Brilio.net - Jeruk nipis sudah cukup familiar bagi kita semua bukan? Buah berukuran kecil, berwarna hijau kekuningan, dan rasanya yang masam ini mengandung manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Misalnya, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, obat batuk tradisional, campuran jamu tradisional, dan lain-lain.

Jeruk nipis dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula.

Karena mengandung banyak nutrisi sehat, maka tak mengherankan pula jika jeruk nipis tinggi akan manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Salah satunya untuk kecantikan rambut. Siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut indah, terutama kaum wanita?

Karenanya tak berlebihan jika ada anggapan bahwa rambut adalah mahkota bagi wanita. Makanya, banyak yang mencari cara menjaga kesehatan rambut. Jika kamu berpikir bahwa hanya salon yang bisa membuat rambut menjadi indah, itu tidak benar. Kamu bisa sendiri menjaga keindahan rambut cukup dengan bahan-bahan alami seperti jeruk nipis, akan membuat rambut kamu menjadi sangat indah.

Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Seperti apa? Simak ulasan brilio.net yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa (13/11).

1. Membuat rambut berkilau dan bersih.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut Istimewa

foto: pixabay.com

Jika kamu ingin memiliki rambut yang berkilau dan bersih, maka jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat. Kandungan asam yang tinggi dalam jeruk nipis maupun lemon dapat membuat rambut menjadi lebih bersih dan berkilau. Zat asam ini juga dapat membunuh kuman-kuman di kulit kepala.

Cara menggunakannya:
Kamu cukup menggunakan air perasan jeruk nipis di rambut, lalu pijat kulit kepala dan rambut secara perlahan-lahan. Setelah itu bilas hingga bersih.

2. Mengatasi masalah ketombe.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut Istimewa

foto: girlfriend.com.au

Jeruk nipis juga dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi masalah ketombe yang cukup menganggu. Cara penggunannya cukup mudah, peras jeruk nipis, lalu usapkan air perasan jeruk pada rambut dan kulit kepala.

Diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas bersih. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu mengulanginya dua sampai tiga kali, dan kamu bisa lihat sendiri hasilnya.

3. Menyuburkan rambut.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut Istimewa

foto: pixabay.com

Jeruk nipis dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya cukup sederhana.

- Peras jeruk nipis
- Ambil hasil perasan air jeruk nipis, lalu teteskan ke kulit kepala
- Pijat kulit kepala kamu secara perlahan
- Setelah itu keramas menggunakan sampo.

4. Mencegah ujung rambut bercabang.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut Istimewa

foto: alacvi.blogspot.com

Nutrisi yang terkandung di dalam jeruk nipis dapat memberikan asupan gizi yang cukup baik untuk rambut. Vitamin, asam amino dan kalsium dalam jeruk nipis mampu mengatasi ujung rambut agar tetap padat dan tidak mudah membelah diri.

Cara menggunakannya, peras jeruk nipis, lalu usapkan air perasan jeruk pada rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa saat dan bilas bersih.

5. Mencegah munculnya kutu rambut.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut Istimewa

foto: hail.to

Kutu rambut menjadi hawa yang cukup menganggu jika sudah berada di kepala kita. Penularan kutu terbilang cukup cepat. Dengan rajin mengolesi air jeruk nipis pada rambut, kamu bisa mencegah penularan kutu. Efek rasa asamnya sangat tidak disukai kutu rambut karena bagi para kutu rasa asam pada jeruk nipis terasa panas.

6. Mencegah rambut kering dan kusam.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut Istimewa

foto: stylecraze.com

Rambut kering dan kusam merupakan indikasi dari rambut yang tidak sehat. Untuk mengembalikan kesehatan rambut, kamu bisa menggunakan jeruk nipis. Air jeruk nipis mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut kusam dan kering. Jika dilakukan secara rutin, dengan cara mengolesi air jeruk nipis yang telah dicampur daging lidah buaya yang telah dihaluskan ke seluruh bagian batang rambut hingga ujungnya.

7. Menjadikan rambut mudah diatur.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut Istimewa

foto: pixabay.com

Siapa sih yang tak ingin memiliki rambut yang indah dan mudah diatur? Cara gampang banget, kamu bisa menggunakan jeruk nipis. Nutrisi pada jeruk nipis dapat membuat kondisi rambut semakin berkilau, lurus, dan mudah untuk diatur. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Mencegah kerontokan.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut Istimewa

foto: timesofindia.indiatimes.com

Rambut rontok sangat dibenci siapapun, wanita maupun pria. Pasalnya, rambut rontok cukup mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Untuk mengatasi rambut rontok, kamu bisa menggunakan jeruk nipis. Nutrisi yang terkandung di dalam jeruk nipis dapat memperkuat setiap helai rambut.

9. Mencegah pertumbuhan uban pada usia dini.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut Istimewa

foto: medicalnewstoday.com

Kandungan asam amino, vitamin, dan minyak atsiri pada jeruk nipis membuat pigmentasi rambut tidak mudah memudar. Sekarang ini sangat banyak dijumpai seseorang yang belum berusia 30 tahun sudah beruban. Jika kamu tidak mau mengalami hal itu, maka rutin menggunakan jeruk nipis akan membuat rambut tidak mudah memudar.