Saat ini drama Korea (drakor) memang menjadi idola tontonan bagi sebagian peminat drama. Alur cerita yang menarik dengan para pemain yang rupawan menjadi daya tarik yang sulit dielakkan. Para pencinta drakor rela begadang semalaman demi menuntaskan drama kesayangannya hingga lupa akan aktivitas keseharian.

Namun sebelum drakor meledak, drama Mandarin juga pernah meraih popularitas yang tidak main-main di Indonesia. Para generasi lawas pasti familiar dengan drama Mandarin yang ditayangkan televisi pada tahun 90-an hingga awal 2000-an.

Anak laki-laki pada masa itu terobsesi menjadi pendekar sakti gara-gara menonton drama Mandarin atau tiba-tiba bisa ngerap karena nonton Kera Sakti. Para gadis pun akan tergila-gila dengan pemain tampan yang super romantis dalam drama Mandarin.

Buat kamu yang generasi lawas dan ingin mengingat keseruan masa itu, coba simak ulasan tentang drama lawas Mandarin ini ya.

1. Putri Huan Zhu.

10 Drama Mandarin jadul ini bikin generasi lawas nostalgia

Foto: www.nakita.grid.id

Anak perempuan zaman old yang menonton serial drama ini akan terobsesi menjadi tuan putri layaknya Putri Huan Zhu. Berbekal saputangan dan hiasan bunga maka kamu akan bergaya layaknya putri kerajaan.

Drama ini mengisahkan raja yang mencari putrinya yang hilang, namun gadis yang dia kira anaknya ternyata bukanlah anak kandungnya. Ceritanya memang terdengar biasa dan sering dikisahkan pada drama lain, namun serial ini meramunya dengan bumbu konflik, komedi, dan romantisme yang pas.

2. Pendekar Rajawali.

10 Drama Mandarin jadul ini bikin generasi lawas nostalgia

Foto: www.bukalapak.com

Drama ini lebih dikenal dengan judul Yokodan hampir semua generasi lawas akan familiar dengan alur kisahnya. Aktor tampan Andy Lau bermain apik saat memerankan Yoko yang amat gigih berlatih jurus demi menjadi Pendekar Rajawali.

Para anak cowok zaman old yang menonton drama ini akan heboh memperagakan jurus ala Yoko. Mereka juga tentu saja mengagumi kecantikan bibi Lung yang tidak lekang dimakan waktu.

3. Legenda Siluman Ular Putih.

10 Drama Mandarin jadul ini bikin generasi lawas nostalgia

Foto: www.romanceandstory.blogspot.com

Bagi generasi lawas, drama ini akan diingat karena dialognya yang menyertakan panggilan suamiku atau istriku. Memang terdengar aneh, tapi coba ikuti alur ceritanya yang sungguh seru untuk disimak.

Siluman ular putih yang jatuh cinta akan kebaikan seorang pria memutuskan untuk berpura-pura menjadi manusia demi bisa bersanding dengan pria pujaannya. Tentu saja banyak konflik yang terjadi, namun justru menjadikan drama ini asyik ditonton lho.

4. Pendekar Harum.

10 Drama Mandarin jadul ini bikin generasi lawas nostalgia

Foto: www.bukalapak.com

Drama ini cukup kocak dan seru karena banyak sekali adegan action yang membumbui kisahnya. Seorang pendekar yang dapat mengeluarkan bau harum saat berkelahi memang terlihat aneh, namun jangan salah si pendekar sering menang lho. Jurusnya bukan hanya untuk menumpas musuh, namun bisa juga untuk menggaet wanita.

5. Kabut Cinta.

10 Drama Mandarin jadul ini bikin generasi lawas nostalgia

Foto: www.mbatang.com

Pada awal 2000-an drama Kabut Cinta menjadi favorit semua orang sehingga lagu soundtrack-nya didaur ulang ke bahasa Indonesia. Namun daya tarik drama ini tidak lain karena kisahnya yang sungguh menguras emosi. Vicky Zhao selaku pemeran utama bermain apik sebagai putri yang dibuang oleh jenderal yang beristri banyak. Romansa dan komedi yang pas membuat tragedi yang ada semakin asyik diikuti.

6. Kera Sakti.

10 Drama Mandarin jadul ini bikin generasi lawas nostalgia

Foto: www.brilio.net

Serial ini sangat populer hingga kini bahkan meski di remake dalam banyak versi. Namun versi tahun 1996 ini adalah serial Kera Sakti yang paling ikonik. Drama ini meyuguhkan alur cerita yang seru dengan bumbu adegan action, komedi, dan pelajaran hidup yang sangat berimbang porsinya.

Aksi hebat Sun Go Kong dalam menumpas siluman jahat membuat penonton terkagum. Dan jangan lupakan dialog memelas Patkay yang berbunyi dari dulu beginilah cinta, deritanya tiada akhir.

7. Meteor Garden.

10 Drama Mandarin jadul ini bikin generasi lawas nostalgia

Foto: www.womantalk.com

Komik Jepang bertajuk Hana Yori Dangomemang sudah dibuat drama di berbagai negara dengan mengusung F4 sebagai pusat cerita. Namun adaptasi terpopuler dari komik ini adalah drama Meteor Garden buatan Taiwan. Pada awal 2000-an, drama ini sangat booming hingga membuat penonton di Indonesia histeris akan karisma anggota F4. Apakah kamu salah satunya?

8. Mars.

10 Drama Mandarin jadul ini bikin generasi lawas nostalgia

Foto: www.ianastory501.blogspot.com

Lupakan peran Vic Chou yang gemulai dalam drama Meteor Garden karena di drama Mars, karakternya sungguh berbeda. Serial Mars bukan tentang romansa saja, namun alur cerita yang penuh misteri menjadi daya tarik lebihnya. Bersiaplah dengan plot twist yang tidak terduga dalam drama ini karena benar-benar mencengangkan.

9. Twins (100% Senorita).

10 Drama Mandarin jadul ini bikin generasi lawas nostalgia

Foto: www.akizukiorientaldramamovie.blogspot.com

Garis besar dari drama ini adalah anak kembar yang terpisah namun dipertemukan oleh takdir saat dewasa. Memang terdengar biasa, namun percayalah konflik yang ditawarkan drama ini bukan kacangan. Kamu akan dibuat deg-degan menanti episode demi episode karena pergerakan kisahnya yang tidak biasa.

10. MVP Lovers.

10 Drama Mandarin jadul ini bikin generasi lawas nostalgia

Foto: www.gramunion.com

Ketika drama ini ditayangkan, cewek generasi lawas menjadi tergila-gila pada pemain basket. Bagaimana tidak, MVP Lovers menyajikan deretan pemain basket yang kece abis lengkap dengan konflik romansa yang bikin gregetan. Kamu nggak akan bosan menonton drama ini tiap minggunya karena memang asyik untuk diikuti.