7 Cara membuat masker kunyit dan manfaatnya untuk atasi jerawat

7 Cara membuat masker kunyit dan manfaatnya untuk atasi jerawat

Brilio.net - Kunyit sudah umum digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah kelezatan masakan. Tanaman rempah ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Bahkan, kunyit sekarang sudah sering digunakan sebagai bahan perawatan wajah.

Rempah yang identik dengan warna kuning ini juga sering menjadi produk skincare alternatif yang alami. Salah satu cara memanfaatkan kunyit untuk kecantikan kulit adalah dengan membuat masker kunyit.

Manfaat kunyit untuk wajah ternyata dapat diperoleh dengan cara membuat masker wajah alami. Masker kunyit untuk wajah dipercaya bisa bermanfaat membuat kulit wajah semakin cantik, bersinar, serta bebas masalah kulit.

Saat ini, sudah banyak masker wajah yang mengandung rempah dan bahan-bahan alami. Salah satunya adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan kurkumin sebagai bahan aktif utama di dalamnya. Curcumin memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mengurangi radikal bebas, anti peradangan, anti jamur, dan anti bakteri yang menjadikan kunyit ini sebagai bahan efektif untuk melawan jerawat.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam kunyit dan sifat anti inflamasinya dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat, bersih, dan tampak bercahaya. Bahkan, jika dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya, manfaat masker kunyit untuk wajah bisa kamu dapatkan secara maksimal.

Cara membuat masker kunyit untuk wajah perlu memperhatikan jenis kulit kamu. Jadi, tiap racikan masker kunyit akan berbeda tergantung jenis kulit seseorang. Bagi kamu yang memiliki masalah dengan jerawat, masker kunyit bisa jadi solusi yang tepat. Masker dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi jerawat, mengatasi hiperpigmentasi, menghilangkan kerutan di wajah, hingga mencerahkan wajah kusam.

Lantas, bagaimana cara membuat masker kunyit? Berikut tujuh cara membuat masker kunyit dan manfaatnya untuk atasi jerawat yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/3).

1. Kunyit dengan madu.

7 Cara membuat masker kunyit dan manfaatnya untuk atasi jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Madu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Sifat antibakteri dan anti peradangan pada kunyit yang dicampur dengan sifat antibakteri dan fungsi melembapkan madu dapat bekerja sama untuk mengempiskan jerawat dan memberi nutrisi pada kulit.

Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan setengah sendok teh madu pada wadah, kemudian aduk hingga bahan bertekstur seperti pasta dan aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Ulangi pemakaian 1-2 kali dalam seminggu.

2. Kunyit dan yoghurt.

7 Cara membuat masker kunyit dan manfaatnya untuk atasi jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati, mengurangi kerutan halus, dan mencegah pertumbuhan jerawat. Ketika dicampurkan dengan kunyit yang juga dapat menyembuhkan luka, ini akan menjadi obat yang baik untuk mengatasi jerawat pada wajah.

Untuk membuat masker ini, kamu cukup mencampurkan setengah sendok teh kunyit bubuk dengan dua sendok makan yoghurt. Aduk hingga rata, kemudian aplikasikan pada seluruh wajah atau bagian-bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit dan bilas. Gunakan masker ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Kunyit dengan lemon.

7 Cara membuat masker kunyit dan manfaatnya untuk atasi jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Lemon dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Menggunakan masker lemon dan kunyit tak hanya mampu mengatasi jerawat, namun juga memudarkan bekasnya dan mencerahkan warna kulit.

Kandungan antioksidan dalam kunyit dan lemon akan membantu meregenerasi kulit sehingga bekas jerawat akan memudar jika menggunakan masker ini secara rutin. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan seperempat sendok teh bubuk kunyit, setengah sendok teh sari lemon, dan sedikit air. Kemudian oleskan campuran tersebut pada area wajah yang berjerawat, tunggu selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Namun kamu perlu berhati-hati untuk tidak terlalu banyak menggunakan lemon, karena malah bisa membuat wajah iritasi dan memerah. Jangan menggunakan masker campuran ini di saat jerawatmu sedang meradang, ya.

4. Kunyit dengan oatmeal.

7 Cara membuat masker kunyit dan manfaatnya untuk atasi jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Oatmeal mengandung senyawa avenanthramides, antioksidan, dan anti peradangan yang dapat menenangkan kulit gatal, kering, dan iritasi. Selain itu, oatmeal juga baik untuk mengatasi jerawat karena bersifat menyerap minyak.

Untuk membuat masker ini kamu cukup mencampurkan satu sendok makan kunyit, satu sendok makan oatmeal, dan air secukupnya hingga memiliki tekstur seperti pasta. Setelah memastikan tak ada bahan yang menggumpal, oleskan masker dan tunggu hingga mengering. Bilas masker dengan air dan ulangi pemakaian seminggu sekali.

Selain bermanfaat untuk kulit berjerawat, masker ini juga bisa meratakan warna kulit dan mencerahkan wajahmu yang kusam akibat sinar matahari.

5. Kunyit dengan tomat.

7 Cara membuat masker kunyit dan manfaatnya untuk atasi jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, tomat juga kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit. Kandungan ini dipercaya mampu mengatasi jerawat, mempercepat proses penyembuhan, mencegah penuaan dini, hingga mencerahkan wajah.

Cara membuat masker ini adalah dengan mengeluarkan biji tomat dan haluskan hingga memiliki tekstur seperti bubur. Kemudian tambahkan sejumput kunyit, aduk hingga bahan rata dan oleskan masker pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggu hingga 10 menit dan bilas. Kombinasi masker dari kedua bahan ini juga bisa membuat wajahmu lembap seketika.

6. Kunyit dan lidah buaya.

7 Cara membuat masker kunyit dan manfaatnya untuk atasi jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Lidah buaya mampu menenangkan kulit yang kemerahan atau iritasi. Selain itu, lidah buaya juga dapat melembapkan kulit, melawan bakteri, dan meringankan bekas luka. Ketika dicampur dengan kunyit, kandungan ini akan menjadi obat yang ampuh untuk jerawat.

Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh kunyit dan dua sendok makan lidah buaya. Oleskan pada wajah secara merata atau pada bagian yang berjerawat, diamkan selama 10 menit dan bilas. Kamu bisa mengulangi pemakaian 3-4 kali seminggu. Setelah penggunaan masker ini dijamin wajahmu akan terasa lembap dan segar.

7. Kunyit dengan susu.

7 Cara membuat masker kunyit dan manfaatnya untuk atasi jerawat freepik.com

foto: freepik.com

Susu dapat membantu bersihkan kulit secara mendalam dan melembutkan kulit yang kasar. Jika dicampurkan dengan kunyit yang memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mengurangi radikal bebas dan anti peradangan akan membantu menutrisi kulitmu yang berjerawat. Tak hanya itu, kombinasi dua bahan ini juga mampu meningkatkan fungsi sel-sel kulit.

Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan empat sendok teh kunyit dan satu sendok makan susu dalam mangkok. Kemudian aplikasikan masker pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 10 menit atau hingga mengering lalu bilas dengan air dingin. Ulangi pemakaian dua kali seminggu.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES