Brilio.net - Ada banyak manfaat air putih untuk wajah. Air putih merupakan air yang biasa dikonsumsi semua orang baik untuk melepas dahaga. Jumlah air minum yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan bervariasi dan tergantung pada tingkat aktivitas fisik, usia, masalah yang berhubungan dengan kesehatan, dan kondisi lingkungan.

Seperti diketahui, 70% bagian yang ada dalam tubuh manusia berbentuk cairan. Oleh karena itu manusia membutuhkan supply air yang cukup untuk menjaga kesegaran dan kebugaran jasmani. Dilansir dari Merdeka.com, setiap manusia dianjurkan mengonsumsi air putih sebanyak 1 sampai 2,5 liter atau setara dengan 6-9 sehari.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi air putih. Tak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan lho. Lantas apa sajakah manfaat air putih untuk wajah? Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (22/3).

1. Membuat kulit glowing.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/drobotdean

Manfaat air putih untuk wajah yang pertama adalah dapat membuat wajah lebih glowing. Ketika kebutuhan air terpenuhi dalam tubuh, otomatis akan berpengaruh pada kulit. Banyak manfaat yang didapatkan ketika tubuh dehidrasi, kulit akan lebih lembap dan glowing. Namun sebaliknya, bagi kamu yang kekurangan air putih, kulit akan kering dan bersisik sehingga menurunkan kepercayaan diri saat tampil di depan banyak orang. Sebaiknya konsumsi air putih secara rutin minimal dua liter dalam sehari.

2. Membuat kulit lebih fresh.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/drobotdean

Paparan sinar matahari dan polusi membuat kulit mengalami kusam dan kering. Hal itu tentu membuat wajah kamu terlihat lebih lelah dan tidak menarik. Untuk itu, kamu harus banyak mengonsumsi air putih. Sebab ketika kekurangan air putih kulit akan jadi kering. Minum air putih secara rutin dapat membuat tampilan kulit kamu lebih fresh. Tak hanya kulit tubuh tapi juga wajah.

3. Mencerahkan kulit.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/diana.grytsku

Air putih salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Manfaat air putih juga dapat membuat kulit lebih cerah. Sebab sel-sel dalam kulit mendapatkan air yang cukup sehingga mengeluarkan racun dalam kulit. Kulit pun akan terasa lebih sehat.

4. Mencegah penuaan dini.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/nakaridore

Masalah penuaan dini kerap dialami oleh banyak orang dan menjadi hal yang sangat menakutkan. Masalah penuaan dini itu terlihat dari munculnya kerutan dan garis halus di area wajah. Faktor penyebabnya karena paparan sinar matahari dan juga radikal bebas secara berlebihan. Selain dianjurkan menggunakan sunscreen saat akan melakukan aktivitas di luar rumah, kamu juga perlu rutin mengonsumsi air putih. Air putih dalam memberi kelembapan pada sel kulit kamu sehingga kulit tak mudah kering dan keriput.

5. Meningkatkan elastisitas kulit.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/benzoix

Manfaat air putih untuk wajah juga mampu meningkatkan elastisitas kulit. Kulit yang terhidrasi akan membuat kulit menjadi kencang dan meregang, sehingga kemungkinan kulit menjadi kering dan kusam terhindari. Kamu cukup rutin mengonsumsi 3-3,5 liter air dalam sehari, kulit yang terhidrasi akan membuat kulit kamu menjadi lebih lembap, kencang, dan kenyal.

6. Mengatasi stres.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/jcomp

Masalah stres umum terjadi pada setiap orang. Banyak faktor penyebab stres mulai dari keluarga hingga pekerjaan yang sulit. Masalah stres ini tentunya tak hanya membahayakan bagi kesehatan tapi juga kecantikan. Ketika kamu mengalami stres, kulit akan terasa lebih kusam dan kering. Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan rutin mengonsumsi air putih. Kadar air yang cukup pada tubuh dipercaya dapat membuat kamu lebih rileks lho. Selain itu wajah juga akan lebih sehat dan segar.

7. Melembapkan kulit.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/benzoix

Manfaat air putih untuk wajah selanjutnya adalah dapat menjaga kelembapan kulit. Manfaat ini sangat cocok untuk kamu yang mengalami masalah kulit kering. Konsumsi air yang cukup otomatis akan membuat kulit lebih lembap secara alami, pasalnya air putih dapat memberi nutrisi pada sel-sel kulit kamu.

8. Mengurangi jerawat.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/wayhomestudio

Munculnya jerawat disebabkan oleh kotoran dan racun yang menempel di kulit dan juga tubuh. Fungsi air putih ini dapat membantu menghilangkan kotoran dalam tubuh melalui kul urine dan keringat. Dengan begitu jerawat bisa teratasi. Wajah kamu akan lebih cerah dan lembap. Kamu juga bisa menambahkan air putih dengan perasaan jeruk lemon. Konsumsi minuman itu setiap pagi untuk hasil yang maksimal.

9. Menyeimbangkan pH kulit.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/master1305

Sudah menjadi rahasia umum bila mengonsumsi air putih sangat menyehatkan tubuh. Selain itu, ada juga manfaat air putih untuk wajah. Salah satunya dapat membantu menyeimbangkan pH kulit. Setiap kulit manusia memiliki kadar pH berkisar 0-14, dengan 14 mengandung paling basa dan 0 paling asam. Ketika pH kulit seimbang, kulit akan terasa lebih lembap dan terhindar dari masalah iritasi kulit.

10. Menutrisi kulit.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/cookie_Studio

Selain menggunakan skincare, kamu juga perlu memberi nutrisi pada kulit wajah. Salah Satunya dengan mengonsumsi air putih. Rutin mengonsumi air putih dapat membuat kulit menjadi lebih lembap, cerah, dan glowing. Selain itu juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan olahraga secara teratur untuk hasil yang maksimal.

11. Mengatasi kulit terbakar paparan sinar matahari.

Manfaat air putih untuk wajah ©

foto: Freepik/wayhomestudio

Paparan sinar matahari yang berlebih dapat membuat kulit kamu menjadi terbakar. Kulit terbakar menimbulkan wajah mengalami kemerahan hingga mengelupas. Selain menimbulkan rasa perih, hal itu juga sangat mengganggu penampilan. Ketika kamu mengalami kulit terbakar, bisa mencuci wajah dengan air putih. Selain itu kamu juga bisa banyak mengonsumsi air putih untuk membantu proses pemulihan.