Relasi adalah bentuk komitmen yang dibuat oleh masing-masing individu. Sebuah relasi yang dijalankan oleh setiap individu pasti memiliki masa di mana terasa indah dan terkadang terasa sedih.

Menjalin sebuah relasi yang sehat bukanlah hal yang mudah. Memerlukan kerja keras agar relasi bisa semakin kuat. Untuk memperkuat relasi diperlukan kesabaran, komunikasi, dan kepercayaan yang semuanya tentu tidak mudah untuk dijalani.

Salah satu kunci memperkuat relasi yang sehat adalah sebuah kepercayaan atau rasa percaya yang dimiliki masing-masing individu. Jika tidak ada rasa percaya atau kepercayaan dalam suatu relasi akan sangat sulit menjalaninya. Ada banyak hal yang mungkin membuat kita tidak bisa percaya atau hilang kepercayaan pada pasangan. Tetapi jika kita memang benar-benar sayang pada pasangan, kita akan tetap mencoba untuk mengembalikan rasa percaya itu lagi.

Lalu, bagaimana cara mengembalikan rasa percaya dalam suatu hubungan?

1. Kita perlu sadar bahwa manusia terdiri dari baik dan buruknya, atau dengan kata lain kita sebagai manusia adalah makhluk yang memiliki kekurangan.

2. Terima sisi gelap dan tidak menyenangkan diri kita. Ubah apa yang bisa kita ubah, dan terimalah bahwa kita mungkin tidak bisa berkembang sepenuhnya.

3. Cobalah untuk menoleransi emosi yang kuat seperti saat kesusahan, penolakan, dan cinta.

4. Sadarlah untuk melampiaskan perasaan itu kepada orang lain karena kita tidak ingin menghadapinya.

5. Lupakan rasa dikhianati sebelumnya. Tahan keinginan untuk memikirkan mereka yang pernah berbuat salah pada kita, dan jangan biarkan pengalaman ini menghalangi perkembangan relasi yang sehat saat ini.

6. Kelola waktu dengan baik. Kepercayaan berarti menunda kepuasan yang instan.

7. Ketahuilah bahwa pada dasarnya dunia adalah tempat yang aman, dan percaya pada niat baik yang orang lain perlihatkan.

8. Belajar untuk menerima bahwa ketika seseorang mengkhianati kepercayaan kita, kita dapat menahan perasaan marah, sakit hati, dan ketidakpastian yang tidak nyaman.

9. Maafkan diri sendiri karena telah melampiaskan ke orang lain. Kita semua pernah melakukannya.

10. Sadarilah bahwa orang lain tidak bisa mengerti kita jika kita tidak mengerti diri kita sendiri.

Ini memanglah bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Sebab, siapa yang ingin menghadapi sisi jelek dirinya sendiri? Langkah pertama yang bisa kita lakukan dalam menjalani relasi yang sehat adalah belajar menahan perasaan yang tidak diinginkan, dan tidak melampiaskannya ke orang lain.