×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

0

News

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Kamu perlu menerapkan 10 cara ini agar channel kamu makin berkembang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Deris Ramaditia

29 / 01 / 2019 10:00

Pernah terlintas dari pikiran kamu kenapa sih chanel youtube kamu gitu-gitu aja, gak ada perkembangan sama sekali. Kamu berpikir sekilas mungkin karna kontenmu kurang menarik, atau karena kualitas videomu kurang baik. Akhirnya kamu benahi masalah di atas. Tapi setelah kamu benahi konten dan kualitas videomu, kok viewers sama subscriber-nya masih sama saja ya. Mungkin kamu melewatkan sesuatu?

Ada hal sangat penting yang harus kamu ketahui sebagai youtuber pemula. Saya akan memberikan tips dari pengalaman saya dan dari media kursus yang diberikan oleh pihak youtube-nya langsung. Oke langsung kita simak saja.

1. Kualitas video.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Kualitas video yang bagus berpengaruh dalam video kamu. Bayangkan bila video kamu pecah-pecah, atau buram sekali yang bikin tidak enak dipandang oleh penonton. Ini adalah salah satu hal yang tidak boleh kamu anggap remeh. Kualitas video harus bagus, usahakan memakai Camera Cybershoot atau jika memakai HP untuk membuat videonya, usahakan kamera HP-nya lumayan bagus.

 

2. Komunitas.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Komunitas adalah suatu organisasi atau kumpulan seseorang dalam bidang atau hobby tertentu. Jika kamu ingin membuat konten gaming, kamu harus mencari komunitas para gamers. kamu harus gabung ke komunitas seperti Garena, Dota, dll. Semakin kamu dikenal komunitas, dari situ pula kamu semakin terkenal dan video kamu pasti akan sering ditonton.

 

3. Subscirber.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Subscriber adalah penonton yang mengikuti channel kamu, atau bisa disebut seperti followers. Di mana jika kamu membuat video baru lalu menunggahnya, yang nonton pertama kali adalah subscriber channel kamu. Jadi subscriber itu penting sekali untuk masa depan channel kamu. Belum lagi pada tahun 2018 Youtube telah memberikan kebijakan bahwa semua channel yang akan dimonetisasi harus bisa mencapai 1000 Subscriber. Karna Youtube memfilternya mana content yang layak dan original dan mana konten yang tidak layak. Jadi usahakan ciptakan hasil video kamu yang original. 

 

4. Waktu ditonton.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Waktu ditonton juga penting sekali, biasanya banyak youtuber yang membuat video berdurasi 15 menit. Tapi rata-rata yang menonton hanya 3-4 menit saja. Lho kenapa? Perlu diperhatikan, video yang membosankan pasti akan selalu di-skip oleh penonton. Jadi kuncinya adalah bikin penonton kamu penasaran dengan akhir cerita, dan bawakan sedikit comedi ke video kamu, karna orang Indonesia saat ini tidak terlalu suka dengan video yang terlalu serius, minimal ada lucunya sedikit. Ini juga sangat penting sekali ya, karena kebijakan youtube agar channel kamu bisa dimonetisasi selain harus mendapatkan 1000 subscriber, kamu juga harus punya waktu ditonton minimal 4000 jam tayang dari semua video kamu.

 

5. Icon channel yang menarik.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Icon channel yang menarik juga mampu menambah banyak subscriber kamu, juga diingat sebagai identitasmu. Contohnya adalah Channel Tutorial Design, orang akan melihat Icon-nya dulu. Jika menurut penonton bagus, pasti dalam pikirannya terlintas sejenak "Iconnya saja bagus pasti videonya juga bagus?", seperti itu iya kan. Bikin Icon yang sesuai dengan Content Channel Youtube kamu.

 

6. Header channel yang menarik.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Ini juga penting sekali. Kadang kala ada penonton yang baru menonton video kamu sekali dan mereka menyukainya. Lalu mereka langsung mengklik channel youtube kamu dan ingin melihat videomu lainnya. Maka saat penonton mengunjungi channel youtube kamu, sebaiknya buat semenarik mungkin agar enak dilihat oleh penonton. Dan nilai plusnya kamu bisa saja dianggap profesional.

 

7. About channel.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Apa itu about channel? About channel menceritakan sedikit tentang channel youtube kamu. Misalkan kamu beri keterangan bahwa "Channel ini adalah konten gaming yang akan upload setiap hari" atau "Channel ini memberikan banyak tutorial tentang gaming dan akan upload setiap hari". Seperti itu.

 

8. Channel trailer.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Kamu banyak yang tidak tahu pasti apa itu channel trailer? Channel trailer adalah saat di mana pengunjung/penonton baru kamu yang mengklik channel youtube kamu lalu tiba-tiba ada satu video yang berjalan otomatis tanpa diklik oleh mereka. Itu namanya adalah channel trailer, dan biasanya di channel trailer ini kamu harus memilih video terbaik dari semua video kamu agar pengunjung merasa senang atau merasa wah dengan channel youtube-mu.

 

9. Membuat playlist.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Ini penting sekali agar video kamu ditonton berulang-ulang oleh penonton. Misal kamu bikin video tutorial "Cara membuat vektor", pasti tidak akan mungkin satu video iitu akan selesai kan? Pasti kita bikin ber-part-part. Misal "Cara membuat vektor Bibir part 1", lalu "Cara membuat vektor mata part 2", dan seterusnya. Maka dari itu dibutuhkan playlits. Jadi apa sih fungsinya playlist ini? Secara singkatnya, jika penonton telah selesai menonton video kamu yang pertama, maka secara otomatis penonton akan langsung diarahkan ke video kamu yang kedua tanpa harus ribet mencari-cari di mesin pencarian. Jaid betapa pentingnya playlits agar viewers kamu semakin banyak.

 

10. Channel section.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Kalau yang satu ini sebenarnya lebih ke tampilan channel youtube kamu. Saat orang mengklik channel youtube kamu, maka di sana ada beberapa section yang menandakan macam-macam video kamu, hampir sama seperti playlist. Namun di channel section ini menunjukan bahwa kamu punya beberapa playlist. Fungsinya hanya memberi tahu penonton bahwa ada beragam playlist di channel youtube kamu.

 

11. Konten yang konsisten.

10 Cara jitu optimasi channel Youtube agar tetap stabil

Ini yang sering dilupakan oleh para youtuber pemula. Ibarat youtube itu adalah sebuah panggung, misalkan pertama kamu membuat video tutorial designer, dan pasti penonton akan menganggap kamu sebagai Profesional Designer dan akan men-subscribe channel kamu. Tapi jika hari berikutnya kamu mengupload konten gaming, lalu penonton akan heran, sebenarnya kamu designer atau gamers? Dan hati-hati karena kebingungan ini bisa membuat subscriber kamu men-unsubseribe channel kamu. 

 

Itulah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin berkecimpung di dunia youtube demi berkarya dan mendapatkan uang. Jika artikel ini bermanfaat silakan share sebanyak-banyaknya ya. Terima kasih.

Source







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red