7 Perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu, cegah kusut dan rontok

7 Perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu, cegah kusut dan rontok

Brilio.net - Sarasefeika Kesha atau yang lebih dikenal dengan Kesha Ratuliu adalah seorang pemeran asal Indonesia. Ia memulai debutnya lewat dunia seni peran di sinetron Lupus Milenia saat usianya masih 2 tahun. Seleb cantik yang kini jadi istri Adhi Permana ini telah berhijab sejak November 2019, beberapa hari sebelum bertunangan dengan Adhi Permana.

Sebagai seorang wanita berhijab, Kesha kerap mengalami masalah pada rambutnya, salah satunya adalah rambut rontok. Oleh karena itu, menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala adalah hal yang penting. Terlebih, bagi beberapa orang yang terbiasa menutup rambutnya hingga lebih dari 8 jam, dikarenakan padatnya aktivitas harian di luar rumah. Padahal rambut juga membutuhkan sinar matahari agar bisa memperoleh vitamin yang penting.

Meski melindungi dari paparan panas dan asap polusi, rambut yang ditutupi kain sepanjang hari justru lebih rentan berkeringat. Hal ini tentu meningkatkan produksi sebum berlebih, sehingga memudahkan bakteri dan kuman menumpuk. Tidak heran bila beberapa dari kamu yang berhijab mengeluh jika rambutnya menjadi rentan lepek, kusut, dan berketombe.

Kesha mengaku sejak menggunakan hijab, ia sering mengalami kerontokan pada rambutnya. Namun, hal ini tidak membuat dirinya menyesal menggunakan hijab. Kesha pun mencari cara agar ia bisa mengurangi kerontokan rambutnya. Tak hanya melakukan perawatan di salon, Kesha juga memiliki perawatan rutin di rumah dengan menggunakan berbagai produk hair care. Nah, berikut tujuh perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu sebagaimana dirangkum briliobeauty.net dari berbagai sumber, Rabu (2/11).

1. Gunakan sampo antirontok.

Perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Ketika rambut sudah merasa tak nyaman, seleb cantik ini mengaku selalu pergi keramas. Seperti yang diketahui bahwa rambut berhijab cenderung akan lebih mudah berminyak dan lepek. Begitupun dengan Kesha yang menggunakan hijab sepanjang hari. Oleh karena itu, dirinya selalu menggunakan sampo ringan khusus kulit kepala sensitif yang akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala, mengatasi ketombe, mencegah rambut berminyak dan lepek, serta mencegah terjadinya rambut rontok.

Kesha juga menyarankan untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Apalagi saat ini sudah banyak produk sampo yang diformulasikan untuk wanita berhijab dengan kandungan yang menyegarkan kulit kepala. Sampo adalah salah satu produk perawatan rambut yang digunakan untuk membersihkan kulit kepala dan kotoran, sebum, serta keringat. Selain menghilangkan kotoran, sampo juga dapat melembutkan dan membuat rambut sehat.

2. Tak lupa pakai kondisioner.

Perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain memilih sampo yang khusus, Kesha juga tak pernah melewatkan penggunaan kondisioner setelah selesai keramas. Penggunaan kondisioner yang tepat sesuai dengan jenis rambut dapat mengurangi masalah pada rambut, salah satunya rambut rontok dan kusut. Bahkan, perawatan rambut yang satu ini membantu memperkuat folikel untuk mencegah rambut rusak. Sehingga, rambutnya akan tampak lebih lembut dan terhindar dari kerusakan meski berhijab sepanjang hari.

Kesha menggunakannya dari batang hingga ujung rambut. Kondisioner adalah produk perawatan agar rambut lebih mudah diatur. Selain itu, kondisioner juga membantu meningkatkan volume rambut. Tak hanya itu saja, dengan produk ini rambut akan terasa lebih lembut dan bebas dari kusut dan rontok.

3. Aplikasikan hair tonic.

Perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Setelah keramas, Kesha selalu mengaplikasikan hair tonic untuk merawat rambut berhijabnya yang kerap kali mengalami kerontokan. Umumnya tonik untuk rambut dikenal karena manfaatnya untuk merangsang pertumbuhan, sehingga dapat menghindari rambut dari masalah seperti ketombe, seborrhoea, dan bahkan rambut rontok.

