10 Fakta jerawat dan cara mengatasinya, nggak perlu stres dan panik ya

10 Fakta jerawat dan cara mengatasinya, nggak perlu stres dan panik ya

Brilio.net - Jerawat seringkali menjadi bencana bagi kaum Hawa. Muncul satu jerawat saja di wajah sudah membuat wanita bingung bagaimana menutupinya. Apalagi jika jerawat tersebut sudah menyebar ke seluruh wajah, bukan tidak mungkin hal itu akan membuat wanita panik.

Maklum, wanita selalu ingin tampil cantik dengan kulit yang sehat tanpa berjerawat. Ketika jerawat muncul, bukan tidak mungkin bakal mengakibatkan wanita kurang percaya diri sehingga takut untuk bertemu orang lain terlebih lawan jenis. Jerawat biasanya timbul karena adanya perubahan hormon. Tapi tidak jarang disebabkan gaya hidup dan rutinitas kebersihan yang salah.

Banyak faktor yang menyebabkan jerawat muncul di anggota tubuh. Jenis kulit yang terlalu kering atau terlalu berminyak juga berpeluang memunculkan jerawat. Secara alamiah, wajah wanita sering berjerawat sepekan sebelum menstruasi. Hal ini disebabkan faktor hormon yang dimiliki.

Ada juga yang disebabkan terlalu sering coba-coba produk kosmetik baru. Kebiasaan ini berpotensi menimbulkan jerawat. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Karena itu, sebaiknya para wanita melakukan kebiasaan membersihkan wajah dengan cara dan penggunaan kosmetik yang benar. Harus disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Berikut 10 fakta tentang jerawat dan cara mengatasinya.

1. Berdampak pada psikologis

10 Fakta Jerawat  2020 brilio.net hellomagazone.com

Menurut survei sebuah perusahaan kosmetik kepada 1.000 wanita Indonesia, 77 persen dari mereka pernah mengalami kejadian yang tidak enak karena jerawat. Tidak jarang mereka mendapat cibiran dari orang lain. Jerawat kamu banyak ya. atau Yang rajin cuci muka biar jerawatnya nggak nutupin wajah.

Meskipun kalimat itu hanya diucapkan sebagai bentuk basa basi, namun yang mereka tidak sadari, hal itu sudah menurunkan kepercayaan diri seorang wanita hingga lebih dari 50 persen dan berdampak secara psikologis.

2. Berusaha menghilangkan jerawat dengan berbagai cara

10 Fakta Jerawat  2020 brilio.net averraglow.com

Wanita biasanya akan berusaha menghilangkan jerawat membandel dengan berbagai macam cara. Mulai dari perawatan laser di klinik kecantikan yang menghabiskan uang hingga jutaan rupiah, berbagai produk penghilang jerawat, sampai paket skincare yang membutuhkan banyak langkah dalam pemakaiannya.

Ketika membuahkan hasil, tentu saja membuat mereka bahagia. Tapi jika hasilnya nihil, selain menghabiskan uang, mereka juga akan kecewa dan merasa usahanya sia-sia. Apalagi jika efek samping dari berbagai macam perawatan tersebut justru membuat kulit menjadi kusam.

3. Mengenali jenis jerawat

10 Fakta Jerawat  2020 brilio.net drwwmedspa.com

Jerawat itu terdiri dari beberapa jenis seperti komedo, papula, pustula dominan, nodul, abses, dan lainnya. Karena itu cara menanganinya juga harus disesuaikan dengan jenis jerawat tersebut. Jerawat di masa remaja tentu berbeda dengan jerawat pada orang dewasa.

Saat remaja, jerawat biasanya muncul di area dahi dan pipi yang disebabkan pipi relatif berminyak atau akibat ketombe. Sementara pada orang dewasa, jerawat biasanya muncul pada bagian bawah dagu, garis rahang, dan bagian atas wajah. Pada wanita umumnya disebabkan menstruasi yang tidak teratur atau kehamilan.

(brl/red)

tags

Advertising
Advertising
STORIES