Brilio.net - Wanita dan pria diciptakan memang untuk melengkapi satu sama lain. Keduanya pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun dalam beberapa hal, wanita ternyata lebih dominan dibandingkan kaum pria.

Pernyataan itu bukanlah suatu hal subjektif yang mendukung atau mendeskreditkan gender tertentu. Akan tetapi berdasarkan fakta ilmiah dan penelitian yang dilakukan para ilmuwan. Rasanya mungkin sulit kamu terima, namun faktanya memang demikian.

Dilansir brilio.net dari storypick, Senin (18/4), berikut 16 anugerah yang dimiliki wanita dan tidak dimiliki oleh kaum pria. Kamu wajib mensyukurinya..

1. Wanita lebih baik dalam bertahan di suhu rendah ketimbang pria.

foto: pixabay.com

Wanita memiliki lapisan lemak bawah kulit yang lebih tebal dibandingkan pria. Itu kenapa mereka lebih mampu bertahan di suhu dingin daripada pria.

Sumber: USA Today

2. Wanita punya indera penciuman yang bagus ketimbang pria.

foto: merdeka.com


Wanita lobus olfactory yang lebih baik ketimbang pria. Itu artinya mereka memiliki indera penciuman yang bagus. Selain itu, faktor hormon estrogen juga membuat indera penciuman mereka lebih sensitif dibandingkan lawan jenis.

Sumber: BBC

3. Wanita lebih baik dalam komunikasi verbal dibandingkan pria.

foto: pexels.com


Wanita menggunakan lima nada vokal untuk berkomunikasi, sementara pria hanya menggunakan tiga. Mereka juga sangat fasih dalam bertutur kata serta memiliki korteks pendengaran padat. Itu sebabnya mereka mampu menjadi pendengar maupun pembicara yang baik.

Sumber: Scientific American


4. Wanita lebih kuat ketimbang pria dalam melawan infeksi.

foto: pixabay.com


Pria umumnya memiliki lebih banyak sel darah merah ketimbang wanita. Sedangkan wanita memiliki lebih banyak sel darah putih dibandingkan dengan laki-laki. Wanita juga memproduksi antibodi yang jauh lebih cepat. Itu kenapa mereka lebih kuat dalam melawan penyakit dibandingkan pria.

Sumber: NCBI

5. Wanita punya umur lebih panjang ketimbang pria.

foto: photobucket.com


Hal ini dikarenakan risiko yang dihadapi wanita lebih rendah ketimbang pria. Wanita umumnya tidak merokok dan mengonsumsi alkohol. Mereka juga biasanya kurang bersinggungan dengan pekerjaan berbahaya seperti halnya yang dilakukan pria.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, wanita kini punya risiko kematian yang sama besarnya dengan pria. Harapan hidup mereka pun juga semakin menurun.

Sumber: BBC

6. Wanita memiliki risiko rendah terkena gangguan jiwa, kecanduan alkohol, serta kepribadian antisosial.

foto: pixabay.com


Wanita memang cenderung tidak terpengaruh dengan minuman keras. Namun sekalinya mereka mencoba, mereka lebih rentan mengalami kecanduan.

Sumber: Psychology Today

7. Seorang wanita bisa dengan bebas menjadi terlihat 'jantan', tetapi pria tidak bisa bebas menjadi 'kewanita-wanitaan'.

foto: waroksungo.xtgem.com


Pria akan dikucilkan oleh masyarakat jika kelakuannya menjadi 'kewanita-wanitaan. Sebaliknya, wanita akan dipandang normal meski tingkah laku mereka mirip kebiasaan pria.

Sumber: Wikipedia


8. Wanita lebih berprestasi di sekolah ketimbang pria.

foto: sdjuara.files.wordpress.com


Buktinya sudah jelas.

Sumber: Telegraph

Kamu setuju? KLIK NEXT untuk tahu keunggulan wanita lainnya

2 dari 2 halaman



9. Wanita menangis itu normal. Namun tidak dengan kaum pria.

foto: stoptherule.net


Wanita menangis menjadi ungkapan perasaan yang lazim dan bisa diterima. Orang-orang pun akan menaruh empati yang tinggi saat melihat seorang wanita sedang menangis.

Namun tidak demikian dengan kaum pria. Pria yang gampang menangis dianggap cengeng dan sensitif. Mereka pun akan mendapat predikat yang buruk di mata masyarakat.

Sumber: Dailymail


10. Nasib wanita jarang berakhir di penjara.

foto: lionsgate.com


Banyak pria yang harus mendekam di penjara gara-gara kasus kriminal seperti pelecehan seksual, pemerkosaan, serta kasus kriminal lainnya. Sedmentara itu, wanita jarang masuk penjara karena diyakini mereka bukanlah tipe pengambil risiko.

Sumber: Goodmen Project

11. Wanita lebih pintar dalam mengatasi kondisi buruk.

foto: sebatasberita.com


Kamu mungkin pernah mendengar kasus ibu-ibu yang memaki-maki dan mencakar polantas karena tidak mau ditilang. Ujung-ujungnya mereka akan menangis dan membuat polisi panik. Faktanya, wanita memang lebih jago dalam mengatasi kondisi mendesak dan bersikap seolah-olah mereka benar.

12. Wanita tercipta untuk tidak menyukai kekerasan.

foto: scrapdigest.com


Statistik membuktikan bahwa kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) seringkali dilakukan oleh pria. Kalau pun pelakunya wanita, kasusnya sangat jarang dan dianggap sebelah mata.

Sumber: Telegraph

13. Wanita jarang bunuh diri.

foto: i.ytimg.com


Kaum pria berisiko 3,5 kali lebih tinggi melakukan bunuh diri ketimbang wanita.

Sumber: AFSP


14. Sama halnya saat melakukan pelecehan seksual.

foto: dailymail.co.uk


Predator seksual umumnya dilabelkan pada kaum pria. Kalau pun pelakunya wanita, biasanya berujung dengan kata damai.

Sumber: Time of India (http://timesofindia.indiatimes.com/life-style/relationships/man-woman/Men-too-are-victims-of-sexual-harassment/articleshow/16336627.cms)

15. Wanita itu dilamar. Melamar itu tugasnya pria.

foto: upload.wikimedia.org

Sudah menjadi budaya di seluruh dunia, kalau melamar itu menjadi tanggung jawab kaum pria. Sangat jarang ditemui kasus dimana wanita duluan yang mengungkapkan cinta.

Sumber: Telegraph

16. Wanita bisa memalsukan orgasme.

foto: merdeka.com


Menurut berbagai penelitian, wanita kerap memalsukan orgasme agar pasangan puas.

Sumber: Wikipedia

Terlepas apapun kelebihan yang dimiliki oleh kaum wanita, ada banyak pula kekurangan yang ada dalam diri wanita. Yang jelas, dengan mengetahui kelebihan tersebut, kita harus lebih banyak bersyukur atas nikmat hidup yang kita miliki.