Brilio.net - Timun adalah salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayuran yang satu ini sering dikonsumsi secara mentah maupun di masak. Selain dikonsumsi, timun ternyata juga bisa digunakan untuk perawatan wajah. Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, timun juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Kandungan vitamin C, asam folat, dan antioksidan di dalamnya mampu memberikan manfaat untuk kesehatan kulit maupun mengatasi berbagai masalah kulit.

Melansir dari Healthline, timun memiliki sifat antiinflamasi, mengandung antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C serta asam folat. Untuk perawatan wajah, kamu bisa mengolahnya menjadi masker dan dicampurkan dengan bahan-bahan lain. Seperti yang diharapkan semua orang, kulit wajah yang sehat, lembap, bersinar, dan bersih merupakan dambaan setiap orang.

Selain hanya sebagai penunjang penampilan, ini juga penting untuk kesehatan wajah. Kamu bisa mendapatkan wajah yang sehat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya dengan mencoba cara membuat masker timun yang sangat baik ketika dioleskan ke kulit kamu. Timun menjadi bahan alami yang banyak digunakan dalam perawatan kulit. Potongan timun sering kali dipakai untuk mengompres mata, dimasukkan ke dalam masker, atau dikonsumsi untuk menambah hidrasi tubuh.

Timun memiliki sifat pendingin dan penenang pada kulit. Itu semua berkat kandungan nutrisi bermanfaat seperti vitamin A, B1, C, biotin, dan kalium. Timun juga memiliki manfaat bagi wajah seperti menenangkan, mencerahkan, dan menghidrasi.

Selain itu, timun juga bermanfaat untuk mengurangi kantong mata dan mata panda, mampu mengatasi kulit berjerawat, melembapkan kulit wajah, melawan tanda-tanda penuaan dini, menenangkan iritasi kulit, dan sebagai toner wajah. Timun memang sangat bermanfaat untuk melembapkan wajah karena memiliki kandungan air sebanyak 96% bekerja dengan optimal bila dicampurkan bahan-bahan alami lainnya.

Seperti yang diketahui bahwa kulit kering adalah masalah umum yang sering dialami kebanyakan orang. Selain mengganggu penampilan, kulit kering juga memiliki dampak buruk bagi kulit yaitu dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan. Oleh karena itu, penggunaan timun sebagai masker dapat membantumu untuk mengatasi kulit kering dengan aman bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Berikut tujuh cara membuat masker timun untuk atasi kulit kering yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (14/3).

1. Masker timun dan lidah buaya.

7 Cara membuat masker timun untuk atasi kulit kering tanpa ribet freepik.com

foto: freepik.com

Timun dan lidah buaya sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit kering. Kedua bahan ini mampu menghidrasi kulit dan meningkatkan kelembapan. Ini berkat kandungan beberapa vitamin pada timun dan vitamin A, C, E dan B12 pada lidah buaya. Lidah buaya juga mengandung 98% air sehingga membantu melembapkan, menenangkan dan menghidrasi kulit wajah yang kering.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan gel lidah buaya dengan seperempat kecil parutan timun. Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan leher lalu biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan wajah yang lembap alami.

2. Masker timun dan semangka.

7 Cara membuat masker timun untuk atasi kulit kering tanpa ribet freepik.com

foto: freepik.com

Sama seperti lidah buaya, semangka dan timun juga bisa membantu menghidrasi kulit. Kandungan airnya yang tinggi bisa mengatasi kulit yang kering. Masker ini juga bisa digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Melansir Faith in Nature UK, Jumat, 6 November 2020, semangka juga dikenal kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kulit. Kandungan itu terdiri dari vitamin A dan C, serta kandungan Lycopene yang mengandung antioksidan tinggi sehingga efektif untuk melembutkan, mencerahkan, dan mencegah penuaan dini.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan masing-masing satu sendok makan jus semangka dan timun. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah, kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

3. Masker timun dan tomat.

7 Cara membuat masker timun untuk atasi kulit kering tanpa ribet freepik.com

foto: freepik.com

Tomat kaya akan vitamin C dan likopen yang membantu mencerahkan kulit. Bersama timun, masker ini mampu mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit. Beberapa orang banyak yang mengoleskan masker tomat atau meletakkan irisan buahnya langsung ke kulit untuk mengatasi kulit kering. Hal ini karena tomat kaya dengan kandungan kaliumnya. Sebuah hasil studi yang dimuat dalam Journal of Dermatological Science mengemukakan bahwa kadar kalium yang rendah berkontribusi terhadap kondisi kulit kering pada penderita dermatitis atopik.

