Brilio.net - Pernahkah kamu merasa tertarik dengan seseorang dari pandangan pertama? Dalam kondisi ini, dia terlihat 'berbeda' dibandingkan orang lain yang sama-sama dilihat pertama kali. Kok bisa begitu ya? Keadaan ini ternyata ada tinjauan ilmiahnya lho.

Biar nggak penasaran langsung aja simak beberapa poin di bawah ini, seperti dikutip brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (25/5).

1. The Golden Ratio



Berdasarkan sebuah studi pada 2010, wajah yang paling menarik ketika wajah berada dalam posisi rasio tertentu. Dimungkinkan, ketika kamu merasa tertarik pada seseorang ketika kamu melihatnya, wajahnya sedang dalam posisi golden ratio.


2. Simetri wajah



Kamu akan lebih tertarik dengan wajah yang simetris. Simetri wajah telah dianggap sebagai suatu unsur kecantikan karena merupakan pertanda memiliki gen yang baik untuk kesehatan reproduksi.


3. Waktu "bulanan"



Ketika seorang wanita berovulasi, perempuan akan tampak lebih menarik dari biasanya. Ini berangkat dari perubahan aliran darah yang menyebabkan perubahan warna pada wajah menjadi lebih cerah.


4. Preferensi umur orangtua ketika kamu dilahirkan



Jika kamu dilahirkan ketika usia orangtuanya lebih tua, kamu punya kecenderungan tertarik pada orang yang lebih muda dan peka terhadap tanda-tanda penuaan seseorang.


5. Rasio pinggang-panggul



Di Eropa, rasio pinggang-pinggul wanita ideal adalah yang paling membuat para pria tertarik adalah sebesar 0,7. Di beberapa wilayah di Afrika dan Amerika Selatan, mereka lebih suka rasio 0,8 atau 0,9. Sedangkan para rasio ideal untuk pria adalah 0,9.


6. Detail fisik



Berdasarkan penelitian dari ahli biologi evolusi, wanita lebih tertarik pada pria dengan alis menonjol dan rahang besar, yang mana menandakan tingkat testosteronnya tinggi. Sedangkan pria tertarik pada wanita dengan alis kurang menonjol dan dagu yang lebih kecil yang menunjukkan tingkat estrogen yang tinggi.


7. Janggut



Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa wanita lebih tertarik pada pria dengan janggut lebat, dibandingkan dengan pria dengan janggut memenuhi wajah atau yang bersih sama sekali.


8. Warna outfit



Apa yang seseorang pakai dapat membuatnya lebih menarik. Menurut University of Rochester, pria lebih tertarik pada wanita yang memakai outfit merah, karena menjadikan lebih seksi dan menarik, dibandingkan dengan wanita yang mengenakan outfit warna biru. Demikian juga dengan perempuan lebih tertarik pada pria dengan outfit warna merah karena menandakan pria dengan karakter kuat.

Nah, kalau kamu jatuh cinta pada pandangan pertama karena apa? KLIK NEXT ya

2 dari 2 halaman


9. Panjang hubungan



Pria merasa wanita yang memiliki wajah lebih feminin tampak lebih menarik. Tapi ini hanya berlaku untuk orang-orang yang sedang mencari hubungan jangka pendek.


10. Aroma



Wanita akan jengkel dengan pria yang mengeluarkan aroma keringat. Namun wanita yang berada di puncak kesuburan lebih tertarik pada aroma badan pria yang memiliki kadar testosteron tinggi.


11. Senyuman



Pria lebih tertarik ketika wanita tersenyum. Namun hal yang sama tidak berlaku bagi wanita. Pria yang menunjukkan emosi bahagia dinilai kurang menarik di mata wanita. Justru pria pemikir lebih disukai. Yang paling menarik bagi wanita adalah pria yang sedikit tersenyum dan tak segan membantu wanita.


12. Suara



Sebuah studi menunjukkan bahwa pria tertarik pada wanita dengan suara yang lebih tinggi, yang menunjukkan kadar estrogennya tinggi. Di sisi lain, perempuan menyukai laki-laki dengan suara rendah karena terkait dengan lebih banyak testosteron.


13. Kontrasepsi



Wanita yang minum pil melihat laki-laki yang kurang maskulin lebih menarik dibandingkan ketika dia tidak sedang meminum pil.


14. Kondisi lapar



Berdasarkan penelitian tahun 2006, orang-orang yang lapar yang lebih tertarik pada wanita yang memiliki bobot tubuh yang lebih tinggi.


15. Kemiripan dengan orangtua



Dalam sebuah penelitian, psikolog menemukan bahwa orang akan merasa lebih nyaman menjalani hubungan dengan pasangan yang memiliki warna mata dan rambut yang sama dengan orangtua pasangannya itu.