalau warna darah haidmu yang keluar itu oranye, bisa jadi kamu mengalami infeksi bakteri, infeksi menular seksual, atau bercak implantasi. Kalau darah berwarna abu-abu ditambah rasa nyeri dengan aroma tak sedap, kemungkinan kamu mengalami infeksi bakteri, segeralah periksa ke dokter.

10. Pakai sabun pembersih.

Tidak perlu menggunakan sabun pembersih khusus selama masa haid, organ intim wanita sudah punya mekanisme pembersih sendiri. Bersihkan saja secara alami yaitu cukup menggunakan air bersih dan tidak perlu terlalu sering dalam sehari. Bersihkan organ intim bagian luar, tidak perlu sampai dalam, arah dari depan ke belakang bukan sebaliknya. Cara ini untuk mencegah kuman dari anus menuju ke vagina.

Nah, ladies. Mulai sekarang, rawat diri dengan jaga kebersihan organ intim dan jangan lupa konsumsi makanan bergizi, okay?

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red