Hewan peliharaan anjing maupun kucing sama-sama menggemaskan. Namun, di Jepang kucing berhasil menjadi hewan peliharaan paling favorit sepanjang tahun ini. Apa alasannya?

 Kucing jadi hewan peliharaan terfavorit di Jepang, ini lho alasannya

foto: chinadivide.com

Dilansir darijapantimes.co.jp, untuk pertama kalinya sejak tahun 1994 kucing berhasil menjadi hewan terpopuler di Jepang tahun ini. Alasannya adalah karena banyak sekali warga Jepang memelihara kucing ketimbang anjing yang biaya perawatannya jauh lebih mahal.

 Kucing jadi hewan peliharaan terfavorit di Jepang, ini lho alasannya

foto:kyodonews.net

Bahkan, Jepang sendiri sedang mengalami krisis populasi yang justru menurunkan peminat untuk memelihara anjing. Kucing sangat digemari oleh para lansia di sana ketimbang anjing yang harus keluar rumah setiap hari.

Selain itu, hukum di Jepang memang sudah mengatur dalam hal hewan peliharaan, seperti anjing yang harus diberikan vaksin. Tak hanya itu juga, harga anjing peliharaan juga mengalami peningkatan yang drastis sehingga anak-anak muda serta orang berusia lanjut mengurungkan niat untuk memelihara anjing.

 Kucing jadi hewan peliharaan terfavorit di Jepang, ini lho alasannya

foto:atlasobscura.com

Padahal, seperti yang diketahui Jepang memiliki salah seekor anjing yang dikenal karena kesetiaannya, yakni Hachiko. Kisah nyata seekor anjing ini memang mampu menarik perhatian sebagian besar warga Jepang hingga pada akhirnya dibuat film.

Dan pada saat itu, banyak sekali orang-orang Jepang ingin memelihara anjing sebagai peliharaannya karena sifat kesetiaannya yang dimilikinya. Tetapi sayangnya pada tahun ini justru mengalami sebaliknya.

Bagaimana menurut kalian?