Namun, hair tonic memiliki fungsi utama yaitu, menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok dan mudah patah. Biasanya, tonik rambut jenis ini mengandung ekstrak, ginseng, atau lidah buaya yang baik untuk kesehatan kulit kepala. Dengan pemakaian teratur, rambut rontok dijamin berkurang.

4. Rutin pakai hair vitamin.

Perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tips perawatan rambut berhijab selanjutnya ala Kesha Ratuliu, yaitu rutin menggunakan vitamin rambut. Nah, menggunakan vitamin rambut secara rutin bisa memberikan sejumlah manfaat bagi rambut. Hal ini ia lakukan untuk merawat rambutnya yang selalu tertutup hijab sepanjang hari, sehingga mudah kusut dan rontok.

Seperti yang diketahui bahwa hair vitamin sangat berguna untuk kamu yang punya rambut mudah patah dan sulit diatur. Tak hanya itu saja, bahkan hair vitamin dinilai lebih intensif untuk melembapkan dan menutrisi rambut. Kandungan vitamin E yang cukup banyak di dalamnya membuatnya lebih bisa menutrisi dan melembapkan tiap helai rambut. Sehingga meskipun berhijab sepanjang hari, rambutnya akan tetap lembut dan antikusut.

5. Keringkan rambut sebelum pakai hijab.

Perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa setelah keramas dan rambut dalam keadaan basah akan mudah rontok jika tidak dikeringkan dengan baik sebelum memakai hijab. Hal ini terjadi karena pori-pori kulit kepala akan terbuka sehingga rambut menjadi lebih rapuh saat dalam keadaan basah.

Oleh karena itu, untuk pengguna hijab, wajib mengeringkan seluruh rambutnya dulu sebelum bepergian dan menggunakan hijab. Hal ini supaya menghindari kerusakan rambut dan mempermudah rambut kamu untuk diikat. Begitupun dengan Kesha yang selalu mengeringkan rambutnya terlebih dahulu sebelum menggunakan hijab untuk mencegah rambut lepek dan rontok.

Selain itu, Kesha juga memilih mengeringkan rambut dengan alami. Banyak orang lebih memilih mengeringkan rambutnya dengan hairdryer karena cara tersebut dianggap cepat dan mudah. Namun, penggunaan hairdryer yang terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Meski demikian, jika dalam keadaan penting atau buru-buru, ia tetap bisa menggunakannya tetapi dengan suhu yang paling rendah. Dia justru lebih suka membiarkan rambutnya untuk kering dengan sendirinya. Dengan begitu, kesehatan rambutnya tetap terjaga.

6. Gunakan bahan hijab yang tepat.

Perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Langkah selanjutnya untuk merawat rambut berhijab ala Kesha adalah dengan memilih bahan hijab yang tepat. Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan nyaman digunakan. Sesuaikan juga dengan aktivitas dan situasinya. Jika berada pada ruangan yang panas gunakan bahan hijab seperti katun karena lebih menyerap keringat.

Hindari menggunakan hijab satin pada acara outdoor karena lebih tepat digunakan untuk menghadiri acara indoor. Bahan alami yang lembut akan membuat rambutmu bernapas lebih baik. Hijab katun akan memberikan lebih banyak udara ke kulit kepala sekaligus tetap menjaga rambut tertutup.

7. Rutin lakukan hair spa.

Perawatan rambut berhijab ala Kesha Ratuliu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kesha memiliki rutinitas bulanan dengan melakukan hair spa di salon khusus bagi wanita berhijab. Perawatan ini menurutnya, dapat membuatnya rileks, rambut menjadi terawat dan harum. Hair spa adalah perawatan rambut yang dilakukan dengan cara mengoleskan krim yang diberi tambahan vitamin atau serum rambut untuk menutrisi helaian rambut sampai ke akarnya.

Perawatan hair spa cocok untuk kamu yang memiliki rambut rontok, rambut kering, rambut kusut, serta rambut rusak yang kerap terpapar dengan zat kimia dari penggunaan alat atau perawatan rambut tertentu. Salah satu manfaat hair spa adalah melembapkan rambut dan kulit kepala. Selain itu, masker rambut yang digunakan saat hair spa diperkaya dengan zat pelembap rambut yang mencegah rambut kering dan kusut.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES