Brilio.net - Jerawat muncul di wajah emang bikin bete. Bikin nggak pede sama penampilan deh. Ya kan?

Eh, tapi kalau jerawat muncul di tempat lain, pernah kepikiran nggak gimana mengganggunya sama penampilan kamu? Ya, jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja sepanjang kamu memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak atau folikel rambut. Salah satu yang sering jadi gangguan dan bikin nggak nyaman adalah jerawat di punggung. Nah lho!

Jerawat di punggung atau 'bacne' bisa muncul karena berbagai alasan. Meskipun itu merupakan hal yang normal terjadi karena layaknya wajah, punggung juga punya banyak kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum atau minyak. Tumpukan minyak yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

BACA JUGA: Kamu pernah ngalamin jerawatan di bokong? Ini penjelasan dan solusinya

Untungnya, penyebab jerawat di punggung bukan masalah hormonal atau ada yang salah secara internal dengan tubuh kamu. Inilah penyebab paling umum jerawat di punggung sehingga kamu bisa menghindarinya, seperti dilansir brilio.net dari Bustle, Senin (22/2).


1. Keringat

Ini 5 penyebab kenapa jerawat suka nongol di punggung kamu, iyuh! foto: huffingtonpost.com

Ini alasan paling jelas mengapa bisa muncul jerawat di punggung. Ketika kamu beraktivitas di luar rumah dan berkeringat, keringat akan bercampur dengan minyak dan bisa bikin iritasi atau menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Cobalah mandi segera mungkin sepulang kamu beraktivitas atau setelah selesai olahraga. Jangan biarkan pakaian olahraga menempel di tubuhmu lebih lama dari yang diperlukan.


2. Pakaian terlalu ketat

Ini 5 penyebab kenapa jerawat suka nongol di punggung kamu, iyuh! foto: theghostwriters.it

Bahkan jika kamu nggak berkeringat, pakaian pas yang super ketat dapat memicu timbulnya jerawat karena kulit nggak bisa bernapas. Jadi sebaiknya pakailah pakaian longgar dengan bahan yang nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik seperti bahan katun.


3. Seprai

Ini 5 penyebab kenapa jerawat suka nongol di punggung kamu, iyuh! foto: wpstockphotos.com

Seprai menyerap minyak dan bakteri, sehingga ketika kamu berbaring di atasnya setiap malam terjadi penumpukan yang menyebabkan jerawat. Pastikan untuk mencuci seprai secara teratur dan lihatlah apakah jerawat berani muncul di punggung.


4. Tali tas

Ini 5 penyebab kenapa jerawat suka nongol di punggung kamu, iyuh! foto: pariseventbd.com

Ini adalah salah satu penyebab yang mungkin nggak pernah kamu pikiran. Tetapi munculnya jerawat bisa disebabkan oleh iritasi, bukan? Sesuatu yang menggosok kulit berulang kaki seperti ransel atau tali tas dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.


5. Body lotion

Ini 5 penyebab kenapa jerawat suka nongol di punggung kamu, iyuh! foto: wikihow.com

Lotion tertentu atau produk kecantikan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Jadi pastikan kamu menggunakan produk yang non-comedogenic dengan bahan-bahan minimal dan menghindari terlalu banyak wewangian.