Orang yang sudah tua tahu betulciri-ciri orang baik hati. Tampilkan cerminan anda sebagai calon menantu idaman. Dengan ini dapat menyebabkancarahubungan menjadi romantisantara anda dan pasangan karena sudah mendapat restu orang tua.

Cinta sejatibukan lagi khayalan bagi anda berdua karenaciri-ciri cinta sejatiada pada kamu dan pasangan. Nah, berikut ini kiat mengambil hati calon mertua:

1. Berpenampilan bersih, rapi, dan elegan.

Apabila kita membeli buku, maka yang pertama kita lihat adalah covernya. Apabila tertarik kita akan membelinya. Nah, sama halnya dengan calon mertua, yang mereka lihat pertama kali adalah penampilan kita. So, buat mereka terkesan sehingga mereka yakin bahwa kamu sangat cocok untuk anaknya.

2. Berikan senyuman dan bersikap sopan santun.

Semua orang tentu merasa senang jika diajak tersenyum. Berikanlah senyuman yang hangat saat pertama bertemu, jangan lupa ajak mereka bersalaman dan cium tangannya. Sebagai orangtua mereka akan merasa sangat dihormati.

3. Berbicaralah dengan mereka.

Karena baru pertama bertemu, maka pilihlah topik yang ringan. Jangan terlihat kaku, berbicaralah dengan rileks. Buat mereka nyaman saat berbicara denganmu.

4. Katakan sejujurnya mengenai identitas anda.

Sudah sewajarnya calon mertua memberikan pertanyaan mengenai nama, alamat rumah, nama orangtua, pekerjaan, dan latar belakangmu. Mereka menanyakan itu karena sejujurnya ingin mengenalmu lebih dalam, jangan pernah berbohong mengenai identitasmu.

Meski pertanyaan ini kurang nyaman, tapi percayalah saat kamu bisa terbuka dan jujur sejak awal, ini bisa menambah rasa yakin mereka terhadapmu.

5. Membawakan buah tangan.

Tanyakan pada kekasihmu apa yang mereka sukai. Bawakan sesuatu yang mereka sukai, misal makanan. Tentu ini akan menarik perhatian mereka dan menilaimu adalah sosok yang perhatian.

6. Jangan sungkan menawarkan bantuan.

Jika kamu datang kerumahnya saat mereka sedang sibuk, seperti sedang menata kebun. Tentunya setelah mereka menyambutmu sebagai tamu dan sedikit basa basi, tawarkanlah bantuan untuk mereka. Ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang ringan tangan dan rajin.

7. Memahami apa yang calon mertua sukai dan tidak sukai.

Kembali tanyakan kepada kekasihmu, hal yang mereka sukai dan tidak sukai. Contoh, mereka tidak suka saat sedang makan ada yang berbicara. Maka saat kamu ditawari makan dirumahnya, sebisa mungkin hindari ini. Lebih tepatnya pahami mengenai adat dan kebiasaan keluarga pasanganmu.

8. Jangan bersaing dan mintalah saran pada calon mertua.

Jangan melihatkan kelebihan mu, seperti misal berapa rumah yang kamu punya, mobil yang kamu miliki. Ini akan menimbulkan kesan persaingan, lambat laun mereka akan mengenalmu dengan sendirinua. Dan mintalah saran kepada mereka, misal tanyakan makanan kesukaan pacarmu.

9. Jalin komunikasi yang baik.

Saat pertemuan pertama sudah terlewati, usahakan agar komunikasimu dengan mereka tetap berjalan baik. Sesekali tanyakan kabarnya atau tanyakan mengenai kesehatannya. Orangtua tentu senang jika diperhatikan anak-anaknya (karena kelak kamu juga jadi anaknya).

10. Memperlakukan pacar dengan baik di depan calon mertua

Saat sedang bersama calon mertua, tunjukkan keseriusanmu dalam menjalin hubungan dengan anaknya. Misal jangan sungkan untuk meladeni kekasihmu saat makan, menghormati pasanganmu, bersikap lembut dengan pasanganmu. Ini akan meyakinkan mereka bahwa anaknya jatuh di orang yang tepat.