Fakta baru menjelaskan bahwa di masa lalu ada saja penemuan aneh dan langka. Entah mengapa mereka membuatnya sebagai alternatif untuk menciptakan produk baru. Di samping itu, ada beberapa penemuan yang sangat ekstrem dan cenderung tak masuk akal. Misalnya saja seperti gambar-gambar di bawah ini yang hampir tak pernah diceritakan pada masa kini.

1. Obat berbahaya.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Sebuah iklan untuk sakit gigi kokain turun untuk anak-anak, 1885.

Kokain sangat populer pada akhir abad ke-19 dan pada awal abad ke-20 sebagai obat stimulan. Bahkan Freud sendiri kagum dengan kokain dan merekomendasikannya untuk banyak gangguan.Kokain ditambahkan ke makanan dan minuman (misalnya, resep pertama Coca-Cola termasuk sedikit kokain), dan digunakan sebagai dasar untuk memproduksi berbagai macam obat, termasuk obat untuk anak-anak.

Masyarakat hanya memperhatikan efek samping buruk dari mengonsumsi kokain belakangan ini. Butuh waktu hingga tahun 1963 bagi PBB untuk memasukkan kokain ke dalam daftar obat terlarang mereka.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Iklan 7UP, 1951

Selain kokain, obat-obatan berbahan morfin dan heroin juga sangat populer. Mereka ditambahkan ke sirup obat batuk dan digunakan untuk mengobati gangguan psikologis.

Ada fakta menarik kalau 7UP mengandung lithium sitrat dalam resep pertamanya. Limun ini pertama kali muncul pada tahun 1929 dan diiklankan sebagai obat yang bagus untuk depresi dan pereda sakit. Butuh waktu hingga 1948 bagi produsen untuk berhenti menambahkan bahan berbahaya ini.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto : Iklan Lucky Strike

Ini mungkin tampak aneh tetapi pada paruh pertama abad ke-20 rokok bahkan diyakini sebagai jenis obat. Perusahaan tembakau meminta dokter untuk mengiklankan produk mereka.Iklan tersebut mengatakan bahwa "merokok lebih baik daripada diet," bahwa merokok membantu dengan sakit tenggorokan, batuk, dan bahkan asma. Rokok menjadi aksesori yang modis.

2. Shah Iran.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Istana Golestan

Ada sebuah cerita yang cukup kontroversial tentang harem Nasser al-Din Shah Qajar yang memerintah di Iran pada akhir abad ke-19. Banyak orang terkejut ketika mereka melihat foto-foto wanitanya. Beberapa wanita itu cantik, dengan cara yang tak biasa. Mereka punya kumis!

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: istana Golestan

Ada orang yang percaya bahwa ini adalah foto nyata harem Nasser al-Din. Mereka mengklaim bahwa dia menyukai fotografi dan berusaha untuk melanggar larangan mengambil foto wajah, dan terutama wajah wanita.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: istana Golestan

Namun, ada teori yang menentang menunjukkan bahwa "wanita" yangada di foto sebenarnya bukan wanita sama sekali! Menurut ide ini, karena larangan foto, pria dari Teater Negara pertama diundang untuk ambil bagian dalam pemotretan dan berpakaian sebagai wanita.

3. Taman Pertapa.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Seorang pertapa kebun di Jerman pada abad ke-18 oleh Johann Schmitt, 1795

Pada akhir abad ke-18, sangat modis untuk memiliki taman yang indah tetapi juga liar. Di taman jenis ini, ada sebuah pondok untuk pertapa kebun di mana orang bisa memiliki waktu sendiri. Namun akan sangat keren jika ada pertapa sebenarnya yang tinggal di pondok sehingga pemiliknya dengan bangga bisa memamerkan pertapa itu kepada tamu mereka.

Pemilik kebun sering menyewa orang-orang tunawisma merawat kebun tersebut. Penyair Inggris Charles Hamilton memiliki persyaratan ini untuk pertapa, Seorang tersebut harus pertapa, melanjutkan di pertapaan selama 7 tahun di mana dia akan diberikan Alkitab, kacamata optik, tikar untuk kakinya, kaus kaki untuk bantalnya, jam pasir untuk arloji, air untuk minumannya, dan makanan dari rumah. Dia harus mengenakan jubah kecil, dan tidak pernah, dalam keadaan apa pun, harus memotong rambut, jenggot, atau menyimpang di luar batas tempat Mr. Hamilton, atau bertukar satu kata pun dengan para pelayan.

