Brilio.net - Premenstrual Syndrome atau yang bisa disebut dengan PMS memang pada umumnya terjadi sama cewek menjelang menstruasi. Nah kalau untuk cowok, sepertinya memang tidak mungkin bisa terjadi. Memang kalau dilihat secara fisik, cowok memang mustahil bisa mengalami apa yang disebut PMS, karena mereka memang tidak menstruasi.

Namun jangan salah, cowok ternyata bisa mengalami PMS lho. Seperti dikutip dari medicaldaily.com, Kamis (25/5), cowok ternyata bisa juga merasakan kram perut, mood swing atau mood yang berubah-ubah, serta hal-hal lainnya yang biasa dialami oleh wanita di suatu waktu. Gejala tersebut dinamakan Irritable Male Syndrome atau IMS.

Terapis sekaligus penulis buku 'The Irritable Male Syndrome', Jed Diamond Ph.D, telah meneliti tentang permasalahan ini lebih dari 40 tahun. Jed mengungkapkan bahwa hampir seperempat populasi cowok mengaku pernah mengalami kondisi IMS, bahkan setiap bulannya.

IMS sendiri terjadi karena penurunan kadar testosteron dalam tubuh cowok. Kadar testosteron ini bisa menurun karena banyaknya faktor, seperti stress berat, pola makan yang tidak teratur, hingga dan usia yang semakin tua. Kalau IMS-nya parah, cowok bahkan bisa berubah jadi gampang cemas, emosional, bahkan depresi.

Wah untuk itu, buat kalian terutama para cewek nih, perlu diketahui juga nih tanda-tandanya kalau cowok kalian mengalami beberapa gejala di bawah ini. Biar kalian tahu kalau cowok kalian lagi mengalami masa IMS.

Loading...

1. Mereka cenderung berperilaku impulsif. Tiba-tiba menghamburkan uang dengan sembarangan.

cowok bisa PMS © 2017 brilio.net

Hal ini disebabkan tingkat kecemasan yang tinggi sehingga membuat kadar testosteron mereka menurun. Ini membuat rasa maskulinitas mereka terluka. Hingga membeli barang-barang akan bisa mengembalikan rasa berkuasa mereka.

2. Mood-nya bisa berubah-ubah.

cowok bisa PMS © 2017 brilio.net

Ini dikarenakan menurunnya hormon testosteron setiap hari. Kadang tinggi di pagi hari, namun bisa menurun seiring waktu hingga malam hari. Ini bisa dikarenakan stress, kelelahan, atau program diet. Ini bisa mengganggu sensitivitas dan juga mood para cowok.

3. Cowok akan lebih senang jika menyendiri saat IMS.

cowok bisa PMS © 2017 brilio.net

Jadi jangan heran kalau cowok tiba-tiba menghilang dari pandangan. Mereka akan lebih suka menyendiri hingga mood-nya membaik dan meningkatkan hormon testosteron mereka.

Selain itu, cowok yang mengalami IMS juga sering tiba-tiba lapar seperti 'ngidam' sesuatu. Jadi jangan kaget ya buat para cewek kalau cowok kalian tiba-tiba berperilaku seperti tanda-tanda di atas. Itu tandanya dia sedang mengalami IMS.