Brilio.net - Kebutuhan Kaum Hawa untuk tampil cantik membuat brand-brand skincare lokal semakin menjamur. Namun tentu saja saat memilih produk kecantikan perlu hati-hati. Maklum kandungan bahan-bahan di dalamnya, tak semuanya aman untuk digunakan. 

Meski tidak ada definisi pasti mengenai clean beauty, namun umumnya produk-produk kecantikan yang dikategorikan ke dalam clean beauty harus terbebas dari toxin atau bahan-bahan kimia yang jika digunakan dalam jangka panjang dapat berpotensi mengancam kesehatan.

Sekadar informasi, beberapa bahan yang tidak akan di pakai oleh produk-produk yang mengusung konsep clean beauty antara lain adalah synthetic fragrance, paraben, phthalates dan hydroquinone. Lantas, kenapa clean beauty harus dipilih sebagai prioritas memilih skincare? Berikut penjelasan dan manfaatnya.

1. Menggunakan bahan yang aman dan non-toksin

Skincare clean beauty © 2021 brilio.net

Clean beauty sendiri sebenarnya tidak fokus pada penggunaan bahan-bahan yang alami, misalnya tumbuhan. Kandungan di dalam clean beauty bisa saja buatan atau sintetis. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena bahan tersebut sudah diteliti dan dikurasi agar aman untuk kesehatan.

2. Clean beauty skincare sebagai investasi kecantikan di masa depan

Skincare clean beauty © 2021 brilio.net

Sama seperti trend clean-eating, clean beauty menggabungkan konsep wellbeing dan kecantikan secara keseluruhan. Menggunakan produk clean beauty tidak langsung membuat kulit anda bercahaya seketika, clean beauty merupakan sebuah gaya hidup yang harus dilakukan secara terus menerus agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Transparansi antara produsen dan konsumen

Skincare clean beauty © 2021 brilio.net

Pada umumnya clean beauty brand lebih transparan dengan komposisi yang ada di dalam produknya. Terlebih, saat ini masyarakat sudah semakin melek dengan kandungan yang terdapat di dalamnya. Hal itu pun diakui Wenny, co-Founder dari brand Indoganic, skincare lokal yang mengusung konsep clean beauty pada setiap produknya.

“Melihat trend di 2021, masyarakat sudah mulai peduli dengan kesehatan dan lingkungan, dan kami sangat berharap konsumen untuk mencari tahu dan mengerti tentang bahan-bahan yang ada di dalam produk yang mereka gunakan,” ungkap Wenny.

Indoganic merupakan brand skincare lokal yang menjual produk-produk skincare berbahan natural. Wenny berharap konsumen semakin teliti membaca bahan baku yang digunakan dalam suatu produk, Terutama untuk produk skincare atau kosmetik yang digunakan sehari-hari.

“Saya percaya wanita yang paling cantik adalah wanita yang sehat dan bahagia dengan dirinya sendiri," pungkas Wenny.

Indoganic menyediakan produk yang membantu wujudkan hal tersebut melalui brightening vitamin C serum with glutathione. Kandungan utamanya terdiri atas ascorbic acid, galactomyces dan glutathione dan bebas dari pemutih kimia buatan. Formulasinya pun dibuat seminimalis mungkin sehingga tidak ada tambahan bahan yang tidak diperlukan.