Tentu saja, pekerjaan ini bukan untuk semua orang. Itulah mengapa bukan pertapa sungguhan, namun boneka digunakan. Menurut salah satu versi dari cerita, taman gnome ini masih sangat populer.

4. Perawatan anak-anak.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Seorang tukang pos membawa seorang anak laki-laki di tasnya. AS, 1910.

Ini adalah fakta aneh yang akan membuat takut orang tua modern di AS pada tahun 1910-an, kamu dapat mengirim anak-anak melalui surat.Pada tahun-tahun itu, surat mempermudah hidup para petani, sehingga mereka dapat mengirim ayam melalui pos. Tetapi beberapa warga memutuskan untuk menggunakan hukum ini dan mulai mengirim anak-anak mereka ke keluarga mereka.

Harganya kurang dari satu dolar dan kargo dikirim tepat ke depan pintu. Ini jauh lebih mudah dan lebih murah daripada mengirim anak dengan kereta api. Butuh waktu hingga tahun 1920 untuk menjadikan kegiatan ini sebagai hal ilegal.

5. Mode selfie.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Selfie pertama di dunia yang dibuat oleh fotografer Robert Cornelius pada tahun 1839.

Tampaknya selfie baru muncul baru-baru ini, tetapi pada kenyataannya orang mulai mengambil gambar mereka hampir tepat setelah fotografi muncul. Selfie pertama yang diketahui dibuat pada tahun 1839.

Pada awalnya, tidak mudah untuk mengambil selfie, karena eksposur yang lama, seseorang harus menunggu lama dan memerlukan sedikit waktu serta tak boleh bergerak, jika tidak, foto itu akan terlihat mengerikan. Dan foto pertama yang dibuat menggunakan tripod diambil pada 1925.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto selfie dari Grand Duchess Anastasia Nikolaevna dari Rusia yang dibuat pada tahun 1914 menggunakan cermin dan kamera Kodak Brownie.

6. Mobil pertama yang tidak biasa.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Kereta bertenaga uap amfibi oleh penemu Amerika Oliver Evans, 1798.

Paten mobil pertama di AS diberikan pada 1789. Itu adalah mesin uap dengan dayung sehingga bisa bergerak tidak hanya di darat tetapi juga di air. Pada paruh pertama abad ke-18, mobil listrik muncul. Mobil listrik Prancis La Jamais Contente bergerak pada kecepatan 100 km per jam yang merupakan rekor kecepatan saat itu.

Pada tahun 1870, di Wina, penemu Siegfried Marcus menempatkan mesin pembakaran internal dalam gerbong biasa. Itu adalah mobil gas pertama di dunia. Pada awal abad ke-20, mesin pembakaran internal menggantikan mesin listrik sepenuhnya sehingga mereka terlupakan selama hampir satu abad.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

La Jamais Contente (Bahasa Inggris: The Never Satisfied) adalah kendaraan pertama yang berjalan lebih dari 100 kilometer per jam (62 mph).

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Hal lain yang lucu adalah sistem trek Kegresse yang merupakan dasar mobil / kereta luncur pada Nicolas II, 1917.

7. Masker gas lucu

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Seorang ibu dan 3 anak, salah satunya ada di kereta bayi yang kedap udara.

Produksi masalmasker gas dimulai selama Perang Dunia I. Bersamaan dengan masker gas untuk tentara, ada juga masker khusus untuk kuda dan anjing.

Fakta yang menarik, menurut penulis Alexander Moritz Frey yang melayani Hitler selama Perang Dunia I, Hitler mengenakan kumis sikat gigi di parit setelah ia diperintahkan memangkas kumisnya untuk memfasilitasi pemakaian masker gas. Beginilah cara Hitler mendapatkan kumis sikat giginya yang terkenal.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Masker gas tunggal untuk ibu dan anak, 1939.

Kemudian, masker gas untuk warga sipil diproduksi. Misalnya, ada kamar gas khusus di mana kamu bisa menyembunyikannya dan bahkan ada kereta bayi yang merupakan masker gas kedap udara.

Selama Perang Dunia II, agar tidak menakut-nakuti anak-anak dengan masker gas menyeramkan dan tidak membuatnya terlihat seperti penyiksaan, ada yang bahkan ada masker gas dengan desain berbentuk Mickey Mouse di AS.

8. Penemuan kartas gulung toilet.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Kertas gulung toilet paten, AS, 1891.

Yang pertama menyebutkan kertas toilet ditemukan di Cina pada abad ke-6. Orang Eropa menggunakan metode lain selama berabad-abad, wol, daun, pasir, kain, lumut, dan bahkan kulit kerang. Mencetak pada abad ke-19 menyebabkan orang menggunakan buku dan surat kabar murah sebagai kertas toilet.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Kertas toilet yang kita kenal sekarang gulungan muncul pada akhir abad ke-19. Di Uni Soviet, produksi kertas toilet dimulai hanya pada tahun 1969. Pada awalnya, dulu tak terlalu populer. Warga berpikir bahwa itu adalah pemborosan uang untuk membeli kertas khusus ketika mereka bisa menggunakan koran biasa.

Kampanye yang disponsori oleh pemerintah mempengaruhi penduduk, sehingga mereka secara aktif mulai membeli produk baru ini yang segera menyebabkan kelangkaan.

9. Produk kecantikan.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Pengeriting listrik, 1930

Pada awal abad ke-20, industri kecantikan mulai berkembang dengan sangat cepat sehingga menawarkan perangkat baru untuk meningkatkan penampilan mereka. Berbagai macam perangkat dilakukan agar tampak sangat aneh dengan beberapa dari mereka bahkan lebih mirip perangkat penyiksaan daripada produk kecantikan.

Namun, wanita tidak benar-benar takut bereksperimen dan mereka menggunakan penemuan baru, perangkat untuk membekukan bintik-bintik, menghilangkan jerawat, mengubah bentuk hidung, dan banyak hal lainnya.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Seorang klien di salon kecantikan Helena Rubinstein memiliki mandi susu dengan gelembung udara dan masker wajah anti penuaan khusus, 1937.Pada 1910-an, di Eropa Timur dan Amerika, salon kecantikan menjadi populer. Pendiri jaringan salon kecantikan yang terkenal di mana ahli kosmetik profesional pertama bekerja adalah Helena Rubinstein.

Dia adalah orang yang menemukan maskara tahan air dan memisahkan 3 jenis kulit normal, kering, dan berminyak, juga merekomendasikan rejimen perawatan kulit khusus untuk mereka.

10. Hiburan yang aneh.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: "Kuda menyelam" AS, 1907

Ada banyak jenis hiburan yang benar-benar liar dan aneh di masa lalu. Pada gambar di atas, kamu dapat melihat salah satunya yaitu "kuda menyelam". William Carver sedang melewati jembatan setengah hancur dan kudanya jatuh ke air. Bayangan kuda yang jatuh menginspir Carver sedemikian rupa sehingga ia menciptakan sebuah pertunjukan di mana kuda-kuda terlatih melompat ke air. Acara ini menjadi sangat populer.

Butuh pembela hak-hak binatang sampai tahun 1970-an untuk menutup acara ini, tetapi bahkan sekarang, penyelaman kuda ada di satu tempat di New York. Pemilik mengklaim bahwa mereka tidak menggunakan kekerasan pada kuda dan mereka melompat dari ketinggian hanya 3 meter, jadi tidak ada bahaya bagi mereka.

10 Fakta sejarah penemuan aneh di masa lalu, ngeri!

Foto: Pak Egbert membawa singa berumur 5 tahun untuk menaiki dinding kematian di Mitcham fair. 1 Januari 1935

Jenis hiburan liar lainnya dari masa lalu adalah apa yang disebut Lion Drome. Itu muncul di usia 20-an ketika balap mobil biasa membosankan bagi pemirsa. Kemudian, penyelenggara mulai menempatkan singa sungguhan tepat di samping pembalap. Pembalap mencapai kecepatan yang sangat tinggi dan menaiki "dinding kematian".

Tetapi bahkan ini tidak cukup untuk pemirsa. Kemudian, elemen ekstrem baru muncul, singa terlatih dibebaskan dari kandang mereka dan para pengendara sepeda motor yang dikejar berusaha menangkap mereka.Lion Drome terakhir ditutup pada tahun 1964 ketika seekor singa menyobek tangan seorang pelatih.