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan seperempat timun dan setengah tomat. Oleskan campuran kedua bahan ini keseluruh wajah dan leher. Pijat selama satu atau dua menit dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

4. Masker timun dan madu.

7 Cara membuat masker timun untuk atasi kulit kering tanpa ribet freepik.com

foto: freepik.com

Madu merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk kulit kering karena mampu menjaga kadar air dan kelembapan kulit. Manfaat madu ini terbukti pada riset dalam jurnal Molecules yang memaparkan bahwa madu mengandung gliserin yang bekerja sebagai humektan. Humektan adalah senyawa yang berfungsi menarik air dari lingkungan sekitarnya dan mengumpulkannya di struktur kulit permukaan terluar. Jadi, penggunaan madu untuk perawatan kulit dapat mencegah penguapan kadar air secara menerus yang rentan terjadi pada kulit kering. Sehingga kedua bahan ini akan sangat bagus digunakan untuk menghidrasi kulit kering.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan timun yang sudah dihaluskan dan setengah sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

5. Masker timun dan minyak kelapa.

7 Cara membuat masker timun untuk atasi kulit kering tanpa ribet freepik.com

foto: freepik.com

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, manfaat minyak kelapa untuk kulit dan kecantikan juga tidak perlu diragukan lagi. Minyak ini telah lama digunakan untuk melembapkan kulit dan mencegah berbagai masalah pada kulit. Sebuah penelitian dari NCBI pada pasien dengan kondisi kulit kering sampai sedang membandingkan efek minyak kelapa dengan minyak mineral, sejenis minyak yang terbuat dari minyak bumi yang sering digunakan untuk merawat kulit kering. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa minyak kelapa secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit yang sama efektifnya dengan minyak mineral. Selain itu, minyak kelapa juga telah terbukti membantu mengobati eksim, suatu kondisi kulit yang ditandai dengan ruam bersisik dan gatal. Kombinasi kedua bahan tersebut sangat cocok untuk mengatasi kulit kering bahkan pada pemilik kulit sensitif.

Cara membuatnya adalah dengan mencampur parutan timun dengan satu sendok teh minyak kelapa. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

6. Masker timun dan alpukat.

7 Cara membuat masker timun untuk atasi kulit kering tanpa ribet freepik.com

foto: freepik.com

Kepala Departemen Ilmiah LaFlore Probiotic Skincare Maya Ivanjesku pada Healthline mengatakan bahwa lemak, vitamin, dan senyawa lain dalam alpukat membantu mempercepat perbaikan kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat. Nutrisi penting lain yang terdapat dalam alpukat di antaranya adalah betakaroten, lesitin, dan asam linoleat. Kandungan-kandungan tersebut bersama dengan vitamin E dapat membantu melembapkan kulit. Selain itu, alpukat juga sumber biotin, yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Biotin dikenal untuk membantu mencegah kulit kering ketika dioleskan.

Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan setengah cangkir alpukat yang sudah dihaluskan dengan dua sendok makan jus timun. Oleskan masker di wajah dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

7. Masker timun dan susu.

7 Cara membuat masker timun untuk atasi kulit kering tanpa ribet freepik.com

foto: freepik.com

Susu memiliki efek pencerah dan pelembap. Masker wajah timun dan susu ini akan menghasilkan kulit bercahaya dan kenyal dalam waktu singkat. Bukan rahasia lagi bahwa kini susu menjadi salah satu bahan tambahan dalam banyak produk perawatan kulit. Ini karena susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Susu merupakan campuran dari air, lemak, dan protein. Ketiganya dapat membantu mengembalikan kelembapan alami pada kulit. Oleh sebab itu, timun dan susu mampu mengembalikan wajah yang kering menjadi lebih lembap.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan masing-masing dua sendok makan timun yang sudah dihaluskan dan susu. Aplikasikan pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air suam kuku.