Brilio.net - Masker wajah alami untuk remaja kini banyak sekali macamnya. Ya, masker salah satu rangkaian skincare mingguan yang wajib dilakukan untuk para remaja. Sebab, saat remaja pasti kamu mengalami berbagai permasalahan kulit seperti kulit kering, kusam, berjerawat, dan berminyak. Berbagai perawatan harus dilakukan untuk mengatasi masalah itu.

Selain menggunakan skincare, masker wajah salah satu cara termudah untuk kamu mendapatkan kulit yang sehat. Biasanya produk masker wajah dirancang dengan berbagai bahan alami yang cocok untuk semua jenis kulit dan dapat mengatasi permasalahan kulit wajah. Selain itu, menggunakan masker wajah juga bisa membuat wajah lebih rileks.

Masker wajah ada beberapa jenis, ada yang krim, clay, dan juga sheet mask. Semua jenis masker itu bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

"Masker wajah wajib rutin digunakan satu akli dalam seminggu untuk memberi efek yang bagus untuk kulit. Selain itu, masker juga dapat memberi nutrisi pada kulit karena kandungan vitamin dan zat aktif di dalamnya," ujar Spring Street Dermatology di New York, dr Nikhil Dhingra seperti dilansir dari Iamherbalifenutrition.com, Kamis (10/2).

Masker wajah biasanya digunakan dengan mengoleskan ke area wajah dan leher, kemudian diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa dilakukan saat malam hari setiap dua kali dalam seminggu.

Rutin menggunakan masker wajah dapat memberi efek yang bagus untuk kulit. Seperti membersihkan wajah secara mendalam, mencerahkan dan melembapkan wajah, membuka pori-pori yang tersumbat, dan membuat wajah lebih glowing.

Namun bagi remaja, sebaiknya menggunakan masker wajah yang alami saja. Sebab kulit usia remaja masih sangat sensitif dan rentan terhadap paparan bahan kimia. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan di rumah untuk membuat masker wajah alami untuk remaja.

Penasaran bahan-bahannya apa saja? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/2).

1. Alpukat

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/coyot

Bahan masker alami untuk remaja yang pertama adalah alpukat. Buah ini memiliki manfaat yang bagus untuk kulit, yakni melembapkan. Cocok untuk kulit para remaja yang sering mengalami kering. Kandungan asam lemak, kalium, dan vitamin B pada alpukat mampu melembapkan dan mengeksfoliasi kulit secara alami.

Caranya, campurkan setengah alpukat matang, satu butir putih telur, dua sendok makan oatmeal, dan satu sendok air lemon. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, kemudian oleskan ke wajah, diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air biasa.

2. Mentimun

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/krzys16

Kandungan air yang tinggi pada mentimun juga bagus untuk menghidrasi kulit. Kandungan kolagen pada mentimun juga dapat membuat kulit lebih kencang dan kenyal. Ada pula kandungan vitamin A dan C pada mentimun yang dapat mengurangi peradangan dan iritasi, mengangkat komedo dan menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya, siapkan satu buah mentimun, kemudian iris tipis. Tempelkan irisan mentimun itu ke seluruh area wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

3. Lemon

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/furbymama

Lemon tak hanya dijadikan sebagai buah untuk campuran minuman yang menyegarkan, tetapi lemon juga salah satu bahan masker alami untuk remaja. Lemon memiliki banyak kandungan seperti vitamin C dan memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencerahkan wajah, merangsang sel-sel kulit baru, dan memberi nutrisi pada kulit.

Cara menggunakannya, siapkan dua sendok perasan air lemon dan campurkan dengan satu butir putih telur. Kemudian kocok kedua bahan hingga berbusa, oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

4. Kunyit

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/ajale

Selain dikenal sebagai rempah yang mengandung manfaat untuk kesehatan, kunyit ternyata juga bagus lho untuk kulit. Kunyit mengandung zat kurkumin yang dapat memproduksi hormon melanin sehingga mampu menghilangkan flek hitam dan membantu meratakan warna kulit. Dalam kurkumin juga mengandung antiseptik dan antioksidan yang bagus untuk mengatasi jerawat.

Cara menggunakannya, satu sendok bubuk kunyit dan yogurt secukupnya, kemudian oleskan ke wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air biasa.

5. Lidah buaya

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/caselleingold

Masker wajah alami untuk remaja selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya mengandung vitamin dan bahan aktif yang bagus untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat radikal bebas, mengatasi hiperpigmentasi, menenangkan dan melembapkan kulit wajah.

Kamu bisa mendapatkan manfaat dari lidah buaya ini dengan mengoleskan gel lidah buaya ke wajah kemudian diamkan selama 10-20 menit, bilas dengan air bersih.

6. Stroberi

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/engin_akyurt

Buah berwarna dan berbentuk cantik ini juga dapat digunakan sebagai masker wajah alami untuk remaja. Stroberi mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu menyehatkan kulit.

Cara membuat masker stroberi dengan menghaluskan stroberi dan yogurt, setelah menjadi pasta oleskan ke wajah secara merata. Diamkan 15 menit dan bilas dengan air biasa.

7. Oatmeal

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/martin_hetto

Kamu juga bisa memanfaatkan oatmeal untuk kecantikan wajah. Oatmeal dikenal sebagai eksfoliasi alami yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan flek hitam di wajah. Dengan rutin menggunakan masker oatmeal, wajah akan terasa lembap dan cerah.

Cara menggunakannya, campurkan oatmeal dengan air hangat, kemudian aduk hingga menjadi pasta setelah itu oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

8. Pisang

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/stocksnap

Pisang mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit. Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas pada kulit yang membahayakan. Manfaat lain dari masker pisang adalah, wajah akan terasa lebih lembut dan cerah.

Cara menggunakannya, siapkan satu buah pisang matang, kemudian haluskan hingga menjadi pasta, setelah itu oleskan ke wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

9. Pepaya

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/3centista

Pepaya mengandung vitamin A dan C yang mampu mencerahkan wajah. Kamu bisa memanfaatkan pepaya untuk masker wajah alami untuk wajah.

Caranya, haluskan seperempat pepaya dan satu buah pisang, tambahkan sedikit madu di dalamnya. Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

10. Madu

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/fancycrave1

Madu memiliki sejuta manfaat terutama untuk kecantikan. Kamu juga bisa menjadikan madu untuk eksfoliasi. Manfaat eksfoliasi dengan madu bisa mencerahkan, mengangkat sel-sel kulit mati, dan melembapkan kulit.

Caranya siapkan satu sendok makan madu dan satu sendok teh gula pasir, tambahkan beberapa tetes air. Lalu oleskan pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar. Lalu bilas dengan air hangat.

11. Yogurt

Bahan masker wajah alami untuk remaja ©

foto: Pixabay/ponce_photography

Yogurt memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kandungan asam laktat dalam yogurt bisa membantu mencerahkan wajah secara alami. Caranya, oleskan yogurt tanpa rasa ke wajah, lalu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu agar hasil maksimal.